POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia berkomitmen melakukan reformasi struktural untuk meningkatkan daya saing ekonomi pada Asian Business Council Forum

Indonesia berkomitmen melakukan reformasi struktural untuk meningkatkan daya saing ekonomi pada Asian Business Council Forum

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menekankan komitmen Indonesia dalam mempercepat pembangunan ekonomi dengan memastikan keberlangsungan reformasi struktural dan peningkatan daya saing.

Hal tersebut disampaikannya dalam keynote pidatonya pada Asian Business Council Spring Forum 2024 bertajuk “Developing Asia: New Engines for Growth.”

Dalam sambutannya, Menko Airlangga menyampaikan meskipun kondisi perekonomian global masih belum stabil, Indonesia berhasil menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang kuat, dengan pertumbuhan sebesar 5 persen selama delapan kuartal berturut-turut.

Ia optimis perekonomian Indonesia akan terus tumbuh lebih dari 5 persen pada tahun 2024 dan seterusnya, dengan inflasi yang terkendali dan kepercayaan investor yang kuat terhadap ketahanan perekonomian Indonesia.

Kepercayaan investor juga tercermin dari keputusan berbagai lembaga pemeringkat internasional yang terus mempertahankan Indonesia di level investment grade.

Menko Airlangga juga menyoroti ketahanan sektor eksternal Indonesia yang tetap terjaga, ditunjukkan dengan tingginya cadangan devisa dan rekor surplus neraca perdagangan dalam 46 bulan terakhir.

Menko Airlangga juga menekankan bahwa Indonesia akan terus bergerak maju untuk mencapai Visi Emas 2045 yang memerlukan pendekatan transformatif dalam pembangunan ekonomi, termasuk peningkatan ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi dan produktivitas ekonomi, serta penerapan kebijakan ekonomi hijau dan transformasi digital. .

Selain itu, Indonesia sedang dalam proses bergabung dengan OECD dan kemungkinan besar akan menjadi anggota OECD ketiga di Asia setelah Jepang dan Korea Selatan.

Proses aksesi OECD diharapkan menjadi katalis bagi perbaikan kebijakan dan regulasi yang unggul, serta peningkatan investasi, produktivitas, dan konektivitas berbasis teknologi.

Menko Airlangga juga menekankan bahwa pemerintah berupaya merumuskan kebijakan yang lebih baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif, dan ramah lingkungan.

Fokus utama pemerintah adalah meningkatkan peran sektor manufaktur, meningkatkan daya saing dan produktivitas melalui Strategi Pengembangan Ekonomi Digital 2030, serta mengembangkan ekonomi hijau dan energi terbarukan untuk mencapai tujuan net zero emisi.

READ  Inggris Raya dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara merayakan kerja sama dalam standar internasional

Asian Business Council Forum merupakan platform yang tepat untuk meyakinkan para pemimpin bisnis di Asia mengenai komitmen Indonesia dalam mempercepat pembangunan ekonomi. Menko Airlangga menegaskan, pemerintah Indonesia terbuka untuk mendukung segala inisiatif investasi di Indonesia, termasuk mendukung perdagangan dan pengembangan sumber daya manusia.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Asian Business Council Takeshi Niinami, Vice Chairman Asian Business Council Arif B. Rachmat, dan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Wai Kim.

Tag: airlangga hartarto kemenko perekonomian