POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dalam seminggu, 48 gempa mengguncang Sumatera Utara, Aceh: PMKG.

Tempo.co., JakartaDalam tujuh hari, 48 gempa bumi Provinsi Sumatera Utara dan Aceh di Pulau Sumatera memiliki daerah yang bergolak, yang sebagian besar tergolong gempa dangkal.

Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (PMKG) cabang Madonna mengatakan, gempa tersebut disebabkan oleh sejumlah patahan, sub-kawasan, dan elevasi eksternal.

Namun, pusat gempa dilaporkan di bawah dasar Samudra Pasifik; tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Juru bicara perusahaan Eridavati mengatakan:

Sesar lokal di Pulau Samosir di Sumatera Utara berkontribusi terhadap gempa, Andara seperti dikutip di sini dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Dari 48 gempa bumi yang dicatat oleh badan tersebut dari 28 Mei hingga 3 Juni 2021, 44 memiliki magnitudo lebih dari empat dan empat lainnya kurang dari empat.

Merujuk pada episentrum gempa tersebut, 45 di antaranya terjadi di darat dan tiga di laut, kata Eridavati.

Sebagian besar gempa antara 28 Mei dan 3 Juni 2021 tergolong dangkal, menurut peneliti perusahaan Marzuki Cinampela.

Gempa bumi terus mengguncang sebagian wilayah Indonesia karena negara ini berada di sabuk Circum-Pasifik, juga dikenal sebagai Cincin Api, di mana banyak lempeng tektonik bertemu dan sering menyebabkan aktivitas vulkanik dan seismik.

Berbagai pulau kecil di Sumatera dan wilayah pesisirnya rawan gempa.

Misalnya, pada 22 Mei 2021, gempa berkekuatan 5,2 mengguncang pulau Bengkulu, Indonesia, tetapi tidak memicu tsunami.

Pusat gempa dilaporkan di bawah dasar Samudra Pasifik pada pukul 01:36 waktu setempat, 31 km (10 km) barat pulau.

Provinsi Aceh di ujung utara pulau Sumatera dilanda gempa terparah yang pernah terjadi, disusul tsunami pada 26 Desember 2004.

Bencana yang melanda beberapa wilayah pesisir di negara-negara seperti Thailand, Sri Lanka, dan India itu disebut-sebut telah menewaskan sekitar 230 ribu orang.

Gempa dahsyat terakhir yang melanda Indonesia terjadi pada 15 Januari 2021 di provinsi Sulawesi Barat.

6.2-ukuran Gempa bumi, Beberapa gempa bumi menghancurkan kabupaten Mamuju dan Majene, menewaskan lebih dari 100 orang dan menghancurkan banyak bangunan.

Langkah: Gempa berkekuatan 5,1 guncang Shanghai di Sulawesi Utara

ANTARA

READ  Bertamina menjanjikan ESG, Hannover Messi - mempromosikan daya saing di Inforial