POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Close-up menawan menunjukkan detail luar biasa yang tersembunyi di bawah sinar matahari: ScienceAlert

Close-up menawan menunjukkan detail luar biasa yang tersembunyi di bawah sinar matahari: ScienceAlert

Teleskop matahari terbesar dan terkuat di Bumi telah memberi kita pemandangan baru yang menakjubkan dari permukaan matahari.

Dalam serangkaian gambar baru, pengamatan oleh Daniel K. Inouye Solar Telescope mengungkap detail rumit daerah bintik matahari, sel konvektif, dan gerakan plasma di atmosfer matahari hingga resolusi sekitar 20 kilometer (sekitar 12 mil).

Pada skala ini, struktur plasma terlihat seperti sapuan kuas dan tekstur pada sebuah lukisan. Untuk jarak dalam konteks, sel beban surya tunggal rata-rata sedikit lebih kecil daripada negara bagian Texas di AS.

Namun, gambar-gambar baru Inouye ini tidak hanya dirancang untuk membuat Anda merasa tidak penting dan tidak berarti, itu adalah pratinjau sains yang akan datang, karena para peneliti menganalisis permukaan matahari dengan sangat detail untuk memahami proses yang terjadi di sana.

Area sekitar 30.000 km, ini menunjukkan bintik matahari yang terbentuk dengan baik: bayangan, titik payung, dan semi-filamen semuanya terlihat jelas. (NSF/AURA/NSO)

Seringkali lebih besar dari seluruh planet kita, bintik matahari biasanya merupakan cacat berumur pendek di mana medan magnet luar biasa kuat, dan tampak lebih gelap daripada sekitarnya berkat suhunya yang relatif rendah. Mereka juga terkait dengan semburan matahari kita yang paling dahsyat: saat garis medan magnet terjalin, patah dan terhubung kembali, mereka melepaskan ledakan energi yang luar biasa dalam bentuk ejeksi dan letusan massa koronal.

Aktivitas bintik matahari tidak konstan. Hal ini terkait dengan siklus durasi sekitar 11 tahun, di mana bintik matahari dan aktivitas suar naik ke puncak maksimum matahari, dan menurun hingga hampir tidak ada selama matahari minimum. Pada maksimum matahari, kutub matahari berpindah tempat; Kami saat ini berada di jalur menuju maksimum matahari Diperkirakan akan berlangsung pada tahun 2025setelah itu aktivitas matahari akan mulai menurun lagi.

READ  Lonjakan penyakit Legiuner yang tidak biasa di dua wilayah di New Jersey
Bintik matahari lain menunjukkan fenomena jembatan cahaya. (NSF/AURA/NSO)

Tidak diketahui apa yang mendorong siklus matahari ini, atau Apa yang menciptakan bintik matahari?. Tetapi informasi ini sangat relevan bagi kita di Bumi, karena lontaran massa koronal yang sering dikaitkan dengan bintik matahari dapat mengirimkan awan besar partikel bermuatan yang menabrak medan magnet Bumi dan berisiko Jumlah pemadaman untuk gaya hidup kita yang digerakkan oleh teknologi.

Gambar Inouye yang baru menunjukkan banyak struktur halus yang terkait dengan bintik matahari.

Misalnya, ada kegelapan (itu adalah titik gelap di tengah). Bintik terang yang terlihat dalam bayang-bayang dikenal sebagai titik kanopi. Penumbra adalah area yang lebih terang di sekitar bayangan. Ini ditandai dengan filamen mengkilap yang dikenal sebagai filamen penumbra.

Pori-pori seperti bintik matahari di permukaan Matahari, dengan serat seperti benang di atmosfer di atasnya. (NSF/AURA/NSO)

Kadang-kadang, daerah seperti bintik matahari dari medan magnet terfokus dapat dilihat dengan kanopi tetapi tidak ada bayangan melingkar. Ini dikenal sebagai pori-pori matahari; Mereka terbentuk ketika kondisi pembentukan bayangan tidak terpenuhi.

Dan ketika bintik matahari mulai larut dan menghilang, jembatan cahaya dapat melintasinya. Pembusukan lebih lanjut membuat bintik matahari kehilangan bayangannya. Sangat jarang proses kerugian dicatat.

Saat matahari tenang, matahari bisa terlihat sama sekali tanpa fitur dalam gambar yang diambil di bagian spektrum yang terlihat.

Namun, bahkan matahari yang tenang pun memiliki banyak hal yang terjadi. Sel termal, yang ditunjukkan di bawah, memberikan tekstur “popcorn” pada permukaan matahari, atau fotosfer. Plasma panas naik dari dalam pusat sel, lalu bergerak ke luar ke pinggiran, dan turun kembali ke bawah saat mendingin. Sel konveksi, atau butiran, sangat besar, hingga 1.600 kilometer (994 mil).

Penampilan biji-bijian konveksi seperti popcorn di heliosfer. Gambar menunjukkan luas sekitar 30.000 km. (NSF/AURA/NSO)

Di atas fotosfer adalah atmosfer matahari, atau kromosfer. Mereka kadang-kadang dihuni oleh filamen plasma tipis, gelap, seperti sapuan kuas yang dikenal sebagai fibril atau spikula. Mereka terlihat seperti rambut, tetapi diameter seratnya biasanya berkisar 200 dan 450 kilometer (125 hingga 280 mil). Itu meledak dari photosphere dan berlangsung selama beberapa menit. Para ilmuwan tidak tahu bagaimana serat dihasilkan, tetapi pasti ada banyak, dan memang demikian Indikator yang sangat andal arah Medan magnet matahari kacau.

READ  Studi baru menunjukkan Arus Teluk melemah: ScienceAlert

Para ilmuwan berharap data dari Inouye akan membantu mengungkap beberapa misteri fenomena matahari yang luar biasa ini. Pada gilirannya, ini dapat membantu memahami fenomena yang lebih besar; Dinamika internal Matahari, misalnya, dan apa yang mendorong siklus matahari.

Serat surya seperti rambut di kromosfer matahari. (NSF/AURA/NSO)

Teleskop sudah mendapatkan hasil. Awal tahun ini, para ilmuwan menggambarkan pengamatan pertama dari Gelombang atmosfer matahari di bintik matahari.

“Tidak ada fasilitas lain seperti Teleskop Surya Inouye,” kata astronom Thomas Rimmele, direktur Teleskop Surya Inouye. Katanya tahun lalu. “Sekarang menjadi landasan misi kami untuk memajukan pengetahuan kami tentang Matahari dengan memberikan peluang pengamatan yang inovatif bagi komunitas riset. Ini adalah pengubah permainan.”

Anda dapat melihat dan mengunduh versi resolusi penuh dari gambar baru Di situs web National Science Foundation.