POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Di dalam Paket Peningkatan Teknologi Western Cape Cottage

Jutaan orang Afrika Selatan tinggal di gedung apartemen miskin yang banjir saat hujan dan terbakar setiap tahun.

Dapat dimengerti bahwa banyak yang terkejut ketika pemerintah Western Cape men-tweet: “Apakah Anda penduduk pemukiman informal yang ingin memperbaiki struktur bangunan rumah Anda? Proyek Better Life Challenge dari Western Cape Department of Human Settlements memberikan keterampilan dan pengetahuan membangun diri. Lihat video seri Terdiri dari 13 bagian. (Video menunjukkan pengantar tutorial tentang membangun struktur seng yang biasa terlihat di kota-kota Cape.)

Tweet itu diikuti oleh komentar yang dikejutkan oleh fakta bahwa pemerintah daerah dapat meminta agar gubuk-gubuk itu ditingkatkan.

Ini hanyalah sebagian kecil dari rencana pemerintah Cape Barat untuk mengatasi tantangan pemukiman kumuh di kabupaten itu. Apa yang dilihat semua orang hanyalah bagian dari platform teknologi yang direncanakan untuk memungkinkan peningkatan lebih lanjut dari permukiman informal.

Rencana tersebut mencakup platform yang memungkinkan orang untuk mengakses sumber pengetahuan tentang peningkatan struktur perumahan mereka.

Selain informasi, rencana tersebut bertujuan untuk menciptakan apa yang disebut DigiYard – platform digital yang memfasilitasi aliran limbah konstruksi yang dapat digunakan dan bahan bangunan berlebih dari lokasi konstruksi ke proyek pembangunan permukiman informal.

Platform ini bertujuan untuk mengurangi limbah konstruksi di tempat pembuangan sampah sekaligus memenuhi kebutuhan bahan bangunan berkualitas tinggi yang terjangkau di sektor perumahan informal.

Konsep ini dimodelkan setelah alat yang diusulkan oleh Arup, sebuah perusahaan teknik internasional. Sebuah tim konsultan di kantor Arup Cape Town telah mulai mengeksplorasi potensi alat berbasis aplikasi yang dapat membantu mengatasi masalah perumahan.

Tim peneliti memutuskan untuk mengatasi masalah tersebut dengan merancang aplikasi DigiYard, yang akan mencocokkan bahan situs konstruksi yang tidak digunakan dengan pembangun kecil dan pedagang di sektor informal.

READ  Perusahaan Vietnam setuju untuk mentransfer teknologi vaksin COVID-19 dengan Shionogi . Jepang

Aplikasi ini akan menggunakan teknologi pintar yang memudahkan dan efisien bagi pembangun di kota-kota di Afrika Selatan (dan akhirnya, di tempat lain di dunia) untuk mencari bahan berkualitas tinggi dan terjangkau yang seharusnya dibuang ke tempat pembuangan sampah. Mereka kemudian dapat mengumpulkan bahan dan membawanya ke lokasi mereka.

Platform yang direncanakan dirancang untuk digunakan oleh pembangun yang membangun struktur informal di kota-kota. Gagasan di balik rencana tersebut adalah agar para pembangun ini dapat dilengkapi dengan keterampilan membangun dan manajemen yang lebih baik untuk bangunan yang lebih baik.

Mengapa proyek inovatif seperti Better Life Challenge, yang berupaya mengatasi tantangan besar di masyarakat, ditolak?

Sebagian dari jawabannya adalah bahwa Better Life Challenge dalam bentuknya yang sekarang tidak menggerakkan masyarakat dari nol ke satu.

Dalam Zero to One, Peter Thiel menyarankan bahwa “ketika kita berpikir tentang masa depan, kita mengharapkan kemajuan di masa depan.”

“Kemajuan ini dapat mengambil dua bentuk. Kemajuan horizontal atau global berarti menyalin hal-hal yang dilakukan, dari 1 ke n. Mudah membayangkan kemajuan horizontal karena kita sudah tahu seperti apa. Kemajuan vertikal atau intens berarti melakukan hal-hal baru – pertumbuhan dari 0 hingga 1.

“Sulit membayangkan kemajuan vertikal karena memerlukan melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jika Anda mengambil satu mesin tik dan membangun 100, Anda telah membuat kemajuan horizontal. Jika Anda memiliki mesin tik dan membuat pengolah kata, Anda telah membuat kemajuan vertikal .”

Dalam kasus Better Life Challenge, apa artinya beralih dari nol menjadi satu?

Itu bisa berarti beralih dari membangun pondok yang ditingkatkan ke membangun rumah pintar. Rumah yang dibangun dengan bahan berkualitas tinggi, hemat energi dengan biaya terjangkau.

READ  T&J Teknisi: Perbaiki Mac Tidak Dapat Mengirim Email Dengan Lampiran

Biayanya harus lebih murah untuk pemanasan dan pendinginan, lebih rendah untuk utilitas, dan memenuhi standar energi dan lingkungan yang ketat yang telah menjadi standar untuk konstruksi baru – termasuk sistem semua-listrik dan selubung bangunan yang sangat hemat energi.

Bagi mereka yang menginginkannya, itu juga dapat disambungkan sepenuhnya ke rumah pintar; Sistemnya dapat dikontrol dari satu tablet dan diatur ke mode pra-program yang berbeda.

Kemungkinan besar akan dibangun dari pabrik di suatu tempat oleh pembangun lokal dan dikirim dalam keadaan siap pakai kepada pemiliknya di lokasi yang bebas dari banjir dan bahaya lingkungan lainnya.

Struktur dapat dibangun ke dalam blok dan modul sehingga pemiliknya dapat menambahkan modul yang berbeda saat ia mampu membelinya. Dengan kata lain, seseorang dapat memulai dengan satu blok dan terus menambahkan sesering yang diperlukan.

Semua informasi tentang konstruksi struktur seperti itu dapat tersedia baik online maupun offline dalam bentuk materi cetak yang memungkinkan pemiliknya bekerja dengan pembangun untuk merancang dan membangun struktur pilihan mereka.

Tipe rumah ini bisa dibilang yang terbaik. Ini akan memberi penghuninya martabat yang tidak akan pernah bisa diasosiasikan dengan struktur yang berlaku di Western Cape.

Masalah perumahan di Afrika Selatan rumit karena melibatkan masa lalu yang traumatis dan telah dikaitkan erat dengan mengekspos orang pada kondisi kehidupan yang buruk. Untuk mengatasinya, diperlukan solusi inovatif yang nyata yang tidak dibungkus dengan sesuatu seperti inovasi tetapi yang menjaga keadaan pikiran.

Konsep DigiYard sama inovatifnya dengan model. Namun, implementasinya perlu memasukkan bahan yang tidak mempertahankan bentuk perumahan saat ini.

Bahan umum harus mencakup bahan bangunan yang akan menghasilkan perumahan berkualitas tinggi. Struktur kayu dan seng dapat bekerja dengan baik di bagian lain dunia, namun, dalam konteks Afrika Selatan, mereka terkait dengan masa lalu yang buruk dan faktor ini harus diperhitungkan saat merancang solusi perumahan yang akan diadopsi oleh masyarakat.

READ  Virginia Tech - Notre Dame Fighting Irish - Situs web atletik resmi

Bahan bangunan yang dibagikan melalui platform DigiYard harus didaur ulang untuk menciptakan struktur bangunan yang lebih baik yang mengembalikan martabat masyarakat.

Wesley Diphoko adalah pemimpin redaksi majalah Fast Company (SA).