POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Israel mencegat serangan pesawat tak berawak Iran dan mempertimbangkan tanggapannya, dan krisis Gaza terus berlanjut

Israel mencegat serangan pesawat tak berawak Iran dan mempertimbangkan tanggapannya, dan krisis Gaza terus berlanjut

Foto yang dirilis Minggu dini hari waktu setempat ini memperlihatkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kedua dari kiri, bertemu dengan anggota kabinet perangnya di Kementerian Pertahanan di Tel Aviv, Israel. Sebagian gambar ini telah diburamkan oleh sumbernya. Ariel Harmony/Kementerian Pertahanan/Arsip Israel

Kabinet perang Israel terlibat dalam perdebatan sengit mengenai bagaimana dan kapan harus menanggapi serangan Iran pada akhir pekan lalu terhadap negara mereka, kata dua pejabat Israel yang mengetahui pembahasan tersebut kepada CNN.

Para pejabat mengatakan kabinet perang tetap bertekad untuk menanggapi serangan Iran, namun saat bertemu Senin sore, para anggotanya terus memperdebatkan waktu dan ruang lingkup tanggapan tersebut. Selain kemungkinan tanggapan militer, kabinet perang juga mempertimbangkan opsi diplomatik untuk semakin mengisolasi Iran di panggung dunia.

Dua pejabat Israel mengatakan bahwa Benny Gantz, anggota penting kabinet perang, mendorong respons yang lebih cepat terhadap serangan Iran. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sejauh ini menahan diri untuk mengambil keputusan. Salah satu sumber mengatakan bahwa Gantz yakin semakin lama Israel menunda responsnya terhadap serangan Iran, semakin sulit memobilisasi dukungan internasional terhadap serangan semacam itu. Beberapa negara telah memperingatkan Israel agar tidak memperburuk situasi melalui respons militer.

Pemerintah Israel menyadari bahwa negaranya saat ini mendapat dukungan internasional dan niat baik dari sekutunya dan tidak ingin menyia-nyiakannya. Pada saat yang sama, pemerintah menyadari bahwa mereka tidak bisa membiarkan serangan pertama Iran terhadap wilayah Israel tidak terjawab.

Seorang pejabat Israel mengatakan bahwa di antara opsi militer yang sedang dipertimbangkan, Kabinet Pertahanan sedang mempertimbangkan untuk melancarkan serangan terhadap fasilitas Iran yang akan mengirimkan pesan namun tidak menimbulkan korban jiwa. Namun para pejabat Israel menyadari bahwa hal ini akan sulit dilakukan, sehingga menimbulkan kontroversi. Waktu pengambilan keputusan masih belum jelas.

READ  461 perenang dari 14 negara akan berpartisipasi dalam Oceanman Bali 2022