POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

INASPOC Pastikan Stadion Manahan Siap Menjadi Tuan Rumah APG 2022

INASPOC Pastikan Stadion Manahan Siap Menjadi Tuan Rumah APG 2022

Kami masih belum mendengar informasi tentang kehadiran Presiden Jokowi. Saya akan mengkonfirmasi minggu depan untuk tamu VIP

SOLO (Antara) – Ketua Panitia Penyelenggara Paralimpiade Nasional Indonesia (INASPOK), Gibran Rakabuming Raka memastikan kesiapan Stadion Solo Manahan untuk pembukaan ASEAN Para Games 2022.

Dalam kunjungannya ke Stadion Manahan di Solo, Jumat, Raca mencatat, para pekerja saat ini sedang memulai pekerjaan konstruksi di sisi utara stadion.

“Podium akan berada di sisi utara stadion. Semua kursi sudah dicopot,” tambahnya.

Raka mencontohkan, banyak kegiatan dalam upacara pembukaan tersebut antara lain pertunjukan tari dan acara-acara kemeriahan.

“Di antaranya sambutan, pengibaran bendera, pengambilan sumpah atlet, dan parade atlet,” kata Raca.

Namun, dia menegaskan masih terlalu dini untuk memberikan konfirmasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir pada pembukaan APG 2022.

Berita Terkait: Atlet dan Ofisial APG Mulai Akses Mulai 26 Juli: INASPOC

Dia mencatat, “Kami masih belum mendengar informasi tentang kehadiran Presiden Jokowi. Minggu depan akan saya konfirmasikan kepada tamu-tamu terhormat.”

Lebih lanjut, Rakka mengatakan pihaknya akan menerapkan sistem undangan bagi penonton pada acara pembukaan tersebut.

“Undangan untuk masyarakat umum juga untuk sponsor dan ofisial setempat. Yang tidak diundang pada opening ceremony bisa diundang ke closing ceremony. Kapasitas stadion sangat besar,” kata Raca.

Pada kesempatan yang sama, Project Manager Opening and Closing Ceremony (OCC) APG 2022 (OCC) Debora Sharen mengatakan, persiapan opening ceremony sudah dimulai sejak awal pekan ini.

Shareen menunjukkan bahwa “persiapan kami sudah berlangsung. Jadwalnya aman. Kami akan bekerja untuk mengangkat budaya lokal dan menyajikannya dengan partisipasi banyak pihak.”

Berita Terkait: Kesiapan lokasi air XI APG mencapai 90 persen: Menteri

READ  Saham China ditutup lebih tinggi setelah setengah dari Shanghai mencapai status 'nol COVID'

Kemudian disebutkan bahwa proses produksi untuk persiapan dijadwalkan selesai sebelum 28 Juli 2022.

“Setelah 28 Juli, kami akan fokus mempersiapkan acara opening ceremony. Panggung utama akan menggunakan seluruh area panggung. Kami telah didesak untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari acara biasanya,” tambahnya.

Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 untuk kedua kalinya mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Sebelas negara dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam acara tersebut, termasuk Thailand, Malaysia, Filipina, Singapura, Kamboja, Myanmar, Timor Leste, Brunei, Laos, Vietnam dan Indonesia.

Peserta akan bertanding dalam 14 cabang olahraga: atletik, sepak bola, menembak, judo, angkat besi, renang, tenis meja, tenis lapangan, catur, goalball, bulu tangkis, cerebral palsy, sepak bola, bola basket, dan bola voli.

Berita Terkait: Panitia Para Games mengadakan sesi informasi untuk 1.300 relawan

Berita Terkait: Indonesia optimis dengan keberhasilan Konferensi Asia-Pasifik yang akan diselenggarakan di Solo