POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gempa bumi Indonesia: Gempa berkekuatan 7,3 SR melanda pulau – penduduk setempat waspada | dunia | Berita

Gempa yang sangat kuat melanda kota Kipulawan Barat Daya, sekitar 113 kilometer timur laut Lospalos, Monepisio de Laotem, Timor Leste. Itu terjadi pada pukul 3.25 pagi waktu setempat pada kedalaman 200 km langsung dan signifikan, menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC). Klasifikasi telah diturunkan sedikit hingga kedalaman 167 km oleh United States Geological Survey (USGS).

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan untuk pulau-pulau tetangga.

Dampak gempa terasa 600 km jauhnya di Darwin, ibu kota Northern Territory Australia.

Sekitar 1.700 penduduknya melaporkan merasakan getaran pada Kamis pagi, menurut Geosciences.

Situs Volcano Discovery mengatakan bahwa berdasarkan data seismik awal, kemungkinan “banyak” telah merasakan gempa di daerah episentrum.

Tetapi tidak boleh menyebabkan “kerusakan yang berarti” selain benda jatuh dari rak dan jendela yang pecah.

Ditemukannya gunung berapi di Los Palos yang berpenduduk 17.200 jiwa, Baucau (penduduk 16.000) bertambah 160 km dan Vinilali (berpenduduk 16.000) 176 km, gempa seharusnya dirasakan sebagai “getaran ringan”.

Dia menambahkan bahwa laporan kedua yang kemudian dikeluarkan oleh Geoscience Australia (GeoAu) menyebutkan gempa tersebut berkekuatan 7,5 SR.

Badan lain yang melaporkan gempa yang sama termasuk Réseau National de Surveillance Sismique (RéNaSS) dengan kekuatan 7,0 dan Pusat Penelitian Jerman untuk Geosains (GFZ) dengan kekuatan 7,2.

BACA LEBIH BANYAK: Peringatan Sefkovic ke Inggris dan Swiss menunjukkan warna sebenarnya dari blok

READ  Sekarang orang-orang dari semua negara dapat mengunjungi Thailand selama epidemi