POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Forum Air Dunia ke-10 kemenangan diplomatis bagi Indonesia: Menteri

Forum Air Dunia ke-10 kemenangan diplomatis bagi Indonesia: Menteri

Denpasar, Bali (ANTARA) – Menjadi tuan rumah Forum Air Dunia ke-10 merupakan keberhasilan diplomasi bagi Indonesia dan penyelenggaraan tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

“(World Water Forum ke-10) merupakan kemenangan diplomasi Indonesia di kancah internasional pengelolaan air,” ujarnya usai menghadiri upacara Sekara Kirti (pemurnian air) di Jakarta, Sabtu.

Forum tahun ini akan berbeda karena agenda pertama setelah upacara pembukaan adalah pertemuan puncak. Menkeu menegaskan, lima edisi WWF sebelumnya yang dihadirinya diawali dengan forum kelompok setelah upacara pembukaan.

“Kita akan adakan KTT. Ada 11 kepala negara (yang ikut KTT). Setelah upacara pembukaan, KTT akan dipimpin oleh Presiden,” ujarnya.

Dalam KTT tersebut, Presiden Joko Widodo akan mendengarkan pandangan seluruh anggota KTT mengenai pengelolaan sumber daya air, kata Hadimuljono.

Selain itu, salah satu keluaran Forum adalah Deklarasi Menteri. Menlu menegaskan, deklarasi yang disusun dengan bantuan UNESCO ini merupakan hasil kerja keras Kementerian Luar Negeri RI.

Ia menambahkan, deklarasi menteri tersebut juga akan memuat serangkaian komitmen yang dapat diberikan dalam lampirannya.

Hadimuljono mengatakan dalam forum Indonesia bahwa Center of Excellence for Water and Climate Resilience (COE), standarisasi Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (IWRM) dan Deklarasi Global bertujuan untuk mendorong tercapainya kesepakatan. Hari Danau.

“Kami juga akan melihat beberapa MoU yang ditandatangani, termasuk hibah atau proyek baru,” tambahnya.

Forum Air Dunia ke-10, bertema “Air untuk Kemakmuran Bersama,” akan mencakup empat bidang: ketahanan air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam. Forum Internasional akan dibuka pada Senin (20 Mei 2024). (INE)

Berita Terkait: Ritual Sekara Kirti Bukti Masyarakat Indonesia Peduli Lingkungan
Berita terkait: Forum Air Dunia: 2.500 delegasi berpartisipasi dalam upacara pemurnian air
Berita Terkait: Tujuh kapal Angkatan Laut dikerahkan untuk menjaga Forum Air Dunia ke-10

READ  Lima kesepakatan dicapai pada AEM ke-55: Menteri Perdagangan RI