POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gaji CEO teknologi mungkin menghadapi kemarahan investor

Pemegang saham di beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia akan memberikan suara minggu depan tentang kompensasi untuk eksekutif puncak, karena layanan penasihat influencer mendesak mereka untuk berjuang dengan gaji yang besar.

Pemungutan suara “Say on Pay” dijadwalkan pada hari Rabu di Amazon.com Inc. AMZN,
+ 0,19%Dan
Perusahaan induk dari Facebook Meta Platforms Inc. FB,
-0,49%
dan Twitter Inc. TWTR,
+ 1,19%Dan
Sebagai bagian dari rapat pemegang saham tahunan perusahaan-perusahaan tersebut. Pemungutan suara bersifat nasihat dan tidak mengikat, tetapi memberi investor kesempatan untuk mengungkapkan perasaan mereka tentang gaji CEO di beberapa perusahaan teknologi paling populer di dunia, yang telah mereka lakukan musim agen ini.

Sekitar 66% dari Intel Corp. INTC,
-0,80%
Para pemegang saham memberikan suara menentang struktur gaji eksekutif pembuat chip minggu lalu, termasuk kompensasi $ 178 juta untuk CEO Pat Gelsinger, menurut sebuah laporan dengan Securities and Exchange Commission minggu ini. Investor di perusahaan teknologi lain yang ingin berbicara menentang kompensasi eksekutif besar-besaran didukung oleh perusahaan penasihat pemegang saham, Layanan Pemegang Saham Institusional, atau ISS, dan Glass Lewis, keduanya mendesak investor Amazon untuk memilih menentang program kompensasi eksekutif perusahaan, kata CEO. gaji tidak sesuai dengan kinerja.

Andy Gacy, CEO baru Amazon, yang dipromosikan tahun lalu setelah pendiri Jeff Bezos mengundurkan diri sebagai CEO, menerima hibah saham $214 juta. Beasiswa Jassy Securities berlangsung selama 10 tahun, dimulai pada 2023, tetapi ISS mencatat dalam surat kuasanya bahwa program kompensasi perusahaan sepenuhnya berbasis waktu, tidak memiliki standar kinerja yang telah ditentukan sebelumnya, dan tidak jelas apakah Jassy akan melanjutkan. untuk menerima hadiah ekuitas tambahan selama dekade berikutnya.

READ  Pemimpin teknologi India mendesak adopsi cryptocurrency sebagai kelas aset

“Para kontributor harus memperhatikan pemisahan gaji dan kinerja tahun ini yang didorong oleh penghargaan satu kali pada tahun 2021, termasuk hibah besar-besaran $214 juta kepada CEO baru,” tulis Glass Lewis dalam laporan penelitian agensinya.

Mulai tahun lalu: Investor Amazon menolak undangan dana pensiun New York untuk mengaudit saham etnis

Perusahaan konsultan juga menyatakan keprihatinan tentang pemberian saham kepada eksekutif Amazon lainnya, CEO konsumen global David Clark (hampir $57 juta) dan CEO Amazon Web Services Adam Selipsky (hampir $82 juta).

Dalam agennya, Amazon mengatakan telah menjelaskan filosofinya kepada investor untuk mengikat gaji eksekutif dengan kinerja jangka panjang. Perusahaan mengatakan “minoritas kecil investor” tidak setuju dengan pendekatannya.

ISS juga merekomendasikan agar investor memberikan suara menentang program kompensasi eksekutif perusahaan induk Facebook, dengan mengatakan bahwa Meta tampaknya menetapkan kompensasi atas kebijaksanaan komite dewan; bahwa program insentifnya tidak memiliki ukuran objektif dan target kuantitatif; dan bahwa eksekutif lain yang ditunjuk “menerima penghargaan saham yang sangat besar yang tidak memiliki standar prestasi kinerja.”

ISS lebih lanjut menyatakan bahwa biaya keamanan untuk eksekutif puncak perusahaan, CEO Mark Zuckerberg ($25,3 juta pada tahun 2020; $26,8 juta pada tahun 2021) dan COO Sheryl Sandberg ($8,5 juta pada tahun 2020; $11,3 juta pada tahun 2021), “Sangat besar.” Dan terus meningkat. Zuckerberg memperoleh gaji $ 1 pada tahun 2021 dan satu-satunya kompensasi lain yang disertakan untuknya adalah biaya keamanan, yang termasuk tunjangan $ 10 juta untuk keamanan pribadi yang dapat dia gunakan sesuai keinginannya ditambah $ 15,2 juta untuk biaya keamanan perusahaan. Kompensasi Sandberg untuk tahun 2021 adalah $ 35,3 juta, yang mencakup sekitar $ 1 juta bonus, $ 850.000 bonus, dan $ 22,2 juta kompensasi saham.

