POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

A health worker takes a swab sample at a pop-up Covid-19 testing station in the Sanlitun area of Beijing, China, on Thursday, Aug. 5, 2021. China imposed new travel and movement restrictions amid a delta-driven outbreak that’s grown to over 500 sympt

India ke Indonesia: Ekonomi Asia ditantang oleh variabel delta covid

Delta variabel menantang bagian dunia yang paling berhasil mengurangi dampak ekonomi dari Covid-19, dengan negara-negara Asia yang menghentikannya untuk menutupnya lagi ketika virus kembali, dan negara-negara lain melihat tingkat kematian tertinggi di dunia.

Hanya 12 bulan yang lalu, penahanan cepat Covid-19 di kawasan Asia-Pasifik membuat mereka iri dunia ketika virus itu melanda Amerika Serikat dan Eropa. Sekarang, dari Seoul ke Sydney, dan dari Bangkok ke Beijing, pihak berwenang memberlakukan kembali pembatasan pengurangan pertumbuhan karena tingkat vaksinasi yang rendah di banyak tempat itu membuat penghuninya rentan.

Sejauh ini, konsumen menanggung beban. Bank sentral Australia, di mana dua pertiga populasi tinggal di rumah setelah Delta masuk ke dalam rezim karantina perjalanan yang ketat, memperkirakan pengeluaran turun sekitar 15 persen selama penguncian.

China memberlakukan pembatasan perjalanan dan pergerakan domestik di tengah liburan musim panas ketika infeksi kembali ke tempat-tempat seperti Wuhan dan Beijing, menurunkan perkiraan pertumbuhan untuk ekonomi terbesar kedua di dunia itu. China telah melaporkan 95 kasus baru virus corona domestik, dengan delta mencapai wilayah yang mewakili 38 persen dari produk domestik bruto nasional.

Rantai pasokan dari Vietnam ke Thailand, tempat penyakit itu menyebar, juga telah dihentikan, dengan pabrik yang membuat barang untuk Nike Inc. ditutup. dan Adidas AG karena pembatasan virus, yang dapat melewatkan musim belanja liburan yang penting. Hal ini menimbulkan kemungkinan bahwa delta Asia akan bergema di seluruh dunia, jika ekspor tertunda dalam jangka panjang.

“Gelombang delta saat ini di Asia lebih lanjut dapat mengganggu jaringan produksi,” kata Frederic Neumann, co-kepala penelitian ekonomi Asia di HSBC Holdings Plc di Hong Kong. “Bahayanya adalah bekas luka pertumbuhan bertahan lebih lama.”

Penurunan prospek, baik untuk penahanan virus dan pertumbuhan ekonomi, kontras dengan ekonomi barat seperti Inggris di mana tingkat vaksinasi yang tinggi membatasi dampak delta dan membuka kembali perjalanan.

Ada tema umum di antara banyak ekonomi Asia-Pasifik yang menikmati keberhasilan awal dalam membatasi kerusakan akibat virus: berpuas diri. Dengan tingkat kematian yang rendah, pihak berwenang di Korea Selatan, Jepang, Australia, dan Selandia Baru termasuk di antara mereka yang peluncuran vaksinnya tertunda; Tingkat vaksinasi mereka sekarang berada di peringkat 10 terendah di antara 38 negara anggota Organisasi untuk Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi.

READ  Mereka mengandalkan vaksin China. Sekarang mereka sedang melawan wabah.

Delta telah melanda semua kecuali Selandia Baru, di mana selama sebulan terakhir infeksi hampir tiga kali lipat di Korea Selatan, empat kali lipat di Jepang dan melonjak lebih dari 600 persen di Australia. Wabah telah memburuk di kota-kota terbesar Australia, dengan kasus di Sydney dan Melbourne mencapai level tertinggi baru untuk wabah saat ini.

Tanda jarak sosial terlihat di Pantai Bondi di Sydney, Australia, Senin, 2 Agustus 2021. Lockdown Sydney telah diperpanjang tiga kali, dan ada risiko tidak akan dicabut seperti yang dijadwalkan saat ini pada 28 Agustus, mengingat Delta.  terus menyebar dan

Tanda jarak sosial terlihat di Pantai Bondi di Sydney, Australia, Senin, 2 Agustus 2021. Lockdown Sydney telah diperpanjang tiga kali, dan ada risiko tidak akan dicabut seperti yang dijadwalkan saat ini pada 28 Agustus, mengingat Delta. terus menyebar dan

Laut Cina Timur

Olimpiade Jepang – yang dimaksudkan untuk menjadi kekayaan ekonomi – berubah menjadi kebangkrutan karena penonton ditolak di tengah keadaan darurat lain yang diberlakukan di Tokyo dan di tempat lain. Meskipun belum ada penyebaran virus di antara sebagian besar atlet di dunia yang divaksinasi, Delta telah menyebar di antara penduduk setempat di luar Desa Olimpiade.

Sebagai tanda frustrasi dengan siklus berhenti dan mulai darurat, orang Jepang kurang memperhatikan seruan untuk berhati-hati dengan lalu lintas pejalan kaki di stasiun kereta api, dan banyak bar dan restoran secara terbuka mengejek permintaan pemerintah untuk tutup lebih awal.

Jepang baru-baru ini mendapatkan perbedaan yang meragukan sebagai salah satu dari hanya dua ekonomi maju yang perkiraan pertumbuhannya telah dipotong oleh Dana Moneter Internasional. Fast Retailing, peritel terbesar di Asia, memangkas perkiraan laba operasional setahun penuh pada Juli, sebagian karena pembatasan Covid di Jepang dan di pasar Asia lainnya.

