POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia, Republik Korea perkuat hubungan ekonomi | Globalisme

Indonesia dan Republik Korea memperkuat hubungan ekonomi Hinh Anh 1Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto (tengah). (Foto: ANTARA/VNA)

Jakarta (VNA) Kerjasama ekonomi antara Indonesia dan
Republik Korea Seorang pejabat Indonesia mengatakan bahwa (Republik Korea) terus mengintensifkan, misalnya melalui ratifikasi Comprehensive Economic Partnership Agreement antara kedua negara (IKCEPA).

IKCEPA dapat diimplementasikan pada Januari 2023, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto, dalam pernyataan resmi pada 5 Oktober, mengucapkan selamat kepada rakyat dan pemerintah Republik Korea pada Hari Yayasan Nasional negara mereka (3 Oktober).

Dia mencatat, selain IKCEPA, Indonesia dan Republik Korea telah meratifikasi Regional Comprehensive Economic Partnership Agreement (RCEP) yang akan memperkuat hubungan bilateral, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi.

Pejabat itu menyatakan keyakinannya bahwa hubungan dan kerja sama antara kedua negara dapat diperkuat sejalan dengan aspirasi dan keinginan rakyat mereka.

Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Park Tae-sung, mengatakan persahabatan dan kemitraan kedua negara semakin erat.

Dia mencontohkan hubungan bilateral telah ditingkatkan ke tingkat kemitraan strategis khusus, khususnya di sektor mobil listrik dan baterai, yang merupakan antarmuka untuk kerja sama yang saling menguntungkan, menambahkan bahwa hubungan erat juga ditandai dengan Komite Bersama Forum Kerjasama Ekonomi yang rutin diadakan di tingkat menteri atau pejabat besar.

Statistik menunjukkannya Perdagangan bilateral Itu mencapai $ 18,4 miliar pada tahun 2021, meningkat 37,8% dari tahun ke tahun. Republik Korea juga menempati peringkat ketujuh di antara investor asing di dunia Indonesiadengan total langsung asing investasi Sekitar 1,6 miliar dolar AS tahun lalu. /.

VNA

READ  Ekonomi Thailand terjebak di tengah