POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia dan Kenya menandatangani empat perjanjian perdagangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Indonesia dan Kenya menandatangani empat perjanjian perdagangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Indonesia dan Kenya menandatangani empat perjanjian perdagangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Nairobi, Kenya – Kenya akan memperkuat hubungannya dengan Indonesia untuk meningkatkan perdagangan. Presiden William Ruto mengatakan cakupan investasi juga akan diperluas untuk mencapai keseimbangan perdagangan yang berpihak pada negara Asia Tenggara.

“Kami akan memanfaatkan energi kami dan menciptakan lingkungan yang diperlukan untuk meningkatkan perdagangan antara kedua negara,” katanya.

Nilai investasi dan perdagangan antara kedua negara diperkirakan lebih dari $600 juta pada tahun lalu.

Presiden menjelaskan bahwa bidang-bidang yang menjadi fokus imbal hasil tinggi meliputi tekstil, pakaian jadi, energi, pertambangan, serta produksi dan penyulingan minyak.

Pernyataan tersebut disampaikannya pada hari Senin di Gedung Negara di Nairobi saat pertemuan bilateral dengan Presiden Indonesia Joko Widodo dalam kunjungan resminya ke Kenya.

Kedua pemimpin juga berbicara bersama dengan media. Ia mengatakan Kenya akan meminta dukungan Indonesia untuk melakukan penetrasi ke Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), sebuah blok perdagangan yang berkembang pesat di Asia.

Ia menjelaskan Kenya juga akan bekerja sama dengan Indonesia untuk menarik perusahaan internasional agar berinvestasi dalam rantai nilai tambahan. Presiden Ruto menyatakan langkah ini akan membantu Kenya mengembangkan industrinya dan mencapai keseimbangan perdagangan dengan Indonesia.

Ia menambahkan, Kenya akan bekerja sama dengan Indonesia di bidang tekstil, sandang, energi, pertambangan, produksi minyak, dan pengilangan.

“Sektor-sektor ini akan menumbuhkan portofolio investasi bilateral kami dan berkontribusi pada peningkatan perdagangan.”

Presiden berpendapat bahwa pemerintah sangat ingin memfasilitasi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berinvestasi dalam pengolahan minyak nabati.

“Investasi Indonesia akan mendukung upaya pemerintah untuk memastikan minyak yang dapat dimakan, terjangkau, dan dapat diakses oleh sebagian besar masyarakat Kenya, terutama di daerah pedesaan,” katanya.

Presiden Widodo berjanji untuk bekerja sama dengan Kenya demi kesejahteraan bersama. Ia mengatakan negaranya ingin memastikan bahwa kemitraan dengan Kenya bermanfaat bagi masyarakat.

Garowe Online

READ  Menteri: Masakan Indonesia di Belanda bisa mendongkrak ekspor rempah-rempah