POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gubernur Papua telah melarang penggunaan kunci waktu pada PPKM

Tempo.co., Jakarta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ditahan pada Senin Papua Gubernur Lucas Enembe tidak menggunakan kata “kunci” di tengah penggunaan istilah “pembatasan aksi publik COVID-19” atau PPKM di Indonesia. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan untuk menghindari kebingungan.

“Saya sudah komunikasi dengan gubernur soal ini. Istilah yang kami gunakan adalah PPKM Level 4 atau Level 3 bukan ‘mengunci’ di kontrol regionalnya. Orang akan bingung dengan kata ‘gembok’ dan masyarakat tidak perlu mengerti apa itu gembok, ”kata menteri dalam konferensi pers virtual pada 26 Juli.

Ia mengatakan lebih mudah menyamakan dalam sistem PPKM daripada istilah lain yang banyak digunakan oleh negara-negara di dunia.

“Tingkat merinci sektor dan sangat menggambarkan jenis sektor operasional apa yang dilarang,” katanya.

Menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 25/2021, tiga bagian Papua PPKM berada di bawah Level 4 — kendali operasional tertinggi dan paling ketat di PPKM — termasuk kota Jaipur, Kabupaten Mimika dan Meruk.

Melangkah: Papua berjuang untuk mengendalikan kasus COVID-19-19

Noorida Devi

READ  Komentar: Rumah sakit Indonesia dengan kasus COVID-19 berada di belakang angka kematian dokter yang tinggi