POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gambar Uranus menunjukkan bagaimana teleskop NASA James Webb mengungguli Hubble

Gambar Uranus menunjukkan bagaimana teleskop NASA James Webb mengungguli Hubble

Gambar diambil oleh Hubble Space Telescope (kiri) dan JWST (kanan) dari Uranus masing-masing pada tahun 2022 dan 2023. Cincin Uranus dapat dilihat dengan lebih detail oleh JWST.
NASA, ESA, STScI, Amy Simon (NASA-GSFC), Michael H. Wong (UC Berkeley), NASA, ESA, CSA, STScI. Pemrosesan gambar: J. DePasquale (STScI), Insider

  • NASA telah mengubah James Webb Space Telescope (JWST) yang kuat di Uranus.
  • Gambar JWST ini menunjukkan 11 dari 13 cincin raksasa es dengan detail yang belum pernah ada sebelumnya.
  • NASA mengatakan gambar itu dapat menjelaskan tutup kutub planet yang unik dan misterius.

NASA baru-baru ini merilis gambar baru Uranus yang diambil oleh James Webb Space Telescope (JWST) yang kuat.

Gambar menunjukkan sisi baru planet ini dengan observatorium luar angkasa yang kuat menangkap 11 dari 13 cincin raksasa es dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Gambar berdampingan sekali lagi menunjukkan betapa JWST jauh lebih kuat daripada observatorium luar angkasa NASA lainnya, Teleskop Luar Angkasa Hubble, dalam hal pencitraan inframerah.

Data Webb menunjukkan sensitivitas observatorium yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap cincin berdebu paling redup, yang hanya dicitrakan oleh dua fasilitas lain: pesawat ruang angkasa Voyager 2 ketika terbang di atas planet pada tahun 1986, dan Observatorium Keck dengan Optik Adaptif Lanjutan, NASA. Dia berkata Dalam siaran pers 6 April.

Gambar beranotasi dari tutup kutub Uranus.
NASA, ESA, CSA, STScI. Pemrosesan gambar: J. DePasquale (STScI), Insider

JWST tidak hanya mengambil alih planet ini. Itu juga mengamati secara luas sistem planet Uranus, termasuk enam bulannya yang paling terang

Gambar inframerah menunjukkan konstelasi planet Uranus, termasuk enam dari 27 bulannya yang diketahui
NASA, ESA, CSA, STScI. Pemrosesan gambar: J. DePasquale (STScI)

JWST menangkap gambar ini dengan eksposur 12 menit tunggal. NASA berharap dengan mengarahkan teleskop ke Uranus lagi, JWST bisa mendapatkan gambar beresolusi lebih baik dari tetangga es kita.

READ  Roket Astra berbiaya rendah mengalami kegagalan tahap atas, kehilangan dua satelit NASA

Cincin misterius Uranus terus mengesankan

Meskipun gambar ini memberikan pandangan baru tentang planet ini, ini bukan pertama kalinya para ilmuwan mengambil gambar cincin Uranus.

Wahana antariksa Voyager 2, wahana antariksa NASA yang masih mengirim kembali data 45 tahun setelah peluncurannya, memberikan wawasan tentang cincin Uranus saat berlayar melewati planet tersebut pada tahun 1986.

Gambar cincin Uranus, diterangi oleh Matahari. Diambil oleh Voyager 2 pada tahun 1986.
NASA

Probe menemukan dua cincin baru yang lebih redup, sehingga jumlah cincin yang diketahui di sekitar planet menjadi 11.

Kedua cincin samar ini hanya terlihat jelas oleh Voyager 2 dan Observatorium Keck di Bumi. Hubble tidak pernah bisa melihat cincin-cincin ini, meskipun mendeteksi dua cincin terluar yang lebih redup sekitar 20 tahun yang lalu, yang membuat jumlah cincin planet yang diketahui menjadi 13.

Cincin seperti yang diamati oleh Hubble pada 2007-2008
NASA, Badan Antariksa Eropa, dan M. Showalter (SETI Institute)

Hubble melihat sinar ultraviolet, cahaya tampak, dan sepotong kecil inframerah, sementara JWST melihat alam semesta melintasi spektrum inframerah, Insider sebelumnya melaporkan.

Cermin Webb yang lebih besar berarti gambarnya dapat memberikan gambar dengan resolusi yang lebih baik daripada Hubble dalam inframerah, yang merupakan spektrum cahaya yang digunakan untuk mengambil gambar Uranus ini.

Sejak diluncurkan pada 25 Desember 2021, ia telah menawarkan beberapa pemandangan alam semesta yang menakjubkan.

NASA berharap bahwa dua cincin terluar yang redup akan terlihat oleh JWST saat berikutnya mengalihkan perhatiannya ke Uranus.

Bukan hanya cincin Uranus yang mendapat perhatian

Gambar JWST juga memberikan tampilan yang bagus pada tutup kutub misterius Uranus.

Uranus adalah planet yang agak aneh karena kemiringannya sekitar 100 derajat relatif terhadap orbitnya mengelilingi Matahari, kemungkinan akibat bulan seukuran Bumi dihancurkan dari orbitnya ribuan tahun yang lalu.

READ  Beberapa orang dirawat karena rabies di Kabupaten Gwinnett setelah digigit kucing gila | Georgia

Ini berarti bahwa planet tersebut tampak berputar ke samping saat mengorbit matahari.

Karena Uranus membutuhkan waktu 82 tahun untuk berputar mengelilingi matahari, musimnya berlangsung lama. Separuh planet ini mengalami musim dingin 21 tahun setiap tahun Oran.

Para ilmuwan paling tertarik dengan fitur unik yang berkembang setiap musim panas di Uranus: tudung kutub yang muncul di sisi yang menghadap matahari.

“Tudung kutub ini unik untuk Uranus – tampaknya muncul ketika kutub memasuki sinar matahari langsung di musim panas dan menghilang di musim gugur,” kata NASA dalam siaran pers, menambahkan, “Data Webb ini akan membantu para ilmuwan memahami mekanisme misterius saat ini. .”