POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Djokovic tiba di Roma untuk menghadiri KTT G20

Jakarta. Presiden Joko Widodo Widodo tiba di Roma pada hari Jumat dan memulai perjalanan internasional pertamanya tahun ini, dengan puluhan pertemuan penting dengan kepala negara untuk membahas tiga negara dan rencana kesehatan, perubahan iklim dan perdagangan.

Warga tersebut akan melakukan serangkaian perjalanan ke Italia, Inggris Raya, dan Uni Emirat Arab hingga 5 November 2021.

Mendampingi Presiden Djokovic dalam penerbangan tersebut Erlanga Hardardo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Eric Tohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara, dan Sekretaris Kabinet Pramon Anung.

Presiden Djokovic menghadiri KTT G20 di Roma, Italia

“Presiden Republik Indonesia akan mengambil langkah-langkah menarik, termasuk menghadiri sesi ekonomi global dan kesehatan global,” kata Menteri Luar Negeri Redno Marsudi, Sabtu.

Selain itu, Presiden akan menghadiri acara satu halaman terkait dukungan usaha kecil menengah dan usaha milik perempuan dan secara khusus diminta menjadi pembicara. Sebelumnya, Djokovic mengatakan panggilan tersebut menunjukkan kebijakan pemerintah Indonesia dalam mendukung UMKM dan dunia mengakui peran perempuan dalam bisnis UMKM.

“Nanti Presiden akan menghadiri acara budaya dan jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh Perdana Menteri Italia,” kata Redno Marzudi.

Presiden juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan setidaknya enam pemimpin, termasuk Australia, Prancis, India, Turki, Italia, dan Bank Dunia.

“Mungkin ada beberapa perubahan lagi dalam pertemuan bilateral karena masih ada beberapa tuntutan, dan saat ini kami sedang berusaha mencocokkan jadwal presiden dan jadwal pemimpin lainnya,” katanya.

kepemimpinan G20

Djokovic mengatakan pada hari Jumat bahwa kepresidenan G20 Indonesia akan berlangsung dari 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. , Sebelum berangkat dari Jakarta.

Sebagai pemimpin G20, Indonesia akan menghadirkan agenda distribusi vaksin global yang adil dan merata.

READ  Hannover Messi 4.0 untuk mengungkap kreasi Indonesia: Menteri

“Sebagai Presiden G20 untuk tahun depan, Presiden menyerukan semua negara maju untuk bekerja sama memastikan akses yang sama terhadap vaksin COV-19 dan bersama-sama memerangi COV-19,” kata juru bicara Gubernur 19 Reiza Proto Azmoro. Jawab, Jumat.

Reisa mengatakan G20 adalah kelompok elit dari 20 negara yang menyumbang lebih dari 80 persen dari PDB atau kegiatan ekonomi dunia. Mereka mengendalikan 75 persen perdagangan dunia dan membentuk 60 persen populasi planet ini.

Dari Roma, Presiden Djokovic akan melanjutkan kunjungannya ke Glasgow, Inggris pada 1-2 November 2021 untuk menghadiri COP 26 Climate Change Summit. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan memimpin KTT, yang akan dihadiri oleh 120 kepala negara dan pemerintahan.

“Perdana Menteri Boris Johnson menelepon saya beberapa hari yang lalu untuk membahas persiapan COP26. Posisi Indonesia dalam perubahan iklim sangat konsisten dan kami bekerja keras untuk mencapai tujuan kami.”

Presiden Djokovic berkunjung ke Uni Emirat Arab untuk melihat Indonesia Expo 2020 Dubai Trade Fair.