Di seberang Laut China Timur, wabah delta di China meningkatkan risiko ekonomi pada paruh kedua, setelah banjir mematikan dan ekspor serta investasi yang lemah. Langkah-langkah jarak sosial kemungkinan akan mempengaruhi pemulihan yang rapuh dalam pengeluaran ritel selama periode liburan musim panas puncak. Kapasitas kursi maskapai China turun 10 persen dari minggu sebelumnya, dan situs pemesanan perjalanan melaporkan peningkatan pembatalan.

READ  Sri Mulyani Minta Perbankan Tingkatkan Pinjaman Saat Pemulihan Terputus - Bisnis

“Kami tidak memiliki pelanggan sama sekali karena tidak ada yang diizinkan untuk bergerak bebas lagi,” kata seorang manajer penjualan bernama Xie yang bekerja di sebuah hotel di Zhangjiajie, sebuah tujuan wisata di Provinsi Hunan China tengah di mana wilayah delta China tengah. telah menangkap. Hotel dengan 30 kamar biasanya menghasilkan penjualan bulanan sebesar 2 juta yuan ($309.000) selama liburan musim panas, tetapi bisnis terhenti sejak pihak berwenang menutup lokasi wisata pada 30 Juli.

Juli dan Agustus seharusnya menjadi bulan tersibuk kami. Tidak ada yang bisa kami lakukan selain menunggu dan bekerja keras,” katanya.

Kunjungan itu juga akan goyah di Makau, wilayah Cina yang merupakan pusat permainan terbesar di dunia, setelah kelompok kasus lokal pertama di sana dalam lebih dari setahun.

Di Korea Selatan – di mana hanya 14 persen populasi yang telah divaksinasi lengkap – sekitar 30 persen dari 205.000 kasusnya datang dalam dua bulan terakhir saja. Kenaikan terburuk sejak pandemi mulai memaksa Presiden Moon Jae-in untuk menempatkan Seoul di bawah semi-lockdown, melarang pertemuan lebih dari dua orang setelah pukul 6 sore.

Namun, Bank of Korea menegaskan bahwa pemulihan masih di jalur yang benar. Ini adalah cerita serupa di Australia, di mana bank sentral tetap pada rencana untuk mengurangi pembelian obligasi mingguan bahkan ketika mengakui bahwa produk domestik bruto akan berkontraksi pada kuartal ini.

Ini sebagian mencerminkan penundaan dalam kebijakan moneter, tetapi juga pengalaman penutupan sebelumnya, ketika ekonomi pulih dengan cepat.

Namun, varian delta mengubah perhitungan dan sifatnya yang sangat menular dapat meninggalkan efek ekor yang lebih panjang di tempat-tempat yang mengalahkan gelombang sebelumnya.

Hotspot Indonesia

Asia Tenggara sekarang menonjol sebagai salah satu wilayah yang paling terpukul di dunia, setelah baru-baru ini menyusul Amerika Latin dengan tingkat kematian mingguan tertinggi. Di pusat gempa terletak Indonesia, di mana jumlah korban tewas minggu ini mencapai 100.000, meskipun Presiden Joko Widodo menolak pembatasan pergerakan yang lebih ketat yang selanjutnya akan mempengaruhi ekonomi terbesar di kawasan itu.

READ  Sektor bisnis Indonesia memperingatkan risiko PHK dan kebangkrutan karena pembatasan COVID-19 baru

Perdebatan tentang apakah akan mengunci sangat berisiko di Thailand, serta negara tetangga Vietnam, di mana perdagangan telah menjadi salah satu dari sedikit titik terang ekonomi. Konfederasi Industri Thailand baru-baru ini memperingatkan bahwa karantina dan pembatasan pergerakan menyebabkan kekurangan tenaga kerja, memaksa perusahaan untuk memangkas produksi.

Gangguan tersebut dirasakan oleh pengecer AS, yang semakin khawatir bahwa rak mereka mungkin tidak terisi penuh pada puncak musim belanja liburan. CEO American Apparel and Footwear Association Steve Lamar telah meminta Presiden AS Joe Biden untuk “segera meningkatkan distribusi kelebihan vaksin AS ke Vietnam dan negara mitra utama lainnya” termasuk Bangladesh dan Indonesia.

Grafik

Di India, di mana strain Delta pertama kali dikenali tahun lalu, gelombang kedua mematikan yang menyebabkan jutaan orang menganggur dan ribuan orang tewas telah mulai surut. Tetapi konsekuensinya signifikan: Dana Moneter Internasional bulan lalu menurunkan perkiraannya untuk tahun yang berakhir Maret 2022 menjadi 9,5 persen, dari 12,5 persen hanya tiga bulan lalu.

Lalu ada Singapura, negara kota yang sedang booming di jantung Asia Tenggara. Ia telah berjuang untuk membuat transisi yang direncanakan dari kasus rendah dan protokol keamanan yang ketat ke “normal baru” di mana Covid-19 mewabah selama rawat inap dan kematian terbatas.

Lonjakan infeksi delta baru-baru ini telah memaksa pemerintah untuk mundur dan menerapkan kembali pembatasan, meskipun sekarang telah berjanji untuk membuka kembali pada bulan September, ketika vaksinasi di antara populasi akan mencapai tingkat yang sangat tinggi.

“Perhitungan kami tentang tingkat vaksin, ketersediaan vaksin, dan laju operasi saat ini menunjukkan bahwa Singapura akan menjadi yang pertama mencapai ambang batas 80 persen,” kata Alicia Garcia-Herrero, kepala ekonom untuk Asia Pasifik di Natixis. “Itu berarti itu akan menjadi yang pertama keluar di Asia.”

Untuk wilayah lainnya, meninggalkan pandemi tetap merupakan proposisi yang sulit dipahami.