POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gerhana matahari terakhir pada bulan April akan terlihat di Amerika Serikat hingga tahun 2044

Gerhana matahari terakhir pada bulan April akan terlihat di Amerika Serikat hingga tahun 2044

Gerhana matahari total berikutnya di Amerika Serikat, yang pertama dalam tujuh tahun, akan terjadi pada musim semi ini.

Jika Anda melewatkan gerhana matahari total terakhir di Amerika Utara pada 21 Agustus 2017, atau gerhana matahari cincin yang terjadi pada 14 Oktober 2023, pastikan untuk menandai gerhana matahari total berikutnya di kalender Anda.

Apa itu gerhana matahari total?

Selama gerhana matahari total, bulan melintas di antara matahari dan bumi dan sepenuhnya mengaburkan wajah matahari, menurut situs “luar angkasa” Amerika. NASA.

Tidak peduli jam berapa, langit akan menjadi gelap seolah-olah saat fajar atau senja. Jika cuaca memungkinkan, masyarakat di sepanjang jalur totalitas akan melihat mahkota matahari, atmosfer luar yang biasanya tertutup oleh cerahnya wajah matahari.

Kapan gerhana matahari total terjadi?

Gerhana matahari total berikutnya akan terjadi pada Senin, 8 April.

Durasi gerhana total akan berlangsung selama empat menit 27 detik, hampir dua kali lipat gerhana matahari total yang terlihat di Amerika Serikat pada tahun 2017, menurut situs web “luar angkasa” Amerika. Gerhana Besar Amerika.

Meskipun gerhana matahari total berikutnya akan terlihat di tempat lain pada tanggal 12 Agustus 2026, namun jika Anda melewatkannya pada tanggal 8 April, maka gerhana matahari total berikutnya yang terlihat dari Amerika Serikat baru akan tiba pada tanggal 23 Agustus 2044.

Pada jam berapa gerhana matahari total akan terjadi?

Jalur totalitas – ketika bulan menutupi matahari sepenuhnya, menciptakan gerhana total – membentang dari Meksiko (Sinaloa hingga Coahuila) hingga Amerika Serikat (Texas hingga Maine) hingga Kanada (Ontario hingga Newfoundland), menurut situs web Verge.o Waktu dan Tanggal.coM.

Kota-kota Amerika berikut ini berada di jalur gerhana total, menurut NASA:

  • Dallas, Texas.
  • Idabel, Oklahoma.
  • (Batu Kecil, Arkansas).
  • (Poplar Bluff, Missouri).
  • Paducah, Kentucky.
  • Evansville, Indiana.
  • Cleveland, Ohio.
  • Erie, Pennsylvania.
  • Kerbau, New York.
  • Burlington, Vermont.
  • (Lancaster, New Hampshire).
  • Caribou, Maine.
READ  Studi menemukan bahwa bayi kelelawar mengoceh, sama seperti bayi

Daerah dekat kota-kota ini akan menyaksikan gerhana sebagian sebelum dan sesudah perkiraan waktu terjadinya gerhana total. Gerhana sebagian akan terlihat di hampir seluruh Amerika Serikat dan sebagian kecil Eropa Barat.

Di Delaware:

  • Gerhana sebagian akan terlihat pertama kali pada pukul 11:42 WIB
  • Gerhana total akan terlihat pertama kali pada pukul 12.38 WIB
  • Gerhana maksimal akan terlihat pada pukul 14.17 WIB
  • Gerhana total terakhir terlihat pada pukul 15.55
  • Gerhana sebagian akan muncul terakhir kali pada pukul 16.52

Gerhana matahari total akan terlihat pada pukul 16:41, yang hanya dapat dilihat oleh 0,55% populasi atau 43.800.000 orang di seluruh dunia di wilayah yang dapat melihat gerhana. Adapun bagian mana pun dari gerhana tersebut, tidak hanya totalnya, 8,19% populasi, atau 652 juta orang, akan dapat menyaksikannya, menurut TimeandDate.com.

Tahapan gerhana matahari total

Banyak orang fokus pada momen totalitas ketika memikirkan gerhana matahari total, namun sebenarnya ada beberapa fase berbeda dari peristiwa tersebut yang dapat diamati oleh pengamat.

Berikut fase-fase gerhana matahari total menurut NASA:

selama Gerhana sebagianBulan melintas di antara Matahari dan Bumi dan pada awalnya tidak menutupi Bulan sepenuhnya sehingga menyebabkan Matahari tampak berbentuk bulan sabit. Saat Bulan pertama kali menyentuh Matahari, ini disebut juga “kontak pertama”.

Geng bayangan Mereka adalah pita panjang, gelap, dan bergerak cepat yang dipisahkan oleh area putih yang dapat dilihat di tanah atau di sisi bangunan sebelum atau sesudah kuliah.

