POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Fajar baru untuk energi terarah

Fajar baru untuk energi terarah

Kita hidup di zona abu-abu dan dunia yang asimetris, di mana tindakan-tindakan koersif harus efektif terhadap musuh-musuh yang setara dan aktor-aktor non-negara.

Ukraina sebagian besar dilanda perang drone, sementara Amerika Serikat dan sekutunya berjuang untuk menyediakan senjata konvensional yang lebih mahal. Tiongkok sedang memodernisasi pasukannya dengan keganasan yang hanya sedikit orang Amerika hargai, yang mencakup kemampuan darat, udara, laut, dan ruang angkasa, serta peperangan elektronik dan informasi. Di dalam negeri, masyarakat dan infrastruktur kita menghadapi ancaman dari sistem yang dapat dilacak.

Meskipun risiko-risiko ini serius, Amerika Serikat sudah mempunyai sarana untuk mencapai perubahan bertahap dalam efektivitas dan pencegahan misi, dengan menggunakan energi terarah (didefinisikan sebagai pancaran energi elektromagnetik yang terkonsentrasi). Aplikasi militer lama sebagian besar berfokus pada gangguan komunikasi dan menghadapi hambatan untuk mencapai efek yang lebih komprehensif.

Saat ini, berkat kemajuan luar biasa dalam bidang energi terarah selama lima tahun, kita berada pada momen yang sangat penting, ketika kemampuan gelombang mikro berenergi tinggi mulai menjadi sorotan. Energi yang terarah akan menentukan era pertahanan berikutnya.

Meskipun kemampuan untuk menembak jatuh drone dengan satu pulsa sangat penting saat ini, hal ini hanya menunjukkan perubahan paradigma yang sedang terjadi. Dalam peperangan konvensional, ukuran kemampuan tertinggi adalah superioritas darat, laut, atau udara. Memiliki spektrum elektromagnetik berarti memiliki semua hal ini dan lebih banyak lagi.

Pengujian baru-baru ini telah menunjukkan kemampuan untuk menembak jatuh kawanan drone dengan presisi bedah, dan potensinya dapat diperluas hingga ratusan, bahkan ribuan drone. Hal ini mewakili sebuah langkah maju yang besar bagi militer kita, dan menunjukkan seberapa dekat Amerika Serikat dengan serangkaian penerapan HPM yang terdengar seperti fiksi ilmiah, namun masih dapat dijangkau mengingat investasi Departemen Pertahanan yang memadai:

READ  Dari Kairo yang berderit, Mesir berencana membuat lompatan teknologi tinggi di ibu kota baru

– Menonaktifkan sistem panduan rudal musuh pada jarak jauh.

– Sistem lintas udara yang dapat melucuti ribuan ranjau di wilayah yang luas.

– Sebuah rudal dapat terbang di atas konvoi, “menembakkan” puluhan ribu pulsa dan membuat kendaraan serta perangkat tidak berguna sampai mikrochipnya dapat diganti.

– Sistem pendamping satelit, yang menjadikan penargetan mereka hampir mustahil.

Jika, seperti yang ditulis B. H. Liddell Hart pada tahun 1952, “tujuan perang adalah perdamaian yang lebih baik,” energi terarah dapat mencapai hal ini dengan membuat musuh-musuh kita berada dalam kesia-siaan pra-industri.

Semua skenario di atas dapat diwujudkan berkat teknologi tercanggih yang kini terdiri dari sistem HPM yang ditentukan perangkat lunak, frekuensi cepat, dan solid-state. Kekhususan perangkat lunak menciptakan kemampuan untuk mengarahkan energi secara dinamis ke target tertentu, pada frekuensi tertentu, menggunakan kecerdasan mesin. Beamforming digital memberikan kemampuan untuk beralih antar target. HPM solid-state bersifat portabel dan cukup kokoh untuk diletakkan di permukaan datar, tanpa infrastruktur manajemen termal yang berat. Mereka membanggakan jumlah “majalah” yang tidak terbatas, akurat dalam menentukan jarak, tidak menghasilkan tanda tangan yang jelas, dan meminimalkan kerusakan tambahan. Mereka murah, cepat untuk memulai dan meningkatkan, dan hanya memerlukan sedikit energi per tindakan. Bukannya memburuk, mereka menjadi lebih pintar jika digunakan berulang kali.

Angkatan Darat membawa obor untuk mengerahkan sistem energi terarah melawan kawanan drone dan banyak ancaman lainnya. Program proteksi kebakaran tidak langsung – Microwave Berkekuatan Tinggi dan Laser Berkekuatan Tinggi membantu Anda bersiap menghadapi tugas paling penting Energi terarah Kemampuan untuk bertempur. Dia berperan penting dalam pendirian Kantor Gabungan Penanggulangan UAS di Pentagon, sementara Kantor Kemampuan Cepat dan Teknologi Kritis Angkatan Darat berupaya mempercepat pengadaan dan penerapan beberapa kategori teknologi baru. RCCTO dengan cepat meluncurkan beberapa prototipe Sistem Kontra Elektronik Leonidas, yang mencerminkan kerja bertahun-tahun para insinyur yang menggabungkan Silicon Valley dan DNA industri pertahanan.

READ  Minggu Ini di AI: Teknologi Besar Bertaruh Miliaran pada Alat Pembelajaran Mesin

Ketika kepadatan energi meningkat, kemampuan energi terarah akan terus meningkat. Penelitian dan pengembangan yang ambisius di bidang-bidang yang paling mendesak, di semua sektor, program-program yang berpikiran maju, dan mengambil tanggung jawab terhadap peradaban Barat, juga merupakan investasi yang, yang tidak terlalu jelas namun tidak kalah pentingnya, akan berlipat ganda.

Taruhannya sangat besar. Namun, visi dan kerja berkelanjutan para inovator, baik yang berseragam maupun tidak, harus memperbarui optimisme kita bahwa Amerika akan sekali lagi menciptakan kemenangan.

Joe Lonsdale adalah Managing Partner di 8VC dan salah satu pendiri Epirus, pengembang sistem energi terarah.