POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia menerima penghargaan IRRI untuk mencapai swasembada beras

Jakarta (Antara) – Indonesia mendapatkan penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas pencapaian swasembada beras dan peningkatan sistem ketahanan pangan.

Pencapaian Indonesia merupakan langkah penting dalam membangun ketahanan pangan nasional, terutama di tengah situasi geopolitik global saat ini, kata Direktur Jenderal IRRI Jean Pauli saat menyerahkan penghargaan di Istana Negara, Minggu.

IRRI berkomitmen pada kerjasama jangka panjang untuk memperkuat sistem ketahanan pangan di Indonesia.

Bali menyerahkan plakat tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bentuk pengakuan dan terima kasih atas prestasi yang diraih Indonesia.

Sementara itu, menurut Jokowi, sejak 2015 Indonesia sudah banyak membangun bendungan, penampungan air hujan, dan jaringan irigasi.

Hingga saat ini, pemerintah telah meresmikan 29 bendungan besar dan akan bertambah menjadi 38 bendungan pada akhir tahun 2022. Pemerintah menargetkan untuk membuka 61 bendungan pada tahun 2024.

Selain itu, pemerintah telah membangun 4.500 waduk dan 1,1 juta jaringan irigasi dalam tujuh tahun terakhir.

Menurut Jokowi, semua upaya tersebut telah mampu meningkatkan hasil produksi selain penggunaan, intensifikasi, dan perluasan berbagai varietas padi unggul.

Alhasil, dari 2019 hingga 2021, Indonesia bisa terus memproduksi 31,3 juta ton beras per tahun; Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia tidak mengimpor beras.

Dia mencatat pencapaian swasembada beras memungkinkan Indonesia menerima penghargaan tersebut.

Jokowi berterima kasih kepada petani Indonesia, pemerintah daerah dan Kementerian Pertanian atas kerja keras dan penelitian mereka.

Ia menekankan, kerja sama harus terus didorong agar Indonesia bisa memproduksi beras untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar negeri.

Berita Terkait: Stok beras cukup untuk dua tahun ke depan sebelum ekspor: Jokowi
Berita Terkait: Indonesia, IRRI Berkolaborasi Kembangkan Bibit yang Lebih Baik

READ  Pegawai KPK yang diberhentikan melawan pemecatan di pengadilan - politik