Manik-manik Billy Ini adalah beberapa titik cahaya yang bersinar di sekitar tepi Bulan saat ia terus bergerak melintasi Matahari. Hal ini disebabkan oleh sinar cahaya matahari yang mengalir melalui lembah di sepanjang cakrawala bulan. Manik-manik Billy hanya muncul dalam waktu singkat dan mungkin tidak terlihat oleh semua orang yang menyaksikan gerhana matahari total.

itu cincin berlian Dampaknya terjadi pada awal dan akhir gerhana matahari total. Saat manik-manik Bailey mulai menghilang, dan sinar matahari terakhir melewati lembah di ujung bulan, lingkaran cahaya samar di sekitar matahari menjadi terlihat di sepanjang tepi bayangan bulan dan tampak seperti cincin dengan berlian berkilau.

READ  NASA membagikan gambar galaksi Andromeda terbesar yang pernah ada, Internet menggambarkannya sebagai 'benar-benar indah'

perguruan tinggi Hal ini terjadi setelah cincin berlian hilang dan tidak ada sinar matahari langsung, yang disebut juga dengan “kontak kedua”. Pada titik ini, pengamat gerhana mungkin dapat melihat kromosfer – wilayah atmosfer matahari yang tampak seperti lingkaran merah muda di sekitar bulan – dan corona, yang tampak sebagai aliran cahaya putih.

Saat bulan terus bergerak melintasi matahari, Anda akan tampak bersinar Di seberang tempat cincin berlian pertama kali muncul. Inilah atmosfer bagian bawah Matahari yang mulai mengintip dari balik Bulan. Anda harus mengenakan kacamata gerhana sebelum kilatan sinar matahari pertama muncul di sekitar tepi bulan, yang dikenal sebagai “kontak ketiga”.

Saat tahap akhir gerhana dimulai, Proses awal yang baru saja Anda saksikan akan terbalik. Cincin berlian akan muncul terlebih dahulu, diikuti oleh Billy Beads dan Shadow Bands sebelum seluruh matahari terlihat kembali. “Kontak keempat” adalah momen ketika bayangan Bulan tidak lagi menutupi sebagian Matahari, dan menandakan berakhirnya gerhana.

Isemi: Persiapkan kendaraan darurat Anda untuk musim dingin: Apa yang harus Anda simpan di mobil Anda, periksa sebelum mengemudi di musim dingin ini

Keamanan melihat gerhana matahari

Menurut NASA, matahari tidak sepenuhnya tertutup oleh bulan selama gerhana matahari cincin, jadi penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat saat melihat peristiwa tersebut.

Jangan melihat langsung ke sinar matahari tanpa pelindung mata yang dirancang khusus untuk paparan sinar matahari. Tanpa perlindungan, sinar matahari dapat membakar retina, menyebabkan kerusakan permanen atau kebutaan.

Kacamata gerhana dapat dibeli dari berbagai pengecer di toko atau online, dan Anda juga dapat melihat gerhana secara tidak langsung menggunakan kacamata tersebut Proyektor lubang jarum.

Matahari akan sangat terik saat gerhana, jadi jika Anda berencana melihat dan akan terkena sinar matahari langsung selama berjam-jam, kenakan pakaian pelindung, topi, dan gunakan tabir surya untuk melindungi Anda. Mencegah kerusakan kulit.

READ  Video: SpaceX meluncurkan astronot Axiom dalam misi stasiun luar angkasa

Saat gerhana total, inilah satu-satunya momen di mana Anda bisa melepas sebentar kacamata gerhana dan menatap langsung ke matahari dengan mata.

Fakta menarik tentang gerhana matahari

Jika minat Anda terhadap gerhana matahari terus meningkat, berikut beberapa informasi yang mungkin berguna selama pesta melihat gerhana.

  • Gerhana matahari selalu terjadi sekitar dua minggu sebelum atau sesudah gerhana bulan, biasanya dengan dua gerhana berturut-turut, tetapi terkadang tiga gerhana pada musim gerhana yang sama, menurut TimeandDate.com.
  • Gerhana matahari total pada bulan April akan menjadi gerhana kedua musim ini. Gerhana pertama musim ini adalah gerhana bulan penumbra pada 25 Maret 2024.
  • Gerhana bulan penumbra terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada posisi sejajar sempurna dan Bumi menghalangi sebagian sinar matahari untuk mencapai permukaan Bulan secara langsung. Saat terjadi gerhana, Bumi menutupi seluruh atau sebagian Bulan dengan bagian luar bayangannya.
  • Menurut Great American Eclipse, lingkaran hitam bagian dalam Bulan adalah umbra, tempat bayangan sempurna terjadi – gerhana matahari total. Lingkaran bayangan terluar merupakan penumbra dan menunjukkan luasnya gerhana sebagian.
  • Ketika gerhana matahari total terjadi, satwa liar di malam hari secara keliru terbangun dan mengira hari sudah malam, dan satwa liar diurnal mengira sudah waktunya tidur siang, menurut NASA.

Punya tip atau ide cerita? Hubungi Krys'tal Griffin di [email protected].

pajak tahun 2023: Musim pajak 2024: Batas waktu pengajuan pajak 2023, batas waktu pengajuan pajak, jangka waktu pengembalian dana, dan informasi lebih lanjut

Perkembangan di Delaware 2024: Apa yang perlu diketahui tentang proyek gudang dan industri Delaware yang dijadwalkan pada tahun 2024

Nikmati Newark: Manfaatkan kota Newark yang lebih tenang dengan 11 kegiatan ini selagi mahasiswa UD berada di rumah