POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Cegah stunting dengan meningkatkan asupan protein hewani: Kementerian

Pemerintah saat ini sedang memperluas upayanya untuk mengurangi stunting

Jakarta (Antara) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengimbau masyarakat untuk mencegah stunting dengan mengonsumsi makanan kaya protein hewani seperti ikan, telur, dan daging.

Kandungan protein dalam ikan membantu membangun jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan, memenuhi kebutuhan nutrisi dan mencegah pengerdilan, kata pejabat kementerian Agus Subrapto, Rabu.

Ia menekankan bahwa anak-anak yang sedang tumbuh harus mengonsumsi makanan seimbang protein hewani untuk mencegah stunting.

Ia juga mencontohkan, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang guna mencegah masalah pertumbuhan terhambat pada bayi yang dilahirkannya.

Berita Terkait: Jateng lakukan gerakan massa konsumsi telur untuk kurangi stunting

“Pemerintah saat ini sedang memperluas upaya untuk mengurangi stunting,” kata Subrapto.

Prevalensi stunting saat ini sebesar 24,4 persen, dan pada tahun 2024 ditargetkan turun menjadi 14 persen.

Pemerintah telah mengambil beberapa inisiatif sejalan dengan strategi nasional untuk mengurangi hambatan dalam mendorong komitmen dan penyebaran informasi kepada masyarakat oleh semua kementerian atau lembaga terkait.

Pemerintah telah meningkatkan ketahanan pangan dan gizi di tingkat individu, rumah tangga dan masyarakat serta meningkatkan sistem, data, informasi, penelitian dan inovasi.

Berita Terkait: Distribusi kontrasepsi harus dilanjutkan: Ketua BKKBN

Lebih lanjut, pemerintah telah melakukan berbagai intervensi, antara lain dengan menggalakkan pemenuhan kebutuhan gizi, menyasar anak-anak hingga remaja putri dan calon pengantin.

Pemerintah daerah berperan strategis dalam upaya menekan tingkat ketertinggalan di daerahnya masing-masing dengan meningkatkan pengawasan dan pengalokasian anggaran dari dana alokasi khusus.

“Peran otoritas kesehatan daerah sangat penting dalam mempromosikan advokasi tentang bagaimana mencegah stunting,” tegasnya.

Berita Terkait: Orang tua harus memastikan asupan protein hewani yang memadai untuk anak-anak: IDAI

READ  Djokovic, 3 bermain sepak bola di awal Pesta Olahraga Nasional Putra Papua

Berita Terkait: KSP berupaya mengurangi kemacetan di seluruh negeri, termasuk daerah perbatasan