POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia: Peluncuran rencana investasi dan kebijakan yang komprehensif untuk transisi energi yang adil

Indonesia: Peluncuran rencana investasi dan kebijakan yang komprehensif untuk transisi energi yang adil

(Foto: Kementerian Luar Negeri/Budi Sodarmo)

Kelompok Mitra Internasional (IPG), dipimpin bersama oleh Amerika Serikat dan Jepang dan terdiri dari Kanada, Denmark, Uni Eropa, Republik Federal Jerman, Republik Perancis, Norwegia, Republik Italia, dan Amerika Serikat. Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara bersama-sama menyambut baik peluncuran Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif Indonesia untuk Kemitraan Transisi Energi yang Berkeadilan (CIPP).

Diluncurkan di Jakarta hari ini, CIPP merupakan peta jalan bagi Pemerintah Indonesia dan IPG untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam Pernyataan Bersama JETP, yang diumumkan pada KTT Pemimpin G20 tahun lalu di Bali. Berdasarkan pernyataan bersama tersebut, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi, mempercepat pengembangan energi terbarukan, dan menetapkan target untuk mencapai emisi nol bersih di sektor energi pada tahun 2050. Untuk mendukung tujuan ambisius ini, IPG telah berkomitmen untuk memobilisasi pendanaan sebesar $10 miliar. dan Program Glasgow. Financial Alliance for Net Zero (GFANZ), sebuah koalisi global yang terdiri dari lembaga-lembaga keuangan terkemuka yang berkomitmen untuk mempercepat transisi menuju net zero, berkomitmen untuk memobilisasi dan memfasilitasi pembiayaan tambahan sebesar $10 miliar.

Puncak dari kerja keras selama satu tahun, CIPP memetakan jalur teknologi untuk sektor energi Indonesia, merekomendasikan perubahan kebijakan yang diperlukan agar transformasi sektor energi berhasil, dan menetapkan rencana transisi yang adil. Hal ini juga menjadi dasar untuk mendorong pendanaan JETP senilai $20 miliar untuk proyek dan prioritas transisi energi Indonesia.

Jalur teknis CIPP awalnya berfokus pada sektor energi yang terhubung dengan jaringan listrik di Indonesia. Berdasarkan Jalur Teknis CIPP untuk Sistem Terkoneksi Jaringan, sistem terkoneksi jaringan listrik di Indonesia akan mengeluarkan tidak lebih dari 250 metrik ton CO2, turun dari angka dasar sebesar 305 metrik ton, dan akan mencapai pangsa pembangkitan energi terbarukan sebesar 44% pada tahun 2030. Bermitra untuk mencapai kesuksesan bersama guna menyelesaikan analisis sektor energi off-grid Indonesia dalam beberapa bulan mendatang. Analisis ini akan menjadi dasar penerapan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai transisi energi yang komprehensif.

Paket pembiayaan senilai $20 miliar akan disalurkan melalui berbagai mekanisme, termasuk melalui hibah, pinjaman konsesi dan non-konsesional, investasi dan jaminan. Pendanaan IPG akan mengarahkan dukungan terhadap prioritas dan proyek yang diidentifikasi dalam CIPP, termasuk penerapan energi terbarukan; Pembangunan transportasi dan jaringan; Mengelola penghapusan bertahap dan pengurangan emisi dari pembangkit listrik tenaga batu bara; dan inisiatif transisi yang adil.

READ  Miliarder Salem meningkatkan pertempuran pusat data di Indonesia

Sebagai langkah selanjutnya, Pemerintah Indonesia dan IPG, dengan dukungan dari Sekretariat JETP, akan terus bekerja sama untuk mengimplementasikan CIPP. Investor IPG dan GFANZ secara aktif mengarahkan pendanaan ke proyek-proyek JETP yang potensial, dan implementasi rekomendasi kebijakan CIPP di Indonesia akan memungkinkan lingkungan bisnis untuk melakukan investasi energi terbarukan. Upaya bersama ini dirancang untuk membantu merangsang investasi tambahan dalam transisi energi di Indonesia dan mendorong peningkatan sektor energi terbarukan di Indonesia.

“Jepang menyambut baik dikeluarkannya rencana investasi dan kebijakan yang komprehensif, yang menunjukkan jalan ambisius menuju net zero,” kata Kanasuji Kenji, Duta Besar Jepang untuk Indonesia. “Kemitraan Transisi Energi yang Adil akan mendorong energi ramah lingkungan dan pembangunan ekonomi di Indonesia, yang akan mendorong energi ramah lingkungan dan pembangunan ekonomi di Indonesia. juga berkontribusi terhadap perekonomian dan masyarakat global yang lebih berkelanjutan dan sejahtera.” Jepang akan terus memimpin proyek bersama dengan Amerika Serikat, berkoordinasi dengan negara-negara mitra lainnya, untuk mendukung transisi dekarbonisasi Indonesia yang realistis dan ambisius, sekaligus menghormati kepemilikan negara oleh Indonesia. terus berkontribusi terhadap upaya dekarbonisasi global melalui berbagai inisiatif termasuk program JETP.

“Peta jalan Indonesia untuk mengurangi emisi karbon – JETP – Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif Indonesia – merupakan tonggak penting yang menunjukkan kepemimpinan Indonesia dalam mencapai net zero di sektor energi,” kata Michael F. Klein, Kuasa Usaha, Kedutaan Besar AS untuk Indonesia. Pada tahun 2050 dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang didukung oleh energi terbarukan.

