POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mengutuk serangan Israel terhadap rumah sakit Indonesia di Gaza

TEMPO.CO, JakartaIndonesia mengutuk serangan Israel terhadap rumah sakit Indonesia di Gaza yang memakan banyak korban jiwa, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Senin, 20 November 2023.

Ia menambahkan, menurut teks pernyataannya yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri, bahwa “serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum kemanusiaan internasional.”

Retno-Marsudi mendesak semua negara, terutama negara-negara yang memiliki hubungan dekat dengan Israel, untuk menggunakan pengaruh dan kekuatan mereka untuk mendesak Israel menghentikan kekejamannya.

Ia mengatakan kementeriannya telah kehilangan kontak dengan tiga WNI yang menjadi sukarelawan di rumah sakit Indonesia.

Tiga relawan Indonesia, (dari kiri) Fikri Rufiul Haq, Ridha Al-Dilla Kurniawan, dan Fareed Zanzibal Al-Ayoubi, sebagai relawan Medical Humanitarian Institute (MER-C) di Rumah Sakit Indonesia (RSI) di bagian utara Gaza. Sumber: Dokumen pribadi/Mir-J

“Saya menghubungi UNRWA (Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat) di Gaza untuk menanyakan situasi di rumah sakit Indonesia dan mendapat jawaban bahwa UNRWA tidak dapat menghubungi siapa pun di rumah sakit Indonesia saat ini,” ujarnya. .

Menkeu menjelaskan, kementeriannya juga telah berupaya berkomunikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan Komite Palang Merah Internasional, namun belum mendapat tanggapan dari kedua organisasi tersebut.

Ia menegaskan, “Saya akan terus berusaha menghubungi berbagai pihak untuk mendapatkan informasi terkait RS Indonesia dan keselamatan ketiga WNI tersebut.”

Saat ini, Marsudi berada di Beijing, China, bersama para menteri luar negeri Arab Saudi, Yordania, Mesir, dan Palestina serta Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam.

Kunjungan ke Beijing bertujuan untuk memobilisasi dukungan dari anggota tetap Dewan Keamanan PBB untuk gencatan senjata segera di Gaza dan penyediaan bantuan kemanusiaan tanpa hambatan.

READ  Menteri Agama Umumkan Keputusan Ibadah Haji Hari Ini

Tiongkok adalah salah satu anggota tetap Dewan Keamanan PBB, bersama dengan Amerika Serikat, Inggris, Rusia, dan Prancis.

Setelah Tiongkok, para menteri luar negeri OKI akan berangkat ke Moskow untuk mendapatkan dukungannya.

berdasarkan Al Jazeera Setidaknya 12 orang tewas dalam serangan Israel terhadap rumah sakit Indonesia di Gaza sejak Senin pagi, waktu setempat, setelah tank Israel mengepung gedung tersebut, menurut sebuah laporan.

Pekan lalu, Israel menyerang Rumah Sakit Al-Shifa, menuduh Hamas menjalankan pusat komando bawah tanah di bawah rumah sakit tersebut.

Gerakan Perlawanan Palestina membantah tuduhan tersebut.

Lebih dari 13.000 orang tewas di Gaza akibat pemboman Israel sejak 7 Oktober 2023. Sedangkan korban tewas di pihak Israel baru mencapai 1.200 orang. Jumlah ini jauh berbeda dengan puluhan ribu warga sipil yang dibunuh pasukan Israel di Gaza.

Antara

Pilihan Editor: Pemerintah berjanji memberikan perlindungan bagi rumah sakit Indonesia di Gaza yang terkepung

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News