POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Egyptian Youth Council

Dewan Pemuda Mesir Luncurkan Forum Ekonomi Kairo untuk Perkuat Hubungan dengan Indonesia – City Lights – Life and Elegance

Forum tersebut diselenggarakan dengan tema “Mempromosikan Peluang Investasi dan Perdagangan antara Mesir dan Indonesia”.

Upacara peresmian dipimpin oleh Presiden Dewan Pemuda Mesir, Mohamed Mamdouh, serta Ketua Dewan Pembina Dewan Pemuda Mesir dan anggota Dewan Nasional Hak Asasi Manusia.

Hadir pula Dubes RI untuk Mesir Lutfi Raouf serta sejumlah delegasi diplomatik dan elite bisnis dari Indonesia, Mesir, Bangladesh, UEA, Palestina, Suriah dan Bahrain. Ini selain rombongan anggota DPR dan Senat serta pimpinan eksekutif dari kedua belah pihak.

Dalam sambutannya, Mamdouh mengatakan bahwa Indonesia menikmati hubungan yang kuat dengan Mesir di semua tingkatan, terutama yang berkaitan dengan perdagangan dan ekonomi. Ia juga mengatakan bahwa Mesir merupakan salah satu mitra dagang terpenting Indonesia, karena menjadi pintu gerbang utama produk-produknya untuk masuk ke benua Afrika.

Mamdouh mencontohkan, nilai tukar perdagangan antara Mesir dan Indonesia selama lima tahun terakhir berkisar antara 1,2 hingga 1,5 miliar dolar per tahun.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia mengindikasikan bahwa hubungan antara Mesir dan Indonesia telah berlangsung selama bertahun-tahun. Ia juga menekankan pentingnya pendalaman hubungan dan komunikasi yang berkesinambungan di segala bidang, terutama ekonomi dan perdagangan, guna membuka cakrawala baru bagi kerja sama.

Ia menambahkan, ke depan ada kebutuhan mendesak untuk memajukan kerja sama ekonomi dan investasi di sejumlah industri dasar dalam perekonomian Mesir dan Indonesia, terutama karena Indonesia menempati urutan ke-55 dalam daftar negara yang berinvestasi di pasar Mesir.

Di akhir pertemuan, sejumlah pengusaha dari Mesir dan Indonesia meninjau beberapa pengalaman bersama dengan tujuan untuk mengembangkan aspek kerjasama bilateral di bidang perdagangan dan investasi serta membuka peluang pertukaran perdagangan antara kedua negara.

READ  Analisis ING: Perdagangan April yang kuat di Indonesia menunjukkan pemulihan ekonomi

tautan pendek: