POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dana publik/swasta bertujuan untuk mempromosikan investasi dalam teknologi mendalam

Dana publik/swasta bertujuan untuk mempromosikan investasi dalam teknologi mendalam

Inilah masalahnya. Secara kolektif, startup sains mendalam yang bekerja di bidang-bidang seperti kecerdasan buatan, komputasi kuantum, dan bioteknologi dipandang sebagai landasan penting bagi kemakmuran ekonomi di masa depan, namun mereka tidak selalu merasa mudah untuk mendapatkan investasi tahap awal. Hal ini disebabkan karena perusahaan berbasis ilmu pengetahuan memerlukan waktu untuk menemukan contoh penggunaan teknologi yang mereka kembangkan, sehingga menawarkan calon investor jalur yang dapat diandalkan menuju pasar. Benar juga bahwa ilmu pengetahuan yang mendalam dapat menjadi hal yang menakutkan bagi VC publik dan angel investor. Sulit untuk mengevaluasi manfaat dari sesuatu yang Anda tidak sepenuhnya pahami, bahkan—atau mungkin khususnya—jika konsep tersebut telah didefinisikan oleh para peneliti PhD yang mendalami topik tersebut.

Angel investor bisa dibilang menghadapi tantangan terbesar. Secara tradisional, angels melakukan intervensi pada tahap awal atau tahap awal, memberikan modal dalam jumlah yang relatif kecil sebelum dana modal ventura yang berkantong lebih besar hadir. Hal ini baik-baik saja jika investasinya adalah, misalnya, pada bisnis konsumen atau jaringan restoran – namun berinvestasi pada, misalnya, universitas berbasis ilmu pengetahuan adalah keputusan yang lebih sulit. Angels mungkin tidak memiliki pengalaman untuk menyeimbangkan peluang dan risiko.

Ini adalah masalah yang ingin dipecahkan oleh dokter Jonathan Matlock dan Ben Miles – yang masing-masing memiliki gelar PhD di bidang kimia dan fisika.

Pekan lalu, mereka mengumumkan peluncuran dana £8 juta untuk mendukung perusahaan-perusahaan sains mendalam tahap awal, dengan modal yang disediakan oleh sekelompok angel investor dan British Business Investments milik pemerintah Inggris sebagai bagian dari programnya. Malaikat daerah program. Tujuan dari dana ini adalah untuk memfokuskan pendanaan pada solusi terhadap masalah-masalah ilmiah yang mendesak.

Jadi bagaimana semuanya akan berjalan? Hal pertama yang perlu disampaikan adalah bahwa partisipasi Program Investor Daerah merupakan bagian dari upaya pemerintah yang lebih luas untuk mendorong investasi. Inisiatif ini diluncurkan pada tahun 2018 oleh British Business Investments (anak perusahaan… Bank Bisnis Inggris) untuk mencapai peluang investasi yang setara di Inggris. Menurut penelitian organisasi tersebut, sebagian besar malaikat bisnis Inggris berbasis di London dan tenggara Inggris. Rencananya adalah – dan sampai sekarang – untuk bekerja sama dengan mitra untuk mengarahkan pembiayaan ekuitas ke wilayah lain di negara ini.

Peringkat dengan Proyek percontohan Kita akan melihat lebih banyak dana masuk ke start-up sains, dengan risiko didistribusikan antara angel investor dan British Business Investments.

Uji tuntas dalam sains

Matlock, Empirical Ventures menyediakan keahlian ilmiah yang diperlukan. Dia dan salah satu pendiri. Dia bertemu Dr Ben Miles ketika mereka menjadi bagian dari tim ilmiah yang bekerja di Ziylo Universitas Bristol, sebuah perusahaan yang kemudian diakuisisi oleh grup layanan kesehatan Novo Nordisk. Pada tahun 2021, mereka mendirikan Science Angel Syndicate dengan tujuan mendorong investor non-ahli agar mendukung ilmu pengetahuan mutakhir.

“Kami telah melakukan semua uji tuntas,” kata Dr. Matlock. “Kemudian kami bermitra dengan para malaikat dan pendiri.”

Konsep ini telah berkembang menjadi proyek percontohan, kata Dr Matlock, karena permintaan dari investor. “Anggota serikat pekerja berkata, 'Mengapa Anda tidak memulai pendanaan saja.'”

Kini, bermitra dengan Regional Angels Fund akan menghasilkan lebih banyak uang. Regional Angel Fund menyediakan £5 juta, yang dapat ditarik bila diperlukan. Secara paralel, dana Empirical Ventures S/EIS (yang mendapat manfaat dari keringanan pajak Inggris) menghasilkan investasi swasta sebesar £3 juta.