READ  Cara menonton Louisiana Tech vs. UTSA: Streaming langsung, saluran TV, NCAA Football waktu mulai pada hari Sabtu

Meta mengatakan dalam agennya bahwa praktiknya berkisar pada pembayaran untuk kinerja. Perusahaan juga mengatakan bahwa biaya keamanan untuk eksekutif senior diperlukan karena profil mereka yang tinggi, dan biaya perjalanan untuk Zuckerberg dan Sandberg lebih tinggi pada tahun 2021 karena peningkatan perjalanan pribadi dan biaya yang lebih tinggi untuk personel keamanan.

LIHAT JUGA: Uber dan Lyft menghadapi tekanan pemegang saham untuk mengungkapkan berapa banyak yang mereka habiskan untuk memperjuangkan undang-undang perburuhan baru

ISS dan Glass Lewis juga merekomendasikan agar investor memberikan suara menentang program bonus eksekutif Twitter – meskipun perusahaan memiliki kesepakatan yang tertunda untuk diambil alih oleh Tesla Inc. TSLA,
-0,05%
CEO Elon Musk yang dapat mengemukakan suara atau tindakan apa pun dari pemegang saham dalam rapat.

Kedua perusahaan konsultan telah menyatakan keprihatinan tentang hibah satu kali $ 12,5 juta yang diberikan kepada CEO Twitter baru Parag Agrawal, yang mengambil alih pada November, untuk menggantikan Jack Dorsey. ISS mencatat bahwa hibah ekuitas berbasis waktu dan tidak berbasis kinerja.

Selain itu, kedua perusahaan melaporkan bahwa Agrawal dianugerahi hibah $ 12,5 juta lainnya yang tampaknya berbasis insentif, bersama dengan tunjangan tahunan $ 1 juta. Glass Lewis mengatakan dalam makalah agennya bahwa meskipun mengakui bahwa pemisahan antara gaji dan kinerja dapat dipengaruhi oleh transisi CEO, “mengingat nilai penghargaan yang diberikan dan dampaknya terhadap keseluruhan kompensasi yang diberikan untuk tahun 2021, kami tetap prihatin dengan pembayaran perusahaan. praktik.”

setara diperkirakan Agrawal itu akan mendapatkan $42 juta jika dihentikan dalam waktu satu tahun setelah mengubah kendali Twitter.

Dalam proksinya, Twitter mempromosikan program kompensasi eksekutif “yang dirancang untuk menghubungkan hasil penghargaan dengan pencapaian hasil dan kinerja keuangan, serta pengembalian bagi pemegang saham kami.”

READ  SFP Tech aktif, naik di pasar ACE untuk pertama kalinya

Lihat juga: Elon Musk, Jeff Bezos, dan miliarder top lainnya kehilangan hampir $200 miliar pada tahun 2022

Investor juga menentang paket gaji di luar sektor teknologi. Hanya 31% dari JPMorgan Chase & Co.
-1,48%
Investor memilih mendukung program kompensasi eksekutif perusahaan minggu ini, menurut transkrip pertemuan tahunannya. Total kompensasi CEO Jamie Dimon untuk tahun 2021 adalah $84,4 juta, yang termasuk penghargaan opsi $52,6 juta yang dibingkai sebagai “bonus retensi.”

Itu Jurnal Wall Street Dilaporkan minggu ini bahwa, menurut Equilar, sejauh ini, 23 perusahaan di musim proxy ini di S&P 500 telah melihat kurang dari 70% dukungan untuk program kompensasi eksekutif mereka.

Dieter Weisinger adalah direktur eksekutif grup investasi SOC, yang bertujuan, antara lain, meminta pertanggungjawaban perusahaan atas kelebihan pembayaran eksekutif. Dia mengatakan SoC menganjurkan perpindahan dari insentif berbasis kinerja, “yang dapat dengan mudah dimanipulasi, dan sebagai gantinya kembali ke model penghargaan yang memberi waktu untuk nilai penuh.” Dia juga mengatakan anggota komite remunerasi dewan perusahaan harus bertanggung jawab “ketika jelas bahwa dewan mendukung paket gaji CEO yang tidak dapat dibenarkan.”