POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Godin, Sulawesi Tengah berkolaborasi untuk meningkatkan transportasi

JAKARTA (ANTARA) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Kerja sama ini menunjukkan peran nyata Gadin di sektor transportasi dalam membangun daerah-daerah di seluruh Indonesia,” kata Wakil Presiden Bidang Transportasi Gadin Tenon Praviratmadja dalam keterangan tertulis, Minggu.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan bentuk upaya Godin untuk meningkatkan transportasi dan membangun infrastruktur di seluruh tanah air.

“Kami berencana berkunjung ke Sulawesi Tengah untuk melihat potensi sektor transportasi dan memanfaatkan peluang bisnis di daerah tersebut,” ujarnya.

Pemimpin Ghadin Arsjad Rasjid mengatakan kesepakatan antara pihaknya dan pemerintah Sulawesi Tengah merupakan bagian dari empat pilar rencana kerja Ghadin, khususnya pilar ekonomi daerah.

Tujuan utama kerjasama adalah untuk bersama-sama mengembangkan perekonomian di daerah dari tingkat akar rumput, yaitu tingkat desa, hingga tingkat kabupaten dan provinsi.

“Seperti diketahui bahwa rantai pasok merupakan bagian terpenting dari pembangunan ekonomi suatu daerah. Dengan sistem ini, ada jaringan antara perusahaan dengan pemasoknya untuk memproduksi dan mendistribusikan produk tertentu kepada pembeli akhir,” ujarnya.

Selain itu, kata Rasjit, kerja sama ini diharapkan dapat merangsang lahirnya wirausahawan di daerah, sehingga wirausahawan tidak hanya lahir di ibu kota dan Pulau Jawa, tetapi juga di daerah seperti Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusty Mastura mengatakan, karena Kalimantan telah menjadi pemasok utama barang bagi semua pemerintah provinsi di pulau itu, provinsi itu membutuhkan fasilitas transportasi yang memadai.

“Kami melihat transportasi udara sebagai kunci sekarang karena udara akan memperlancar produk alam dan produk bagus dari wilayah kami ke pasar domestik dan ekspor,” katanya.

Sulawesi Tengah, kata dia, memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti gas, nikel, emas, tembaga, galena, dan kerikil. Untuk itu, Sulteng membutuhkan dukungan Godin dalam mempersiapkan transportasi laut berupa kapal laut dan dukungan lainnya.

READ  Bepergian ke Bali: Foto-foto menunjukkan bagaimana cinta pulau surga yang dulunya Australia tidak bisa dikenali

Berita Terkait: Kunci kerjasama untuk kebangkitan transportasi: Menteri
Berita Terkait: Alokasi APBN untuk Bantuan Sosial Sesuai: Petugas
Berita Terkait: Jawa Timur sambut baik kerjasama perdagangan dan pariwisata dengan Pakistan