POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Coal workers Indonesia

Climate fund menyetujui rencana untuk mempercepat penghentian penggunaan batubara di Indonesia

Dana Investasi Iklim bertujuan untuk memobilisasi $4 miliar dari sumber publik dan swasta untuk memulai dekarbonisasi sektor energi Indonesia

Climate Fund telah setuju untuk bekerja dengan Indonesia untuk menarik hingga 2 gigawatt listrik berbahan bakar batu bara selama lima hingga 10 tahun ke depan, sebagai bagian dari skema percontohan untuk mengubah negara dari batu bara menjadi energi bersih.

Dewan Dana Investasi Iklim (CIF) menyetujui keputusan Indonesia rencana investasi tentang bagaimana ia akan menghabiskan $500 juta dalam pembiayaan lunak yang dirancang untuk membuka investasi publik dan swasta untuk menyingkirkan ekonomi batu bara.

CIF memperkirakan bahwa dana tersebut akan meningkatkan $2,2 miliar dalam pembiayaan dari bank pembangunan multilateral dan lebih dari $1,3 miliar dalam pembiayaan bersama swasta.

Paket pembiayaan ini diharapkan menjadi bagian dari kontribusi CIF terhadap kemitraan transisi energi yang sedang dirundingkan antara pemerintah Indonesia dan negara-negara kaya dengan model yang mirip dengan Apa yang disepakati di Afrika Selatan. Pengumuman dapat dilakukan selama pertemuan para pemimpin G20 di Bali, yang akan berlangsung pada minggu kedua pembicaraan iklim COP27 bulan depan.

Berdasarkan rencana tersebut, usulan penghentian dan penggunaan kembali pembangkit listrik tenaga batu bara akan membantu menghindari 50 juta ton karbon dioksida (Co2) mulai tahun 2029 – setara dengan Emisi tahunan dari 13 pembangkit listrik tenaga batu bara.

“Sebagai sebuah negara, kami sangat berkomitmen untuk transisi dari penggunaan batu bara ke bentuk energi yang lebih bersih,” kata Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati.

Pemisahan: Siapa yang berkontribusi pada transisi energi bersih di Afrika Selatan

Indonesia merupakan pengekspor batu bara terbesar di dunia. Pada tahun 2021, negara Asia Tenggara itu mengekspor 441,5 juta ton batu bara, Sekitar sepertiga dari ekspor batubara globalkhususnya Kekuatan ekonomi terbesar di Asia Cina, India, Jepang dan Korea Selatan.

READ  Tech Mahindra dan Indosat Ooredoo Hutchison mengumumkan kemitraan untuk meningkatkan ekonomi digital Indonesia

Tidak seperti di Afrika Selatan, armada batu bara Indonesia relatif kecil – rata-rata berusia 12 tahun – dan dapat terus beroperasi dan mencemari selama beberapa dekade.

di bawah negara rencana daya saat iniBatubara masih akan menyediakan seperempat dari bauran energi pada tahun 2050. Indonesia telah berjanji untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060.

CIF telah setuju untuk bermitra dengan fasilitas negara Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menggunakan kembali pembangkit batubara menggunakan energi surya dan penyimpanan baterai. PLN telah berjanji untuk tidak membangun pembangkit batubara baru mulai tahun depan dan menghentikannya secara bertahap pada tahun 2056.

Rencana tersebut selanjutnya bertujuan untuk memulihkan 150 hektar tambang batu bara, melepaskan 400 megawatt kapasitas energi terbarukan yang telah terbukti dan mendukung reformasi kebijakan untuk menonaktifkan lebih banyak aset batu bara. Bank Pembangunan Asia dan Bank Dunia akan membantu mengimplementasikannya.

Uang itu juga akan memberikan jaminan pendapatan bagi 1.160 pekerja yang terkena dampak penutupan pabrik dan tambang dan memberikan dukungan pelatihan ulang untuk 2.200 orang.

polisi 27 Tuan rumah Mesir berencana untuk mendorong gas sebagai ‘solusi terbaik’

uang adalah bagian dari Skema percontohan $2 miliar Didanai oleh negara-negara Kelompok Tujuh, proyek ini terbagi rata di empat negara berkembang yang bergantung pada batu bara: Afrika Selatan, Indonesia, Filipina, dan India. Amerika Serikat telah mengalokasikan $ 1 miliar untuk dana tersebut.

Program Percepatan Transisi Batubara, diluncurkan di Cop26 di Glasgow, bertujuan untuk bertindak sebagai investor benih dan proyek-proyek pengurangan risiko bagi investor publik dan swasta untuk membantu mendanai transisi dari batubara ke industri yang lebih bersih. Sebagian dari dana juga telah dialokasikan untuk mendukung pekerja yang terkena dampak transisi.

READ  Pemulihan ekonomi Indonesia akan tetap moderat mengingat lambatnya pengenalan vaksin

Pemerintah Indonesia tengah melakukan negosiasi dengan Amerika Serikat dan Jepang atas paket miliaran dolar dari negara-negara kaya untuk memulai proses transisi negara dari batu bara. Mereka menawarkan jumlah awal $ 10 miliar, menurut laporan yang bocor dari layanan diplomatik Uni Eropa, Ditonton oleh Politico.

Institute of Basic Service Reform (IESR) berlokasi di Jakarta Perkiraan Mengganti semua energi batubara di Indonesia dengan energi terbarukan akan menelan biaya sekitar $1,2 triliun pada tahun 2050. Direktur Fabi Tumiwa Beri tahu sebelum Beranda Iklim Kemitraan transformasi energi senilai $15 miliar akan menjadi “jumlah yang masuk akal”.

Namun pembangunan batu bara Indonesia yang terus berlanjut mengancam perjanjian dengan negara-negara kaya. Pada Juni, 10,8 gigawatt proyek batubara sedang dibangun, menurut IESR.

Dokumen diplomatik UE yang bocor mengatakan pemerintah baru-baru ini memberikan lampu hijau untuk proyek batubara 5GW di provinsi Kalimantan Utara meskipun negara-negara mitra memperingatkan bahwa kesepakatan tidak akan tercapai jika proyek dilanjutkan.