POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Debat: Calon Wakil Presiden Cak Imin mengingatkan pesan para pendiri NU tentang petani

Debat: Calon Wakil Presiden Cak Imin mengingatkan pesan para pendiri NU tentang petani

JAKARTA (ANTARA) – Petani adalah pahlawan negara, pendiri Nahdlatul Ulama (NU) K.H.

“Petani adalah pahlawan negara, namun saat ini kita melihat pemerintah mengabaikan kehidupan petani dan nelayan,” ujarnya saat debat cawapres kedua di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu malam.

Dua calon wakil presiden lainnya, Gibran Rakabuming Raqqa dan Mahfud MD, juga turut serta dalam debat tersebut.

Dia menjelaskan, pemerintah mengabaikan petani dalam sensus pertanian yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS).

Sensus menunjukkan jumlah petani kecil, atau mereka yang memiliki lahan pertanian kurang dari setengah hektar, mencapai 16 juta rumah tangga dalam satu dekade terakhir.

Sementara itu, ada yang memiliki hampir 500.000 hektare lahan yang disediakan pemerintah, kata Kak Imin, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (BKP).

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) melaksanakan visi, misi dan rencana kerja yang bertemakan “Indonesia Adil dan Sejahtera untuk Semua”.

AMIN memiliki “Delapan Jalur Transformasi” yang mencakup kemandirian pangan, ketahanan energi, dan kedaulatan air melalui jaminan akses terhadap komoditas penting dan pokok serta biaya hidup yang rendah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, AMIN mengusulkan kemerdekaan pangan dengan menjamin ketersediaan dan keterjangkauan pupuk, benih, pestisida, pakan ternak, dan obat-obatan pertanian.

AMIN juga menggalakkan agenda penyediaan bantuan peralatan dan mekanik pertanian dengan teknologi terkini, pengembangan fasilitas pergudangan untuk menekan tingkat kehilangan panen, dan pengaturan pasokan pangan untuk menjaga stabilitas harga.

Setelah debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024, KPU akan menggelar debat keempat pada 21 Januari 2024 mengenai energi, sumber daya alam, pangan, karbon. pajak, lingkungan hidup, urusan agraria dan kesukuan.

READ  Konferensi Air Dunia ke-10 untuk memastikan kesuksesan: Menteri

Berita terkait: Ketua KPU berharap debat wakil presiden kedua dapat memberikan informasi kepada pemilih
Berita terkait: KPU akan menggelar debat Wakil Presiden kedua di JCC Senayan, Minggu malam