POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dibukanya Pos Bea Cukai Baru Indonesia, Dongkrak Perekonomian Japotebek

Dibukanya Pos Bea Cukai Baru Indonesia, Dongkrak Perekonomian Japotebek

JAKARTA (Antara) – Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan Tol Simangis-Sibitung di Jawa Barat akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan perekonomian di wilayah Jabodetabek (Japotedabek).

“Jalan tol ini akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan perekonomian di daerah, sehingga berdampak positif terhadap perekonomian nasional,” ujarnya saat meresmikan jalan tol tersebut di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Ia berharap, interkoneksi Tol Simangis-Chipitung dengan jaringan tol lainnya di Jabotetabek dapat meningkatkan konektivitas regional antara Jakarta dan sekitarnya.

Jalan tol sepanjang 26,18 kilometer ini merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR). Dibangun dengan investasi sebesar Rp10,6 triliun (sekitar US$652 juta).

“Bagi kami, alun-alun tol ini akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas regional yang mendukung tujuan pembangunan nasional kita,” ujarnya.

Tol Seksi 1 menghubungkan Chimangis dan Jatikariya, Seksi 2A menghubungkan Jatikariya dan Sikes, serta Seksi 2B Sikes dan Sibitung.

Seksi 1 dan Seksi 2A masing-masing mulai beroperasi pada tahun 2020 dan 2023, sedangkan Seksi 2B dibuka pada Selasa menandai selesainya pengembangan Tol Simangis-Sibitung dan JORR 2 secara keseluruhan.

Berita terkait: Menteri mengatakan adanya gerbang tol baru di Papua meringankan biaya logistik
BERITA TERKAIT: Presiden Jokowi meresmikan Ruas Tol Beganparu-Patang

READ  Pemakan lebah pelangi adalah permata di langit musim panas