POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Inilah jumlah gaji CEO perusahaan teknologi publik di Kanada tahun lalu

Inilah jumlah gaji CEO perusahaan teknologi publik di Kanada tahun lalu

Shopify, OpenText, Telus, CGI, Descartes Systems Group, dan Constellation Software masuk dalam daftar.

Eksekutif di perusahaan teknologi publik menghadapi tahun yang penuh tantangan pada tahun 2022, ditandai dengan melonjaknya suku bunga, PHK massal, dan lingkungan penggalangan dana yang terbatas. Saat mereka memimpin perusahaan mereka melalui pergolakan penurunan (dan potensi resesi), CEO diberi insentif dengan kombinasi gaji pokok, opsi saham, dan perjanjian kompensasi lainnya.

Sebuah laporan baru yang dirilis oleh firma penasehat sumber daya manusia Global Governance Advisors dan dibagikan kepada… Dunia dan Surat Memetakan kompensasi untuk CEO perusahaan publik Kanada di berbagai industri, ditentukan oleh nilai pasar.

Rata-rata, CEO dari sektor TI dalam daftar ini memperoleh C$9,6 juta.

Dalam kategori IT, laporan tersebut mencantumkan Shopify, OpenText, Telus, CGI, Descartes Systems Group, dan Constellation Software. Rata-rata, CEO dari sektor TI dalam daftar ini memperoleh C$9,6 juta.

CEO Shopify Tobias Lütke, yang sebelumnya dilaporkan memiliki a Gaji pokok adalah $1Dia tidak membawa pulang apa pun untuk mendapatkan hadiah. Bonus berbasis opsinya adalah C$26 juta.

Lütke menjadi pendiri perusahaan terkaya di Kanada 2021 Saat harga saham Shopify ada di Bursa Efek New York dan Toronto (NYSE dan TSX). Kepemilikannya di perusahaan pada saat itu bernilai C$16,7 miliar, menurut The Globe and Mail.

Dengan beroperasi di persimpangan antara teknologi dan retail, Shopify belum dibebaskan dari penurunan. Dari puncak $213 CAD pada tahun 2021, harga saham Shopify turun lebih dari 55 persen, dan saat ini diperdagangkan pada $90,63 pada waktu pers. Perusahaan telah melalui beberapa putaran PHK sejak saat itu.

Perjanjian kompensasi untuk setiap perusahaan sangat bervariasi. Sementara Lütke tidak menerima bonus apa pun, CEO OpenText Mark Barrenechea menerima bonus $3,5 juta — hampir tiga kali gaji pokoknya, yaitu sekitar $1,2 juta. Secara total, Barrenechea menerima lebih dari $20,1 juta sebagai kompensasi untuk tahun 2022 termasuk nilai opsi sahamnya dan insentif lainnya.

READ  Kelompok teknologi China menggunakan mantan penyelenggara untuk menangkis kampanye Beijing

Terkait: OpenText Menutup Akuisisi Micro Focus senilai $5,8 Miliar, Memotong Tenaga Kerja

OpenText mulai berdagang pada tahun 2022 dengan harga sekitar $58 di TSX, mengakhiri tahun pada $40,12.

Seperti Shopify, OpenText merasakan dampak angin sakal ekonomi makro dan membuat keputusan untuk menerapkan pengurangan tenaga kerja. Saat OpenText mengakuisisi Micro Focus seharga $5,8 miliar pada tahun 2023, OpenText memberhentikan sekitar delapan persen tenaga kerja di kedua tim.

Sementara itu, harga saham Descartes Systems Group sebagian besar tahan terhadap gejolak pasar publik. Itu diperdagangkan pada $95 pada awal tahun 2022, mengakhiri tahun pada $94.

CEO Descartes, Edward J. Ryan, di Total $8,2 jutaterdiri dari gaji pokok $717.563, bonus lebih dari $743.000, dan insentif lainnya seperti penghargaan saham, menurut Global Governance Advisors.

Khususnya, Philip Phair, CEO Nuvei, menduduki peringkat pertama Tahun laluList, yang menerima total kompensasi sebesar $140,7 juta pada tahun 2021. Namun, Fire tidak masuk dalam daftar tahun ini.

Awal tahun ini, Nuvei menutup akuisisi Paya senilai C$1,7 miliar, penyedia platform pembayaran AS yang berdagang di Nasdaq Stock Exchange.

Konsultan Tata Kelola Global Himpunan data Globe and Mail memberikan perincian lebih lanjut tentang perjanjian kompensasi untuk CEO perusahaan publik di Kanada untuk tahun 2022.

Tabrakan milik gambar unggulan.