POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

G20 meluncurkan dana pandemi global untuk menghindari terulangnya pandemi Covid

G20 meluncurkan dana pandemi global untuk menghindari terulangnya pandemi Covid

Sekelompok 20 negara telah mengumpulkan $ 1,4 miliar untuk dana kesehatan pandemi global untuk menghindari terulangnya wabah Covid-19, yang telah menewaskan lebih dari 6,6 juta orang dan melumpuhkan ekonomi global.

Bank Dunia akan mengelola dana tersebut untuk mendapatkan komitmen dari lebih dari 20 donor negara, termasuk Bill & Melinda Gates Foundation dan Rockefeller Foundation, untuk membantu mencegah dan mengatasi epidemi di masa depan di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Lebih banyak janji ditunggu.

“Jumlah yang terkumpul sejauh ini baru angka awal,” kata Sri Muliani Indravati, menteri keuangan Indonesia dan ketua KTT G-20 tahun ini. “Kebutuhannya diperkirakan mencapai $31 miliar, tetapi itu tidak akan menjadi satu-satunya alat yang terkait dengan kesiapsiagaan sistem kesehatan.”

Dengan kekurangan hingga $16 miliar, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, negara-negara G-20 mulai menyiapkan dana tahun lalu di bawah presiden Italia ketika negara-negara berjuang untuk menemukan cukup uang untuk memerangi pandemi.

Tiga tahun setelah merebaknya Covid-19, ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu mendorong pemerataan akses infrastruktur kesehatan global dengan menjadikannya prioritas pada pertemuan G-20 tahun ini. Ini termasuk membuat negara-negara menyelaraskan protokol kesehatan dan mendistribusikan penelitian dan kapasitas produksi untuk produk medis.

“Ini akan menjadi titik awal untuk menunjukkan kepada dunia bahwa G20 dapat menghasilkan tindakan nyata yang dapat berdampak global,” kata Indravati, Minggu saat peluncuran dana di Bali.


Biden: Jangan mencari konfrontasi dengan China

Presiden AS Joe Biden akan menjelaskan bahwa negaranya tidak mencari konfrontasi apa pun selama pertemuan bilateralnya dengan Presiden China Xi Jinping di Indonesia, kata seorang pejabat Gedung Putih. Kedua pemimpin akan bertemu di Bali minggu ini di sela-sela KTT G20 untuk pertemuan tatap muka pertama mereka sejak Januari 2021.


Rusia menolak fokus G20 pada keamanan

Rusia pada hari Minggu meminta G20 untuk berhenti berbicara tentang keamanan dan fokus pada masalah sosial-ekonomi paling mendesak di dunia menjelang KTT. Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, “Pada dasarnya penting bahwa G20 berfokus pada upaya nyata daripada ancaman imajiner.


CEO FTX Kuis Polisi; Misterinya keluar

Sam Bankman-Fried’s diwawancarai oleh polisi dan regulator Bahama, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Sekitar $662 juta token secara misterius meninggalkan bursa internasional dan AS FTX.

FTX mulai memindahkan beberapa asetnya ke dompet offline, kemudian mempercepat langkah tersebut untuk “mengurangi kerusakan dengan memantau transaksi yang tidak sah,” kata Ryan Miller, penasihat umum platform AS.

FTX Trading International hanya memiliki aset likuid $900 juta terhadap kewajiban $9 miliar pada hari Kamis, menurut materi investasi yang dilihat oleh The Financial Times.

Kepala eksekutif Alameda Research dan pejabat senior FTX mengatakan FTX meminjamkan uang kliennya ke Alameda untuk membantu memenuhi kewajibannya, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut.

READ  Papenas meyakini angka kemiskinan tidak dipengaruhi oleh harga beras