POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Foto web ‘Menakjubkan’ mengungkapkan rahasia kelahiran bintang

Mendaftar untuk buletin Teori Keajaiban CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menakjubkan, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Gambar “menakjubkan” dari pembibitan bintang di Nebula Orion yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb mengungkapkan detail rumit tentang bagaimana bintang dan sistem planet terbentuk.

Gambar-gambar yang diterbitkan pada hari Senin, menjelaskan lingkungan yang mirip dengan tata surya kita ketika terbentuk lebih dari 4,5 miliar tahun yang lalu. Mengamati Nebula Orion akan membantu para astronom lebih memahami apa yang terjadi selama jutaan tahun pertama tanggal tersebut Evolusi planet galaksi Bima Sakti, kata seorang astrofisikawan di Western Els University Peters dalam siaran pers.

“Kami terpesona oleh gambar menakjubkan Nebula Orion. Kami memulai proyek ini pada tahun 2017, jadi kami telah menunggu lebih dari lima tahun untuk mendapatkan data ini.

“Pengamatan baru ini memungkinkan kita untuk lebih memahami bagaimana bintang masif mengubah awan gas dan debu tempat mereka dilahirkan,” tambah Peters.

Inti dari pembibitan bintang seperti Nebula Orion dikaburkan oleh sejumlah besar debu bintang, sehingga mustahil untuk mempelajari apa yang terjadi di dalam dengan instrumen seperti Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang terutama bergantung pada cahaya tampak.

Namun, Webb mendeteksi cahaya inframerah alam semesta, yang memungkinkan pengamat melihat lapisan debu ini, Pernyataan itu mengungkapkan peristiwa yang terjadi jauh di dalam Nebula Orion. Gambar tersebut adalah yang paling detail dan jelas yang pernah diambil dari nebula – terletak di konstelasi Orion sekitar 1.350 tahun cahaya dari Bumi – dan tampilan terbaru dari Teleskop Webb, yang mulai beroperasi pada Juli.

“Mengamati Nebula Orion telah menjadi tantangan karena terlalu terang untuk perangkat sensitif Webb yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata ilmuwan peneliti Olivier Perni dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis di CNRS.

Gambar baru mengungkapkan banyak struktur di dalam nebula, termasuk Proplyds – protobintang pusat yang dikelilingi oleh piringan debu dan gas tempat planet terbentuk.

“Kami tidak pernah dapat melihat detail yang rumit tentang bagaimana materi antarbintang terbentuk di lingkungan ini, dan mempelajari bagaimana sistem planet dapat terbentuk dengan adanya radiasi yang keras ini. Gambar-gambar ini mengungkapkan bahwa pada warisan antarbintang dalam sistem planet .

Juga terlihat jelas di jantung Nebula Orion adalah sekelompok trapesium bintang muda yang masif yang membentuk awan debu dan gas dengan radiasi ultraviolet yang kuat, menurut rilis berita. Pahami bagaimana radiasi ini memengaruhi kluster Lingkungan adalah kunci untuk memahami komposisi sistem bintang.

“Bintang-bintang muda yang masif memancarkan radiasi ultraviolet dalam jumlah besar langsung ke awan asli yang masih mengelilinginya, dan ini mengubah bentuk fisik awan serta komposisi kimianya. Belum diketahui seberapa akurat ini, dan bagaimana hal itu terjadi. mempengaruhi pembentukan bintang dan planet lebih jauh.”

Gambar akan dipelajari oleh kolaborasi internasional lebih dari 100 ilmuwan di 18 negara Dikenal sebagai PDRs4All.

READ  Kasus pelanggaran, variabel delta: Pembaruan COVID-19 untuk Massachusetts