POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Cermin Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA mengalahkan ekspektasi saat penyelarasan berlanjut

Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menyelesaikan langkah penting lainnya dalam menyelaraskan cermin dan telah merilis gambar inframerah tertinggi yang pernah diambil dari luar angkasa.

Kurang dari dua bulan yang lalu, Teleskop Luar Angkasa James Webb mengambil gambar pertamanya di luar angkasa. Gambar diambil dari bintang HD84406 di konstelasi Ursa Major dan menampilkan 18 segmen cermin Webb, yang belum disejajarkan untuk membuat satu gambar yang jelas. Para ilmuwan yang bekerja di Webb telah menghabiskan dua bulan terakhir membuat penyesuaian kecil pada penyelarasan cermin untuk menghasilkan satu gambar terpadu dari NIRCam teleskop atau instrumen pencitraan utama.

Pada 11 Maret, NASA mengumumkan penyelesaian fase “pementasan mikro” dari penyelarasan – yang kedua dari tujuh tahap yang semakin mikroskopis. Tahap kritis ini sangat dekat dengan tahap akhir penyelarasan, tetapi penyesuaian kecil masih perlu dilakukan. Pengontrol bumi telah bekerja selama berbulan-bulan untuk menyelaraskan bagian dalam beberapa nanometer – sepersejuta meter – dari satu sama lain. Mungkin akhir musim panas 2022 sebelum semua perangkat keras Webb sepenuhnya dikalibrasi dan siap digunakan.

Sementara tujuan gambar ini adalah untuk fokus pada bintang terang di tengah untuk menilai keselarasan, optik Webb dan NIRCam sangat sensitif sehingga galaksi dan bintang muncul di latar belakang. Dalam tahap penyelarasan cermin Webb ini, yang dikenal sebagai “fase mikro,” masing-masing segmen cermin utama dimodifikasi untuk menghasilkan gambar tunggal yang seragam dari bintang yang sama hanya dengan menggunakan alat NIRCam. Gambar bintang ini, disebut 2MASS J17554042 + 6551277, menggunakan filter merah untuk meningkatkan kontras visual.
Kredit: NASA/STScI

Namun, setelah menyelesaikan pementasan yang cermat, gambar baru dari luar angkasa ditangkap dan diterbitkan. Meskipun penyelarasan Webb akan memerlukan penyesuaian tambahan dalam waktu dekat, NASA mengklaim bahwa gambar bintang 2MASS J17554042 + 6551277 ini, dengan klip cermin Webb dalam kesejajaran yang hampir sempurna, adalah gambar tertinggi yang pernah diambil di luar angkasa.

READ  Misi BepiColombo terbang dekat Merkurius untuk pertama kalinya

NASA telah merilis pernyataan yang menjelaskan bagaimana kinerja JWST lebih baik dari yang diharapkan. “Setiap parameter optik diperiksa dan diuji dilakukan pada atau di atas harapan. Tim juga tidak menemukan masalah kritis, tidak ada polusi, atau penghalang terukur di jalur optik Webb. Observatorium berhasil mengumpulkan cahaya dari objek yang jauh dan mengirimkannya ke instrumennya tanpa isu.”

Thomas Zurbuchen, Associate Administrator Direktorat Misi Sains NASA, menyatakan, “Lebih dari 20 tahun yang lalu, tim Webb mulai membangun teleskop paling kuat yang pernah ada di luar angkasa dan menciptakan desain optik yang berani untuk memenuhi tujuan ilmiah. Hari ini kita dapat dikatakan bahwa desain akan mencapai Sukses”.

Ini akan memakan waktu berbulan-bulan sebelum Webb dapat memberikan gambar alam semesta yang dapat ditindaklanjuti dan terkalibrasi, tetapi para ilmuwan dan penggemar proyek sama-sama sudah optimis dan bersemangat untuk melihat apa yang ditemukan Webb.

Menurut NASA, enam minggu ke depan akan dihabiskan untuk commissioning, kalibrasi, dan pengujian instrumen ilmiah yang kompleks, termasuk spektrometer inframerah-dekat, instrumen inframerah-tengah, pencitraan inframerah-dekat dan spektrometer non-celah. Pada titik proses ini, sebuah algoritme akan mengevaluasi kinerja setiap instrumen dan kemudian menghitung koreksi akhir yang diperlukan untuk mencapai teleskop yang terkoordinasi dengan baik di semua instrumen ilmiah.

NASA mengklaim tim Webb berada di jalur untuk menyelesaikan semua aspek penyelarasan elemen teleskop optik pada awal Mei, jika tidak lebih cepat, sebelum melanjutkan ke persiapan instrumen ilmiah selama hampir dua bulan. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, gambar web resolusi penuh pertama dan data ilmiah akan dirilis awal musim panas ini.

“Webb adalah observatorium ilmu ruang angkasa utama dunia dan, setelah beroperasi penuh, akan membantu memecahkan misteri tata surya kita, melihat melampaui dunia yang jauh di sekitar bintang lain, dan menjelajahi struktur misterius dan asal usul alam semesta kita dan tempat kita di dalamnya. Webb adalah program internasional yang dipimpin oleh NASA dan mitranya di European Space Agency (ESA) dan Canadian Space Agency”. (NASA)

READ  BepiColombo: Misi luar angkasa Eropa-Jepang menangkap gambar Merkurius | berita luar angkasa

Cermin Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA mengalahkan ekspektasi saat penyelarasan berlanjut