“Peluncuran Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif Kemitraan Transisi Energi Indonesia menunjukkan kerja sama multilateral yang berkelanjutan untuk mendukung langkah ambisius Indonesia menuju sistem energi ramah lingkungan dan masa depan yang berkelanjutan,” kata Richard Le Bars, Kuasa Usaha Kedutaan Besar Kanada untuk Indonesia dan Timor-Leste. “Kanada berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama ini dengan Indonesia.” dan mitra lainnya, mengakui kepentingan bersama kami dalam memastikan masa depan energi yang inklusif dan bersih di Indonesia dan kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas.

READ  Laporan pekerjaan AS Jumat: Pasar saham global beragam, harga minyak turun lagi

“Peluncuran Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif (CIPP) hari ini merupakan langkah besar dalam transisi hijau di Indonesia,” kata Per Brixen, Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Denmark untuk Indonesia, Malaysia, Timor-Leste, Papua Nugini dan ASEAN “CIPP menguraikan jalur dan langkah-langkah penting untuk mencapai transformasi sektor energi yang terhubung dengan jaringan listrik di Indonesia yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga adil. Denmark akan terus mendukung Indonesia untuk membangun kerja sama teknis yang erat selama lebih dari tujuh tahun di bidang energi terbarukan. pengembangan energi dengan pemerintah Indonesia.

“Rencana investasi dan kebijakan komprehensif dari Kemitraan Transisi Energi yang Berkeadilan Indonesia (JETP) adalah awal dari jalur transformatif yang memungkinkan Indonesia dan UE untuk berkontribusi bersama,” kata Denis Tchaibi, Duta Besar UE untuk Indonesia dan Brunei Darussalam. Untuk perjuangan global melawan perubahan iklim. Melalui kombinasi hibah dan pinjaman lunak, UE, Bank Investasi Eropa, dan negara-negara anggota UE telah menjanjikan lebih dari S$3,7 miliar untuk transisi dari bahan bakar fosil. Ke depannya, kita mempunyai kesempatan unik untuk bekerja sama dalam penerapan CIPP, termasuk jalur dekarbonisasi off-grid.

“Diluncurkannya Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif (CIPP) merupakan tonggak penting dalam upaya kolektif kita untuk mendukung dan mempercepat transisi energi Indonesia secara adil dan tidak memberikan ruang untuk perubahan,” kata Fabien Benoni, Duta Besar Perancis untuk Indonesia. Timor Leste dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Hal ini meninggalkan dan membawa manfaat bagi perekonomian Indonesia, masyarakat Indonesia, dan iklim. Perancis akan terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan mitra internasional untuk mencapai hasil yang sejalan dengan tingginya ambisi JETP.

“Peluncuran Rencana Investasi dan Kebijakan Komprehensif hari ini merupakan keberhasilan besar menuju transisi energi hijau di Indonesia,” kata Inna Lebel, Duta Besar Jerman untuk Indonesia. “Pemerintah Republik Federal Jerman sangat mengapresiasi dedikasi dan ambisi Pemerintah Indonesia. , dan berkomitmen untuk menyediakan pendanaan yang signifikan guna melaksanakan Kemitraan yang Berkeadilan untuk Transisi Energi Hijau. Energi Bersama-sama, kita akan membentuk masa depan di mana energi yang bersih dan terjangkau akan mendorong kemajuan dan melestarikan planet kita untuk generasi mendatang.

READ  Kerangka Kerja Ekonomi Indo-Pasifik untuk Kemakmuran sampai pada Perjanjian Rantai Pasokan

Benedetto Lateri, Duta Besar Italia untuk Indonesia, mengatakan: “CIPP akan menentukan jalan untuk mencapai tujuan JETP. Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Italia bangga berdiri bersama Indonesia dalam jalur ambisius ini dan menerapkan terobosan terbaru Teknologi dan keterampilan Italia dapat digunakan oleh Indonesia untuk melanjutkan upayanya di bidang transformasi energi.”

“Norwegia sangat senang dapat berpartisipasi dalam kemitraan ini dan mendukung upaya Indonesia dalam mengembangkan energi ramah lingkungan dan mempercepat transisi energi,” kata Rut Kruger-Gevrein, Duta Besar Norwegia untuk Indonesia. “Kami percaya bahwa rencana investasi dan kebijakan yang komprehensif akan memberikan kerangka kerja yang baik. untuk memobilisasi modal guna mempercepat penerapan energi terbarukan di Indonesia.” Norwegia akan terus mendukung komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi dan memerangi perubahan iklim.

Dominic Jeremy, Duta Besar Yang Mulia untuk Indonesia dan Timor-Leste, mengatakan: “Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Indonesia atas keberhasilan peluncuran CIPP hari ini. Rencana tersebut menetapkan langkah-langkah penting untuk sektor energi off-grid dan membuka jalan bagi masa depan.” strategi untuk sektor energi off-grid. Inggris tetap menjadi mitra setia dalam ambisi Indonesia untuk Transisi Energi. Mitra dari berbagai spektrum – komunitas lokal, komunitas internasional dan sektor swasta – akan memiliki peran penting dalam membantu Indonesia mencapai tujuan energi terbarukan dan investasi infrastruktur.