POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gambar teleskop surya mengungkapkan permukaan matahari tidak seperti sebelumnya

NSF/AURA/NSO

Sebuah mosaik gambar matahari baru dan belum pernah terjadi sebelumnya ditangkap oleh Teleskop Surya Inouye selama tahun pertama operasinya.

Catatan Editor: Mendaftar untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita penemuan menakjubkan, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Gambar baru dari permukaan matahari yang diambil oleh teleskop surya berbasis Bumi yang kuat mengungkapkan bintik matahari dan fitur lainnya dalam detail yang belum pernah terjadi sebelumnya.

delapan gambar, Dirilis 19 Meidiambil dengan National Science Foundation’s Daniel K. Teleskop matahari Inoueteleskop 4 meter (13,1 kaki) yang terletak di pulau Maui, Hawaii.

meskipun Matahari menjadi semakin aktif Saat matahari mendekati maksimum pada Juli 2025 – puncak siklus 11 tahun matahari – gambar menunjukkan aspek permukaan matahari yang lebih tenang.

Bintik matahari yang gelap dan dingin tersebar di fotosfer, atau permukaan matahari yang medan magnetnya kuat, dan bisa berukuran sebesar Bumi atau lebih besar. Gugus bintik matahari adalah penyebab semburan matahari dan lontaran massa koronal – ketika plasma dan bagian dari medan magnet terpisah dari atmosfer terluar matahari, atau korona, dan mengalir melalui tata surya.

Letusan energik dari Matahari ini dapat memengaruhi komunikasi satelit Bumi.

Daerah bintik matahari yang ditunjukkan pada gambar dipelajari secara kontras. Plasma yang terang dan panas mengalir ke atas di permukaan Matahari, sedangkan plasma yang lebih gelap dan lebih dingin mengalir keluar. Di kromosfer, lapisan atmosfer di atas permukaan, struktur seperti benang mengungkap keberadaan medan magnet.

Struktur halus dan detail, termasuk titik bercahaya yang terletak di tempat dengan medan magnet terkuat, dapat dilihat pada bintik matahari yang gelap. Filamen cerah berasal dari medan magnet yang disebut filamen penumbra, yang menghantarkan panas, mengelilingi bintik matahari.

READ  Penampakan rover NASA memperbarui kekhawatiran atas puing-puing luar angkasa manusia | Mars

NSF/AURA/NSO

Titik dan filamen bersinar di dalam dan di sekitar bintik matahari.

Gambar lain menunjukkan bintik matahari yang telah kehilangan sebagian besar wilayah sekitarnya, atau penumbra, yang tampak menghilang. Para peneliti percaya bahwa fragmen yang tersisa bisa menjadi titik akhir evolusi bintik matahari, sebelum menghilang.

NSF/AURA/NSO

Teleskop menangkap gambar yang diyakini para ilmuwan sebagai bintik matahari yang membusuk.

Teleskop Surya Inouye juga mengamati “jembatan cahaya”, fitur matahari terang yang membentang di wilayah tergelap bintik matahari. Struktur kompleks ini dapat bervariasi dalam tampilannya, tetapi para ilmuwan yakin jembatan foto dapat menunjukkan bahwa bintik matahari akan membusuk. Pengamatan di masa depan dapat memberikan lebih banyak data tentang pembentukan dan signifikansi jembatan optik.

NSF/AURA/NSO

Sebuah jembatan cahaya dapat terlihat memanjang melintasi bintik matahari yang gelap.

Gambar yang diambil selama setahun terakhir adalah di antara beberapa pengamatan pertama menggunakan teleskop surya berbasis darat terbesar dan terkuat di dunia selama fase komisioning, menurut National Science Foundation. Menurut badan tersebut, teleskop saat ini sedang diangkat ke kapasitas operasional penuhnya.

Para ilmuwan berharap kemampuan teleskop akan memungkinkan mereka menjawab pertanyaan kunci tentang matahari, termasuk asal usul badai matahari, serta mengungkap seluk-beluk medan magnetnya.

Teleskop ini dirancang untuk melakukan pengukuran terus menerus terhadap medan magnet di korona matahari dan untuk memberikan gambar atmosfer matahari yang belum pernah ada sebelumnya. Dibandingkan dengan kemampuan pencitraan dari observatorium lain, Inouye dapat menangkap fitur matahari tiga kali lebih kecil.

Disebut data matahari dari Inouye Solar Telescope, serta dua misi luar angkasa Probe surya dan probe surya Parkerdapat membantu mengungkap beberapa misteri matahari abadi — semuanya sambil memberikan pemandangan menakjubkan bintang kita sendiri dalam cahaya baru.

READ  Komet hijau telah melewati Bumi untuk pertama kalinya sejak Zaman Batu