POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia, Rumania sepakat untuk mengintensifkan hubungan ekonomi setelah pandemi

Indonesia, Rumania sepakat untuk mengintensifkan hubungan ekonomi setelah pandemi

Hubungan antara Indonesia dan Rumania telah berkembang sejak mereka menjalin hubungan diplomatik 72 tahun yang lalu. Kedua negara perlu meningkatkan kerja sama konkrit di bidang perdagangan, produksi bersama, dan investasi.

Jakarta (Antara) – Indonesia dan Rumania sepakat memanfaatkan momentum 72 tahun hubungan bilateral untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di masa pandemi COVID-19.

Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan pada Kamis, mengatakan sebagai bagian dari upaya peningkatan kerja sama ekonomi, pemerintah Indonesia dan Rumania sebenarnya telah menyelenggarakan Forum Konsultasi Politik Kedelapan pada Rabu.

Agenda pertemuan antara lain meningkatkan kerja sama bilateral di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan, kontraterorisme, keamanan siber, dan penanganan COVID-19, serta saling mendukung tawaran kedua negara untuk mengisi lapangan pekerjaan. di negara. forum internasional.

Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu Ngurah Swajaya yang memimpin delegasi Indonesia dalam forum tersebut menyatakan bahwa Rumania sebagai anggota Uni Eropa merupakan mitra penting Indonesia.

Menurut Swajaya, Indonesia bisa menggunakan pelabuhan Constanta sebagai pintu gerbang produknya ke pasar UE, sedangkan Rumania bisa menggunakan Indonesia sebagai pintu gerbang produknya ke pasar Asia Tenggara.

Berita terkait: 99 WNI dievakuasi dari Ukraina: Menteri

Untuk itu, Indonesia dan Rumania harus membangun momentum pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19 untuk memperluas kerja sama ekonomi guna meningkatkan nilai perdagangan dan investasi.

Ia menegaskan, “Hubungan Indonesia dan Rumania telah berkembang sejak mereka menjalin hubungan diplomatik 72 tahun lalu. Kedua negara perlu meningkatkan kerja sama konkrit di bidang perdagangan, produksi bersama, dan investasi.”

Data Kementerian Perdagangan RI menunjukkan perdagangan kedua negara pada 2021 sebesar 146,17 juta dolar AS (2,10 triliun rupiah), dengan Indonesia mencatat surplus 65,97 juta dolar. Ekspor Indonesia ke Rumania mencapai $106 juta tahun lalu.
Berita terkait: Indonesia, Rumania sepakat untuk meningkatkan perdagangan, kerjasama investasi

READ  Sebagaimana para ilmuwan mengacu pada 'kode merah kemanusiaan', tujuan perubahan iklim Indonesia masih kurang ambisi: para ahli

Pemerintah kedua negara berkomitmen untuk memperkuat kerja sama di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Forum Konsultasi Politik juga membahas isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, termasuk hubungan Indonesia-Uni Eropa, hubungan ASEAN-UE, Pertemuan Asia-Eropa, isu Myanmar, perubahan iklim, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), dan rantai pasokan global.

Dalam pertemuan tersebut, Swajaya juga menyoroti misi kepresidenan G20 Indonesia melalui tema “Recovering Together, Recovering Stronger” yang berfokus pada rekayasa kesehatan global, transformasi energi, dan transformasi digital.

Sementara itu, Direktur Jenderal Global Kemlu Rumania Olivia Toderian, yang memimpin delegasi Rumania ke forum tersebut, mengucapkan selamat kepada Indonesia atas kepresidenan G20, dan tetap berkomitmen untuk mendukung pencapaian misi Indonesia selama kepresidenannya.

Berita terkait: Indonesia siap dukung Papua Nugini dalam bangun ketahanan kesehatan: Jokowi

Berita terkait: Delegasi DEWG sepakat tentang pentingnya tata kelola data