POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

G20 akan datang ke G20, kata penasihat presiden Indonesia

G20 akan datang ke G20, kata penasihat presiden Indonesia

Xi Jinping dan Vladimir Putin Seorang penasihat presiden Indonesia telah mengatakan bahwa dia akan menghadiri KTT G20 di pulau resor Bali pada bulan November.

Andy Widjajanto – penasihat tidak resmi Presiden Joko “Jokowi” Widodo – mengatakan kepada Reuters bahwa para pemimpin China dan Rusia akan hadir.

Pada hari Kamis, Widodo mengatakan kepada Bloomberg News bahwa kedua pemimpin telah berjanji kepadanya. Pejabat kepresidenan Indonesia tidak menanggapi permintaan untuk mengkonfirmasi laporan tersebut.

Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters. Seorang juru bicara Kremlin menolak berkomentar kepada Bloomberg, tetapi pejabat lain yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada kantor berita bahwa Putin berencana untuk hadir.

Perjalanan ini akan menjadi penting karena ini akan menjadi pertama kalinya G di luar negeri Cina Sejak Januari 2020, saat berkunjung ke Myanmar. Sejak itu, Xi melakukan perjalanan satu-satunya di luar daratan China pada 30 Juni, mengunjungi Hong Kong untuk menandai peringatan 25 tahun penyerahan Hong Kong dari kendali Inggris.

China mempertahankan kebijakan nol-covid, yang telah menutup perbatasannya untuk perjalanan internasional.

Xi secara luas diperkirakan akan mengamankan jabatan kepemimpinan ketiga yang memecahkan preseden selama kongres Partai Komunis yang berkuasa yang dijadwalkan untuk musim gugur utara ini, sebelum ia melakukan perjalanan ke Bali pada pertengahan November. G20 kerumunan

Tidak ada tanggal untuk kongres partai yang diumumkan, tetapi dua kongres terakhir diadakan pada akhir Oktober dan awal November.

Pejabat China juga dilaporkan membuat rencana untuk pertemuan November di Asia Tenggara antara Xi dan Joe Biden. Presiden AS diperkirakan akan menghadiri KTT G20 di Bali.

Sebagai ketua G20 tahun ini, Indonesia menghadapi tekanan dari Barat untuk menarik undangannya kepada Putin atas agresi Rusia di Ukraina.

READ  Perjuangan "Pablo" Putra untuk mempresentasikan karyanya di Galeri Nasional

Indonesia juga mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Widodo telah berusaha memposisikan dirinya sebagai mediator, dan dalam beberapa bulan terakhir telah bertemu dengan presiden Ukraina dan Rusia untuk menyerukan diakhirinya perang dan mencari cara untuk meredakan krisis pangan global.

Minggu ini, Widodo mengatakan kedua negara menerima Indonesia sebagai “jembatan perdamaian”.