April 13, 2021

POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang pulau Sumatera di Indonesia, tanpa peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Gambar untuk representasi.

Kepulauan Asia Tenggara sering mengalami aktivitas seismik dan vulkanik karena posisinya di “Cincin Api” Pasifik, tempat lempeng tektonik bertabrakan.

  • AFP
  • Terakhir diperbarui: 10 Februari 2021, 19.22
  • Ikuti kami:

Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang pantai pulau Sumatra di Indonesia pada hari Rabu, tetapi tidak ada peringatan tsunami atau laporan kerusakan langsung.

Pusat gempa dilaporkan 217 kilometer barat daya Bengkulu, pada kedalaman 10 kilometer pada pukul 19:52 waktu setempat (1252 GMT).

Gempa bumi dangkal menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada gempa dalam.

Kepulauan Asia Tenggara sering mengalami aktivitas seismik dan vulkanik karena posisinya di “Cincin Api” Pasifik, tempat lempeng tektonik bertabrakan.

Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang wilayah Mamuju di pulau Sulawesi bulan lalu, menewaskan lebih dari 100 orang.

Pada 2018, gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter dan tsunami susulan menewaskan sedikitnya 4.300 orang atau membuat mereka hilang di Pulau Sulawesi.

Gempa bumi berkekuatan 9,1 skala Richter yang menghancurkan di lepas pantai Sumatra pada tahun 2004 memicu tsunami yang menewaskan 220.000 orang di seluruh wilayah, termasuk sekitar 170.000 di Indonesia – salah satu bencana alam terburuk dalam sejarah.

READ  Indonesia akan mendeportasi warganya dari Myanmar jika perlu