POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia siap memimpin tata kelola air pada Forum Air Dunia di Bali

Indonesia siap memimpin tata kelola air pada Forum Air Dunia di Bali

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyoroti kesiapan Indonesia dalam melakukan transformasi tata kelola air melalui World Water Forum (WWF) ke-10 yang dijadwalkan pada 18-25 Mei di Bali.

“Indonesia dapat memimpin Forum Air Dunia ke-10 untuk menyusun kesepakatan-kesepakatan penting dan konkrit guna menjaga kelestarian air dan lingkungan global,” kata Staf Profesional Menteri PUPR Enthra S. kata Atmavidjaja pada hari Sabtu.

Sebab, banyak pemimpin negara dan mantan pemimpin yang akan ikut serta dalam pertemuan ini, jelasnya.

“Bersama Kementerian Luar Negeri, kami berupaya aktif untuk memastikan sebanyak mungkin pemimpin dunia menghadiri acara tersebut,” tambahnya.

Keberhasilan Indonesia dalam memperbaiki pengelolaan air melalui pendekatan budaya lokal melalui sistem irigasi subak di Bali yang diakui UNESCO dan pengelolaan Danau Breton diharapkan dapat menarik minat para pemimpin dunia.

Sejumlah praktik baik yang diterapkan Indonesia diharapkan menjadi daya tarik kuat pada pertemuan yang dihadiri seluruh pemangku kepentingan pengelolaan air tersebut, ujarnya.

Hasil utama dari WWF ke-10 dengan tema “Air untuk Kemakmuran Bersama” adalah Deklarasi Menteri dengan hasil nyata.

Ada tiga hal yang ingin disepakati Indonesia dalam pertemuan tersebut, yakni pembentukan Center of Excellence for Water and Climate Resilience, pengelolaan sumber daya air terpadu di pulau-pulau kecil, dan kegiatan rutin Hari Danau Sedunia.

Forum ini akan menampilkan diskusi mengenai tiga proses: tematik, politik dan regional.

Proses tematik ini akan mencakup enam sub-tema: keamanan dan kesejahteraan air; Air untuk Manusia dan Alam; Pengurangan dan Pengelolaan Risiko Bencana; Tata Kelola, Kerja Sama dan Hidrodiplomasi; Dana Air Berkelanjutan; dan pengetahuan dan inovasi.

Proses regional akan mencakup empat wilayah: Mediterania, Asia-Pasifik, Amerika, dan Afrika.

READ  Meskipun kerusakan badai baru-baru ini, wisatawan dipersilakan untuk mengunjungi pura Bali yang terkenal ini

Sementara itu, proses politik terdiri dari pertemuan para kepala negara, menteri, parlemen, badan-badan lokal dan otoritas daerah aliran sungai.

Berita Terkait: Menpar Usulkan Ritual Melukat untuk World Water Forum di Bali
Berita terkait: Indonesia bersiap menyambut World Water Forum 2024 di Bali