Meskipun British Business Investments 100% dimiliki oleh pemerintah, namun dikelola secara independen dan bertujuan untuk mengamankan pengembalian modalnya. Dalam hal ini, variasi dalam isu kemitraan publik-swasta ini berada dalam kendali komersial. Namun, hal ini juga membantu mencapai tujuan utama pemerintah lainnya – yaitu, mendukung perjalanan ilmu pengetahuan Inggris dari laboratorium ke pasar. “Inggris sangat ingin menjadi negara adidaya dalam hal ilmu pengetahuan. Hal ini akan memberikan modal kesabaran pada ekosistem,” kata Dr Matlock.

IP bersifat multidisiplin

Ada topik luas dalam strategi investasi. “Idenya adalah kami akan berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang telah melakukan banyak penelitian di berbagai disiplin ilmu,” kata Dr. Matlock. “Ini menciptakan alamat IP yang dapat dilindungi.”

Meskipun perusahaan tidak harus menghasilkan pendapatan, Matlock mengatakan bahwa para pendiri yang mencari investasi harus melampaui tahap penelitian awal. “Harus ada bukti konsepnya. Kami ingin perusahaan memiliki rencana yang jelas dan berwawasan ke depan.”

Dia mengutip Anselic Sebagai contoh seperti apa dalam praktiknya. Perusahaan ini keluar dari University of Bath pada tahun 2022, dan didirikan untuk memecahkan masalah pengangkutan dan penyimpanan bahan biologis seperti vaksin yang biasanya memerlukan suhu sangat rendah. Pendekatan perusahaan adalah melapisi material dengan “kulit nano” silika. Ini meniadakan kebutuhan akan pendinginan.

“Perusahaan kami didasarkan pada penelitian selama 12 tahun,” kata Asel Sartbaeva, CEO dan salah satu pendiri. “Selama pandemi, menjadi jelas bahwa teknologi kami perlu dibawa ke pasar.”

Teknologi ini dikembangkan oleh tim multidisiplin, dan kasus penggunaannya pada awalnya tidak jelas. Namun, seiring dengan dikembangkannya vaksin untuk melindungi dari COVID-19, menjadi jelas bahwa persyaratan lemari es akan menjadi terbatas dalam kondisi tertentu. “Kami memutuskan untuk fokus pada antibodi,” kata Sartbaeva. Konsep ini saat ini sedang dibuktikan melalui penelitian pada vaksin hewan.

EnsilicaTech adalah perusahaan portofolio Science Angel Syndicate dan juga telah menerima dukungan dari lembaga inovasi Innovate UK, University of Bath, dan lainnya. Saya sangat tertarik untuk mendapatkan gambaran Sartbaeva mengenai lanskap pendanaan untuk perusahaan sains tahap awal.

“Ketika saya mulai, saya masih seorang CEO junior. Orang-orang mengatakan saya harus bersiap menghadapi banyak penolakan,” katanya. “Tetapi yang kami temukan dengan sangat cepat adalah bahwa ada banyak investor yang peduli dengan apa yang kami lakukan dan inginkan. untuk membantu kami dengan misi kami. Ada juga investor yang – seperti Jonathan – adalah ilmuwan. Kami menghadapi penolakan namun mengalami kelebihan permintaan investasi.

Dapat dikatakan bahwa mendapatkan pembiayaan tidaklah sulit, namun pengalaman Sartbay tampaknya menunjukkan dua elemen yang akan memfasilitasi aliran modal. Yang pertama adalah memiliki investor ahli yang dapat mengevaluasi ilmu pengetahuan. Yang kedua adalah misi perusahaan yang selaras dengan kepentingan investor.

Dr Matlock juga menganggap ini penting. “Saya tertarik pada perusahaan-perusahaan berpengaruh. Perusahaan-perusahaan yang kesuksesan komersialnya terkait dengan pengaruh,” katanya.

Usaha Empiris bukanlah satu-satunya dana atau sindikat malaikat yang berkomitmen untuk berinvestasi dalam ilmu pengetahuan mendalam. Masih banyak lainnya. Beberapa dari mereka berspesialisasi dalam bidang sains, namun meskipun demikian, mereka memiliki startup ilmiah dalam portofolionya. Yang lain mengkhususkan diri pada sektor tertentu, seperti Cambridge Angels (teknologi bersih dan bioteknologi) dan Angels in Medcity (medtech).

Mengingat fokus pemerintah Inggris pada ilmu pengetahuan, setiap inisiatif untuk meningkatkan investasi harus disambut baik. Sementara itu, Empirical berencana melakukan 10 hingga 15 investasi pada tahun depan atau lebih.

READ  Hat-trick Tori Powell tidak cukup di Wake Forest