POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ekonomi digital adalah kunci untuk menjadikan Indonesia ekonomi utama: Thohir

Ekonomi digital adalah kunci untuk menjadikan Indonesia ekonomi utama: Thohir

Jakarta (Antara) – Pengembangan ekonomi digital sangat penting untuk menempatkan Indonesia dalam daftar sepuluh besar ekonomi global pada tahun 2045, menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara Eric Thohir.

Menkeu menyampaikan bahwa di tahun ke-76 kemerdekaannya, Indonesia harus menjaga mimpi-mimpi besarnya dengan memanfaatkan semua peluang yang ada untuk kemajuan bangsa di masa depan, terutama di seratus tahun kemerdekaan tahun 2045, dimana Indonesia diharapkan menjadi yang teratas. sepuluh ekonomi. .

“Ada banyak faktor kunci yang harus diantisipasi untuk mewujudkan mimpi besar kita, dan salah satu kuncinya adalah pengembangan ekonomi digital kita,” kata Thohir saat menghadiri Digital Festival 2022 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan ekonomi digital Indonesia memiliki potensi besar, menambahkan bahwa pada tahun 2030, potensi ekonomi digital negara diharapkan tumbuh hingga 500 triliun rupiah (US$315 miliar), jauh lebih tinggi dari pertumbuhan PDB negara (Domestik Bruto). Produk).

Berita terkait: Ekonomi digital dapat tumbuh 8 kali lebih cepat dari PDB: Zaheer

Menkeu mencatat bahwa Indonesia juga telah melalui gelombang kedua disrupsi teknologi, dengan digitalisasi yang terjadi di banyak bagian masyarakat, termasuk aspek pendidikan, kesehatan, dan keuangan.

“Ini peluang yang harus kita tingkatkan. BUMN berkomitmen mengembangkan ekosistem digital Indonesia untuk meningkatkan peluang tersebut,” kata Thohir.

Ia menjelaskan, pengembangan ekosistem digital Indonesia akan fokus pada tiga aspek: infrastruktur, keuangan, dan agregator.

Kementerian telah melakukan refocusing bisnis operator telekomunikasi milik negara Telkom, yang akan fokus pada pendekatan business-to-business melalui pengembangan instalasi data center, cloud dan jaringan 5G, dan Telkomsel, yang akan fokus pada bisnis- pendekatan to-business, katanya.

Dia menambahkan, kementerian juga meluncurkan Dana Merah Putih untuk membantu startup lokal maju sendiri sebagai perusahaan yang didirikan di Indonesia yang dioperasikan dan diperdagangkan di Indonesia.

READ  Ekspor India mencapai rekor $35,2 miliar di bulan Juli

“Telkomsel juga telah meluncurkan Indico, perusahaan digital yang akan menjadi digital aggregator dan memberikan akses pasar kepada kreator digital di sektor kesehatan, pendidikan, game, dan hiburan,” kata Thohir.

Berita terkait: Ekonomi digital akan mencapai $146 miliar pada 2025: Menteri Hartarto
Berita terkait: Pejabat keuangan APEC fokus pada keberlanjutan dan ekonomi digital