POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indeks pariwisata Indonesia yang membaik meningkatkan daya tarik investasi: Uno

Indeks pariwisata Indonesia yang membaik meningkatkan daya tarik investasi: Uno

JAKARTA (ANTARA) – Keberhasilan Indonesia menaikkan skor Indonesia pada Indeks Pembangunan Pariwisata dan Pariwisata (TTDI) akan semakin menarik minat pelaku usaha untuk menanamkan modalnya di dalam negeri, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaka Uno.

“Investor sedang memantau posisi Indonesia. Indonesia kini berada di atas Belgia, Selandia Baru, dan Turki (dalam TTDI). Ini di luar ekspektasi,” katanya dalam acara perayaan kemajuan TTDI Indonesia di Jakarta, Rabu.

Dalam TTDI 2024 yang diterbitkan oleh World Economic Forum, Indonesia menempati peringkat ke-22 secara global, meningkat secara signifikan dari posisi ke-32 yang dicapai pada TTDI tahun 2021.

Sedangkan Belgia di peringkat 23, Selandia Baru di peringkat 25, dan Turki di peringkat 29 dalam pemeringkatan TTDI terbaru.

“Inflow investasi pasti akan meningkat. Insya Allah kita juga akan melihat peningkatan jumlah tenaga kerja yang bekerja di sektor pariwisata dan nilai dampak ekonominya,” ujarnya.

Dalam pidatonya, beliau juga menguraikan lima pilar utama pariwisata Indonesia menurut laporan TTDI, dua di antaranya adalah prioritas pariwisata dan perjalanan (T&T) dan keberlanjutan permintaan T&T.

Selain itu, pariwisata negara juga didukung oleh pilar-pilar yang berkaitan dengan sumber daya alam, dampak sosial ekonomi, dan sumber daya budaya.

“Dari segi dampak sosial ekonomi, kontribusi sektor pariwisata kita terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai empat persen. Selain itu, sektor tersebut telah memberdayakan sekitar 25 juta pekerja,” ujarnya.

Meskipun terdapat tren positif, Sandiaga Uno menekankan perlunya untuk lebih fokus pada pilar-pilar Kesehatan dan Kebersihan Indonesia, Layanan dan Infrastruktur Pariwisata, Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, P&T, dan Sumber Daya Manusia, Pasar Tenaga Kerja dan Lingkungan Hidup. Konsistensi.

READ  Menara BTS untuk meningkatkan produksi di wilayah 3D: Menteri

Berita terkait: Indonesia bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dari Timur Tengah, Eropa Tengah
BERITA TERKAIT: Kementerian promosikan investasi di kawasan wisata Parapuar Labuan Bajo