POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Festival Budaya Mempesona di Nusa Penida Bali dipastikan digelar pada Oktober 2023

Festival Budaya Mempesona di Nusa Penida Bali dipastikan digelar pada Oktober 2023

Bagikan artikelnya

Bali adalah tempat yang sangat dikagumi karena warisan budayanya yang luar biasa dan sifat spiritualnya yang mendalam. Kepercayaan dan budaya masyarakat Bali merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari di pulau-pulau tersebut.

Dengan hubungan yang kuat dengan identitas budaya mereka, banyak kunjungan diketahui mendorong masyarakat Bali untuk belajar lebih banyak tentang warisan budaya mereka sendiri setelah kembali ke rumah.

Budaya Api Tari Kecak Bali.jpg

Di era baru Bali ini, wisata budaya akan menjadi komponen kunci industri perjalanan Bali, seperti yang diusulkan oleh para pemimpin setempat selama beberapa bulan terakhir.

Semua jenis wisatawan didorong untuk terlibat dan belajar tentang budaya Bali selama liburan mereka.

Baik itu mempelajari persembahan kanang sari sehari-hari, menghadiri tarian budaya tradisional, berpartisipasi dalam upacara pemberkatan air tradisional, atau mempelajari beberapa kata Bahasa Bali, pemimpin tur ingin merasakan budaya Bali yang terbaik. Dunia

@poli_karisma_holidays Explore Nusa Penida💕 Walapun Pulao Bali Peruguran Kecil Tedapi Memiliki Banyak Pantai Yang Tdak Kala Ind Tan Tendunya Memiliki Keunigan Terzendri Atala Diamond Beach Nusa Penita. 📍Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kapubaden Klungung, Bali #travelnusabenida #Trypnusaphenida #Tournusapenida #BaketNusabenida #Nusapenida #Perjalanan berkelompok #PoliWhips #Visathanusabenita #perjalanan budaya #Pontainusapenida #Kunjungi Pali #Pantai Berlian #Pantai Kelingking #atuhbeach #Pantai Rusak #Visadabali #polydriver #PoliTransportasi #politur ♬ Surat Asli – 𝓡𝓪𝓬𝓬𝓪

Dengan mengingat hal itu, Penyelenggara Festival Nusa Penida Mereka dengan gembira mengumumkan bahwa festival tahun ini akan diselenggarakan dengan kapasitas penuh untuk pertama kalinya sejak sebelum pandemi.

Festival Nusa Penida berlangsung tahun ini pada tanggal 5-7 Oktober dan menampilkan lebih dari 500 penari, pertunjukan budaya yang luar biasa, dan hiburan untuk seluruh keluarga.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati kepada wartawan pekan ini mengatakan, puncak festival Nusa Penida adalah tarian Pentate Pasepan.

READ  Umat ​​Islam Indonesia merayakan Idul Fitri dengan penuh semangat

Pertunjukan ini merupakan bentuk persembahan penyucian kepada Aida Sang Hiang Vidhi Vasa; Penari wanita mengenakan kebaya putih (blus tradisional) dan kamen (sarung) kuning sambil memegang bara api.

Pertunjukan tersebut akan menjadi salah satu dari puluhan pertunjukan tradisional dan tarian kebaktian yang berlangsung selama festival.

5 Paket Asuransi Perjalanan Terbaik untuk tahun 2023 Mulai dari $10 Seminggu

Dapatkan poin dengan mudah untuk perjalanan gratis

@kaizen_artistry Pertunjukan tari barong 🇲🇾. #BarongDanspali #Poli #Barongan ♬ Kincang Kancing, Gilak – Suara Gamelan Bali

Sulistiyavati mengatakan, “Kami sudah membentuk tim, berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan tokoh desa, serta menyiapkan solusi atas peristiwa tersebut.”

“Festival Nusa Penida meliputi hiburan musik, bersih-bersih pantai, lomba layar, dan senam sumpa. Anggarannya sekitar Rp 700 juta.

Pengunjung festival dapat menantikan pertunjukan kekak ‘megah’ yang dibawakan oleh beberapa seniman budaya terbaik provinsi ini.

Tari Kecak merupakan salah satu tarian tradisional Bali yang paling populer dan menceritakan kisah Ramayana.

Tari Kekak juga populer dengan sebutan tari api Pali dan pertunjukan ini menggambarkan kisah cinta Rama dan Sita serta kemenangan kebaikan atas kejahatan.

@zarifnash Tari Kecak populer di Pantai Melasti Bali. . . . . . . . #melasticbeach #Stunning Beachinbali #Poli #balindonesia #Polikultura ##Indonesia Luar Biasa #BezonIndonesia #Tempat yang indah ♬ Suara Asli – Zarif Nasharuddin

Wisatawan tidak perlu menunggu untuk melihat pertunjukan Kecak di Festival Nusa Penida jika tanggalnya tidak bertepatan dengan liburannya.

Setiap minggunya ada lusinan pertunjukan kue di seluruh pulau.

Tari Kecak paling terkenal di Bali diadakan di Amphitheatre Pura Uluwatu dan merupakan acara yang sungguh memukau. Tarian ini dibawakan setelah matahari terbenam menghadap Samudera Hindia.

Tarian ini sering disebut-sebut sebagai salah satu daya tarik budaya dari perjalanan ke Bali dan pastinya harus ada dalam daftar keinginan semua orang di Bali!

READ  Menteri Pertanian membantah tudingan kegagalan food estate
Ribuan Wisatawan-Bali-Outdoor-Teater-Untuk-Menonton-Tarian-Kesek-Tradisional

Wisatawan yang merencanakan perjalanan mereka ke Bali akan menyadari bahwa dewan pariwisata dan organisasi pariwisata lainnya akan mempromosikan pengalaman wisata budaya selama beberapa bulan ke depan.

Hal ini mencakup segala hal mulai dari mengunjungi pura dan situs spiritual hingga umat Hindu Bali, mencoba masakan tradisional Bali dan Indonesia seperti nasi goreng atau papi kuling Bali klasik.

Nasi-Kampur-Makanan-Makanan-Restoran-Cafe-Bali

Beberapa tawaran wisata budaya unggulan di Bali antara lain kunjungan ke Teras Sawah Tellalkang.

Selama kunjungannya, wisatawan tidak hanya berkesempatan menikmati pemandangan pertanian yang indah, namun juga belajar tentang bagaimana padi ditanam dan bagaimana masyarakat Bali hidup dan bekerja selaras dengan tanahnya.

Pengalaman budaya lain yang dapat dilakukan di Bali adalah mengunjungi pura. Kuil yang populer termasuk Pura Saraswati di pusat Ubud, terletak dekat Istana Ubud.

Pura Saraswati di Ubud-Bali

Serta Pura Theertha Embul yang terkenal dengan upacara pemberkatan airnya, dan Pura Soka Kahyangan Luhur Lempuyang yang dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Pintu Gerbang Menuju Surga.

Para pemimpin pariwisata telah mengembangkan serangkaian pedoman untuk membantu wisatawan mengetahui bagaimana berperilaku penuh hormat saat mengunjungi landmark budaya di pulau tersebut. Daftar hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dapat ditemukan di bandara Bali dan di papan reklame di sekitar pulau.