POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Delapan pesawat tempur Tentara Pembebasan Rakyat terlihat melintasi garis median Selat Taiwan

Taipei, 4 Desember (CNA) Dua puluh lima pesawat militer China dan empat kapal perang terlihat di seluruh Taiwan dari Sabtu pukul 06.00 hingga Minggu pukul 06.00, termasuk delapan yang melintasi garis tengah Selat Taiwan dan dua lagi yang memasuki Pertahanan Udara Taiwan Zona Identifikasi (ADIZ). ).

Menurut Kementerian Pertahanan Nasional (MND), pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang memasuki ADIZ barat daya Taiwan adalah pesawat anti-kapal selam Y-8 dan drone BZK-005.

Informasi yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan di situs resminya pada hari Minggu menunjukkan bahwa pesawat yang terbang melintasi garis tengah selat itu termasuk dua jet tempur Sukhoi Su-30, empat pesawat tempur multiguna J-16 dan dua jet tempur J-10. .

Kementerian mengatakan bahwa angkatan bersenjata memantau situasi dan menugaskan pesawat tempur udara, kapal angkatan laut, dan sistem rudal darat untuk menanggapi kegiatan ini.

Serangan mendadak itu terjadi pada hari yang sama dan sehari setelah Amerika Serikat dan Uni Eropa menyatakan keprihatinannya pada Jumat di Washington tentang apa yang mereka lihat sebagai “provokasi” China di Selat Taiwan, yang menurut mereka meningkatkan risiko krisis di wilayah tersebut. . .

Menurut siaran pers yang dikeluarkan setelah pertemuan bilateral mereka, kedua belah pihak menyatakan keprihatinan atas provokasi China yang meningkatkan risiko krisis di Irak. [Taiwan] selat.”

Tidak jelas apakah Beijing mencoba mengirim pesan ke Amerika Serikat dan Uni Eropa. Pemerintah China menganggap pernyataan atau peringatan tersebut sebagai campur tangan dalam urusan dalam negerinya, karena menganggap Taiwan dan daratan sebagai bagian dari satu negara yang suatu saat akan dipersatukan kembali.

Jumlah sorti di dekat Taiwan biasanya jauh lebih rendah daripada jumlah selama periode Sabtu-Minggu, biasanya sekitar beberapa hari.

READ  Orang-orang pesta menentang polisi Paris untuk malam ketiga pelarian - Gaya Hidup

Pada Agustus tahun ini, China mengintensifkan latihan militernya setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi berkunjung pada 2-3 Agustus, dan melakukan latihan tembakan langsung di enam lokasi di sekitar Taiwan, untuk mengungkapkan kemarahannya atas apa yang dianggapnya sebagai pelanggaran. Perjanjian Sino-Amerika dan dorongan kemerdekaan Taiwan. Pelosi bersikeras bahwa dia berhak mengunjungi Taiwan.

MND Taiwan telah menerbitkan informasi tentang aktivitas pesawat tempur dan kapal angkatan laut China sejak 17 September 2020, di tengah meningkatnya frekuensi serangan pesawat militer China di ADIZ Taiwan.

ADIZ adalah area yang dinyatakan oleh suatu negara untuk memungkinkannya mengidentifikasi, menemukan, dan mengendalikan pesawat asing yang mendekat, tetapi bukan bagian dari wilayah udara teritorial sebagaimana ditentukan oleh hukum internasional.