POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Falcon 9 menghadapi badai petir di Florida pada hari Minggu dalam upaya peluncuran keduanya – Spaceflight Now

Falcon 9 menghadapi badai petir di Florida pada hari Minggu dalam upaya peluncuran keduanya – Spaceflight Now

SpaceX akan melakukan upaya lain untuk meluncurkan roket Falcon 9 dari Cape Canaveral setelah badai petir menunda misi pada hari Sabtu. Roket yang membawa 22 satelit Starlink generasi kedua sekarang dijadwalkan lepas landas pada pukul 19:09 EST (2309 UTC) tetapi cuaca kembali diperkirakan akan menjadi masalah.

Dalam perkiraan yang dikeluarkan pada hari Jumat, Skuadron Met ke-45 yang dikeluarkan pada hari Sabtu memperkirakan hanya perubahan 30 persen dalam kondisi yang dapat diterima ketika jendela peluncuran dibuka pada hari Minggu, tetapi itu meningkat menjadi 75 persen pada akhir jendela. Setelah waktu peluncuran awal, ada tiga peluang cadangan pada 20:50 EST (0050 UTC), 21:41 EST (0141 UTC), dan 22:31 EST (0231 UTC).

Pada Sabtu malam, SpaceX berulang kali menunda tanggal peluncurannya karena badai petir menghantam pantai luar angkasa Florida. Saya akhirnya menargetkan satu titik 10 detik sebelum akhir jendela peluncuran hari ini pada pukul 23:03:50 EST (0303:50 UTC pada hari Minggu). Tim darat memulai proses pengisian bahan bakar otomatis Falcon 9 tetapi direktur peluncuran meminta scrub sekitar 14 menit sebelum jam hitung mundur.

Setelah lepas landas dari Space Launch Complex 40, Falcon 9 akan mengarah ke tenggara, mengarah ke orbit dengan kemiringan 43 derajat ke ekuator. Setelah berpisah dari tahap kedua sekitar dua setengah menit setelah penerbangan, booster akan menurunkan daya untuk mendarat di kapal drone Just Read the Instructions, yang akan ditempatkan di Samudra Atlantik di sebelah timur Bahama.

Ini akan menjadi penerbangan keenam dari tahap pertama booster, nomor ekor 1076, yang meluncurkan misi CRS-26, OneWeb Launch 16 dan Intelsat IS-40e. Saya juga menyelesaikan dua pengiriman Starlink sebelumnya.

READ  Penjelajah Mars China menemukan tanda-tanda bencana banjir

Dibutuhkan dua pembakar tahap kedua untuk menempatkan satelit ke orbit 303 x 294 km yang diperlukan. Ini dijadwalkan untuk memisahkan 22 satelit hanya satu jam setelah penerbangan.

File foto satelit Mini Starlink V2 SpaceX di dalam Fasilitas Pemrosesan Muatan di Cape Canaveral. Gambar: SpaceX

Ini akan menjadi peluncuran ketujuh dari apa yang disebut satelit mini V2, yang lebih besar dan memiliki bandwidth empat kali lipat dari model sebelumnya. Satelit Starlink V2 ukuran penuh dijadwalkan akan diluncurkan oleh kendaraan Starship SpaceX yang dapat digunakan kembali sepenuhnya, tetapi kemunculan Starship yang tertunda telah menyebabkan SpaceX membuat versi satelit yang dipadatkan sehingga dapat diluncurkan di Falcon 9.

Menurut statistik yang dikumpulkan oleh Jonathan McDowell, seorang astronom dan pakar aktivitas luar angkasa yang dihormati secara luas, SpaceX telah meluncurkan 4.837 satelit Starlink hingga saat ini, dan jumlah satelit Starlink yang saat ini mengorbit adalah 4.497.

Pada awal Mei, SpaceX mengumumkan memiliki lebih dari 1,5 juta pelanggan Starlink. Layanan Internet perusahaan tersedia di lebih dari 56 negara.