POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

G20 memberikan manfaat Rp1,7 triliun bagi sektor UMKM di Indonesia

G20 di Indonesia berpotensi menciptakan 33.000 lapangan kerja baru dengan nilai konsumsi Rp1,7 triliun.

JAKARTA (ANTARA) – Kepresidenan G20 Indonesia yang akan menguntungkan UMKM mulai 1 Desember 2021 hingga 31 November 2022 akan mendapatkan konsumsi domestik, koperasi dan usaha kecil menengah (UMKM) sebesar Rp1,7 triliun, kata Teden Mastuki.

“G20 di Indonesia memiliki kapasitas untuk menciptakan 33.000 lapangan kerja baru, dengan nilai konsumsi Rp1,7 triliun,” kata Masduki dalam keterangannya, Kamis.

Diketahui Indonesia akan menjadi tuan rumah konferensi G20 dengan 150 acara termasuk 49 acara besar dan 111 kegiatan tambahan atau acara sampingan lainnya.

Sebanyak 20.988 delegasi akan berkunjung ke Indonesia bersama staf atau anggota keluarganya. Jumlah itu diproyeksikan mencapai 41.976 dan 83.952 calon pengunjung di Indonesia.

Berita Terkait: Indonesia harus mendorong investasi untuk petani kecil di G20

Untuk mendukung implementasi G20, Mastuki telah mengeluarkan mandat (SK) untuk menyusun Presidentcy Plan G20 Indonesia 2022 dan Komite Fungsi Kementerian Koperasi dan UMKM.

Panel ini dirancang untuk meningkatkan peran kemitraan dan UMKM Indonesia dalam mengimplementasikan kepemimpinan G20, tegasnya.

“Kami akan memastikan bahwa kepresidenan kami di G20 menguntungkan UMKM Indonesia,” katanya.

Panel tersebut akan membahas acara sembilan halaman G20, yang diprakarsai oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

Berita Terkait: Indonesia Promosikan Penanganan COVID-19 dalam Kepresidenan G20

Untuk Sinergi dan Kerjasama, G20 berfokus pada pemetaan peran dan sinkronisitas hubungan pemangku kepentingan terkait dengan partisipasi koperasi dan UMKM.

Terakhir, Kementerian menangani integrasi produk dan merchandise UMKM atau produk dan koperasi yang terlibat dalam bisnis perhotelan atau jasa, dengan fokus khusus menangani karantina dan keberadaan produk UMKM Indonesia di G20.

READ  Perebutan kembali apartemen milik Singapura di Badam

“Kami memulai kerjasama dengan pihak terkait untuk menyediakan suvenir resmi G20 produksi UMKM terbaik Indonesia yang dikelola Kementerian,” pungkasnya.

Berita Terkait: G20pedia diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang pengelompokan global

Berita Terkait: Kecepatan G20 untuk membangun PLTN Indonesia: Penonton