POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia bertujuan untuk membangun jaringan "desa budidaya"

Indonesia bertujuan untuk membangun jaringan “desa budidaya”

Kementerian Perikanan negara itu mengatakan telah mendirikan enam desa ini dan akan menambah 130 desa lagi pada akhir 2022, menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh mongabay. Desa-desa tersebut akan menumbuhkan komoditas perikanan budidaya yang bernilai tinggi – termasuk udang, kepiting dan rumput laut – dengan fokus pada peningkatan ekspor nasional, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan ketahanan pangan nasional.

Sementara rencana tersebut disambut secara luas, ada kekhawatiran tentang kemungkinan degradasi habitat dan polusi dari pertanian – dengan perusakan hutan bakau yang kaya karbon menjadi perhatian khusus. Selama tiga dekade terakhir, Indonesia telah kehilangan hampir setengah dari luas mangrove, Menurut Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR).

Namun, tahun lalu Presiden Indonesia Widodo menetapkan tujuan ambisius untuk menanam kembali bakau di 600.000 hektar garis pantai yang rusak pada tahun 2024.

Abdelhalim, direktur eksekutif Pusat Studi Kelautan untuk Kemanusiaan, mengatakan kepada Mongabay bahwa pemerintah juga harus mampu memecahkan masalah pengelolaan limbah yang lama terkait dengan budidaya perikanan, yang biasanya memompa limbah ke laut atau danau.

READ  Indonesia: Pemerintah menyederhanakan peraturan tentang barang-barang yang dilarang untuk diekspor dan diimpor