POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

FOMO-Fueled Tech Rally bergerak agresif di atas tumpukan peringatan pendapatan

FOMO-Fueled Tech Rally bergerak agresif di atas tumpukan peringatan pendapatan

(Bloomberg) — Penghasilan untuk perusahaan teknologi terkenal minggu lalu berkisar dari tidak menarik hingga benar-benar bencana. Tapi itu tidak menghentikan para pedagang untuk mengumpulkan stok teknologi menjelang ranjau darat yang lebih potensial.

Hampir di mana pun Anda melihat di pasar saham, rasa takut memudar.

Indeks saham Nasdaq 100 berada di jalur Januari terbaik sejak 1999 meskipun ada tanda-tanda peringatan dari perusahaan seperti Microsoft Corp. dan Intel Corp. Dan kenaikan suku bunga lain yang diharapkan dari Federal Reserve. Indeks volatilitas Cboe jatuh dalam jarak dekat dari level terendah 10 bulan pada hari Jumat, menunjukkan berkurangnya kekhawatiran di pasar. Sementara itu, perdagangan opsi pada mata uang raksasa minggu lalu menunjukkan bahwa permintaan tidak melonjak untuk melindungi dari penjualan.

“Ini adalah pasar yang digerakkan oleh investor di mana orang ingin melihat gelas setengah penuh,” kata Lisa Shalit, kepala investasi di Morgan Stanley Wealth Management, dalam wawancara dengan Bloomberg Television pada hari Jumat. “Mereka ingin melihat kabar buruk dan berharap untuk hari yang lebih baik.”

Apple Inc. dijadwalkan untuk mengumumkan dan Alphabet Inc. Dan Amazon.com melaporkan pendapatannya pada hari Kamis, setelah seminggu penuh dengan hasil yang meresahkan. Microsoft telah memperingatkan akan memperlambat pertumbuhan penjualan dari bisnis komputasi awan Azure yang kritis. Intel melaporkan penurunan pendapatan sekitar sepertiga pada kuartal keempat tahun 2022 dan menawarkan prospek yang sama suramnya. Laba International Business Machines Corp. dirusak oleh laba yang lebih lemah dari perkiraan.

Namun, penampilan yang lemah tidak cukup untuk menghentikan Nasdaq 100 naik 4,7% untuk minggu ini, hampir dua kali lipat pengembalian S&P 500 yang lebih luas.

READ  Cara Membuat Dewan Penasihat Startup Teknologi Kesehatan - TechCrunch

“Ini adalah pemulihan yang didorong oleh momentum berdasarkan rasa takut kehilangan di awal tahun dan gagasan bahwa jeda oleh Federal Reserve akan menciptakan jenis iklim investasi yang sama seperti yang ada pada tahun 2020 dan 2021,” kata Matt. Mali, kepala strategi pasar di Miller Tabak + Co.

Federal Reserve diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada hari Rabu. Pedagang bertaruh bahwa bank sentral akan melonggarkan kondisi keuangan segera setelah menaikkan suku bunga pada laju tercepat dalam beberapa dekade untuk memerangi inflasi, dan itu akan menjadi “obat mujarab untuk segalanya,” menurut Shalit.

Namun, analis Wall Street memangkas estimasi pendapatan untuk perusahaan teknologi di tengah pertumbuhan pendapatan yang melambat karena melonjaknya permintaan untuk layanan dan perangkat digital berkurang pada awal pandemi Covid-19. Kuartal keempat diperkirakan akan mengalami penurunan pendapatan terbesar sejak 2016.

Dengan laporan dari lebih dari seperempat perusahaan di sektor TI S&P 500, sebagian besar menghasilkan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan, tetapi kehilangan pendapatan menjadi lebih sering terjadi.

Sekitar setengah dari 22 perusahaan yang telah melaporkan sejauh ini mengalahkan perkiraan pendapatan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Itu turun dari sekitar 60% segmen yang melampaui perkiraan pendapatan kuartal lalu.

Baca lebih lanjut: Penjaga saham mencari hukuman untuk orang hilang: Pengawasan dividen

Keuntungan terbaru untuk saham teknologi adalah pembalikan dari tahun lalu ketika Nasdaq 100 turun 33% dalam penurunan terburuk dalam lebih dari satu dekade. Meski naik bulan ini, indeks masih turun 27% dari rekor yang dibuat pada November 2021.

Beberapa perusahaan yang memperoleh keuntungan terbesar sepanjang tahun ini termasuk di antara pecundang terbesar di tahun 2022. Tesla Inc., Nvidia Corp., dan Netflix Inc. semuanya naik. , yang semuanya kehilangan setidaknya setengah nilainya tahun lalu, bulan ini. Sejauh ini, Tesla dan Nvidia masing-masing naik 44% dan 39%, sedangkan Netflix naik 22%.

READ  Teknologi W3BCLOUD go public dengan kesepakatan SPAC $1,25 miliar

Mali dari Miller Tabak skeptis reli dapat berlanjut jika kekecewaan terus membuahkan hasil.

“Beberapa hal lebih memberikan harapan daripada ketika pasar saham bereaksi positif terhadap serangkaian berita negatif,” kata Malley. “Tapi pada akhirnya, dasar-dasarnya tetap penting.”

– Dengan bantuan Elena Bubina.

© 2023 Bloomberg LP