POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia siap bekerja sama dengan negara-negara untuk menyelesaikan undang-undang Laut Cina Selatan

TEMPO.CO, Manila – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Selasa 9 Januari mengatakan Indonesia siap bekerja sama dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk menyelesaikan kode etik yang telah lama ditunggu-tunggu. laut Cina SelatanBanyak negara tetangganya yang memiliki klaim yang tumpang tindih dengan Tiongkok.

“Terkait Laut Cina Selatan, Indonesia siap bekerja sama dengan seluruh negara anggota ASEAN termasuk Filipina untuk menyelesaikan kode etik secepatnya,” kata Retno dalam konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Filipina Enrique Manalo di Manila. Kunjungan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Tiongkok telah berusaha selama bertahun-tahun untuk menciptakan kerangka kerja untuk menegosiasikan kode etik, sebuah rencana yang dimulai pada tahun 2002. Namun kemajuannya berjalan lambat meskipun ada komitmen dari semua pihak untuk memajukan dan mempercepatnya. operasi.

Tiongkok menetapkan klaimnya pada petanya menggunakan “garis sembilan titik” yang membentang hingga 1.500 kilometer (900 mil) selatan daratannya, memotong zona ekonomi eksklusif Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Pakistan. Vietnam. Keputusan Pengadilan Arbitrase Internasional pada tahun 2016 membatalkan sebagian besar klaim Tiongkok, sebuah keputusan yang ditolak oleh Beijing.

Reuters

Pilihan Editor: Filipina tetap terbuka untuk diplomasi dengan Tiongkok mengenai Laut Cina Selatan

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News

READ  NUS mulai merekrut anak-anak berusia 5-16 tahun untuk mempelajari respons imun terhadap vaksin COVID-19