POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mencari tetangga Asia untuk mendapatkan dukungan saat krisis COVID semakin dalam

Di tengah krisis Covid-19 yang semakin dalam yang mendorong rumah sakitnya lebih dekat ke titik puncaknya, Indonesia mengambil langkah-langkah jarak sosial yang lebih ketat untuk mengekang peningkatan kasus baru dan mencari bantuan asing, termasuk dari China.

Negara Asia Tenggara itu mengkonfirmasi 38.391 kasus pada hari Kamis. Sehari sebelumnya, angka kematian harian resmi melewati 1.000 untuk pertama kalinya.

Tempat tidur rumah sakit di seluruh negeri 76% penuh, dan tingkat hunian di ibu kota negara, Jakarta, adalah 93%.

Banyak negara di Asia Tenggara Bergulat dengan meningkatnya jumlah kasus dan kematian akibat virus Covid-19Ini sebagian disebabkan oleh kombinasi program vaksinasi yang tertunda dan varian yang lebih menular dari virus corona baru.

Di Jakarta, orang-orang berebut membeli tangki oksigen, mendorong harga oksigen medis dua kali lipat atau bahkan tiga kali lipat, menjadi 2 juta rupee ($137) per tangki. Gaji bulanan rata-rata di Indonesia tahun lalu adalah $169, menurut Penyedia data CEIC.

Kurangnya oksigen sudah berkontribusi pada kematian. Lebih dari 60 pasien Covid-19 meninggal di Rumah Sakit Umum Dr Sardito Yogyakarta setelah kehabisan oksigen selama akhir pekan.

Sebuah editorial Senin di harian lokal Koran Tempo mengatakan rumah sakit yang menangani krisis COVID-19 di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya “sudah runtuh”, dan meminta Presiden Joko Widodo untuk “mengibarkan bendera putih” dan mencari bantuan dari luar negeri. .

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjitan, Selasa mengungkapkan bahwa negara tersebut mendapatkan oksigen darurat dari Singapura dan sedang mencari bantuan dari negara lain termasuk China.

“Kami telah menjangkau Singapura, China, dan sumber lainnya,” kata Luhut seperti dikutip AFP.

READ  Presiden China menyerukan kemitraan Sabuk dan Jalan yang lebih erat

Sekitar 10.000 konsentrator oksigen akan dikapalkan dari Singapura dengan beberapa tiba dengan pesawat kargo Hercules.

Secara terpisah, diplomat Indonesia mengatakan kepada Caixin, Indonesia akan segera menerima 2.000 pusat oksigen dari China.

Selama ini, sebagian besar impor vaksin Covid-19 Indonesia dibeli dari Sinovac Biotech China yang memasok setara dengan 105 juta dosis. Jepang telah berjanji untuk menyumbangkan 2,1 juta dosis AstraZeneca ke Indonesia, satu juta di antaranya tiba Kamis lalu.

Pemerintah Indonesia sedang berusaha mempercepat program vaksinasinya, yang sejauh ini telah memvaksinasi lebih dari 5,2% dari populasinya yang berjumlah lebih dari 270 juta, Our World in Data melaporkan. Vaksin Sinovac dan AstraZeneca memerlukan kursus dua dosis.

Meskipun situasinya tampak suram, beberapa orang khawatir bahwa itu sebenarnya lebih buruk daripada yang ditunjukkan oleh angka resmi.

“Jumlah kasus dan kematian telah diremehkan di Indonesia karena pengujian terbatas dan pelaporan yang disengaja oleh otoritas regional,” Sebtien Hartono, seorang sukarelawan dengan inisiatif data Covid-19 lokal, KawalCovid19, mengatakan kepada Caixin.

Untuk mencegah gelombang saat ini semakin besar, ia meminta pemerintah pusat untuk mengakui terlebih dahulu bahwa negara ini sudah dalam krisis dan bahwa pemerintah daerah mengubah cara berpikir mereka sehingga sebanyak mungkin kasus terdeteksi dengan pengujian dan penelusuran.

Dia menambahkan bahwa Indonesia juga perlu memberlakukan lebih banyak pembatasan pergerakan.

Jawa – yang memiliki populasi lebih dari 150 juta orang – dan tujuan wisata internasional terbesar di negara itu, Bali, saat ini memberlakukan langkah-langkah jarak sosial tambahan karena tingkat infeksi melonjak. Hingga 20 Juli, mal akan ditutup dan makan di restoran dilarang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Erlanga Hartarto mengatakan, pemerintah negara kepulauan itu sedang mempertimbangkan aturan yang lebih ketat di luar kedua pulau tersebut.

READ  Sri Lanka menerima batch pertama vaksin COVID-19 dari Pfizer

Hubungi reporter Chen Lixiong ([email protected]) Diedit oleh Joshua Doomer ([email protected])

Unduh Aplikasi kami untuk menerima peringatan berita terbaru dan membaca berita saat bepergian.

Mendapat Newsletter mingguan gratis untuk dibaca.

Anda telah mencapai artikel yang hanya tersedia untuk pelanggan

Lihat opsi