April 13, 2021

POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

CBI luncurkan probe pinang sirih / arika nonstandar keturunan Indonesia

Biro Investigasi Pusat (CBI) telah mendaftarkan kasus terhadap pejabat yang tidak diketahui dari Departemen Cukai dan Bea Cukai karena mengizinkan penyelundupan gadai / arak non-standar keturunan Indonesia, yang mengarah pada pengumpulan bea cukai sebesar Rs 15.000 crore setiap tahun.

Kasus ini dilembagakan atas perintah Pengadilan Tinggi Bombay, dengan tuduhan bahwa pinang / araka yang di bawah standar, tidak aman dan tidak memenuhi syarat diselundupkan oleh pedagang yang tidak jujur ‚Äč‚Äčsehubungan dengan petugas bea cukai, dengan sertifikat palsu, faktur rendah dan sertifikat izin palsu.

Para tersangka telah menggunakan konsesi tarif utama di bawah perjanjian Organisasi Perdagangan Prioritas SAARC (SAPTA) dan Area Perdagangan Bebas Asia Selatan (SAFTA). Taruhan dari negara anggota adalah 13%, dibandingkan dengan 113% yang dikenakan pada negara non-anggota.

Impor ilegal tersebut diduga difasilitasi oleh perusahaan palsu yang terdaftar di India, Indonesia dan negara-negara SAARC. Buah pinang busuk diimpor dengan kedok kulit kacang mete untuk menghindari pengujian laboratorium.

Pada Juni 2016, 23 gerbong sirih di bawah standar dan berbahaya dihentikan di stasiun kereta Itwari di Nagpur. Pada 2017, Direktorat Investigasi Pendapatan mendeteksi empat kasus dugaan penyelundupan melintasi perbatasan Indo-Myanmar. Dalam satu kasus, 106,11 metrik ton disita dan 109,273 metrik ton ditemukan. Dua kasus lainnya melibatkan 81,42 dan 40 metrik ton.

Anda telah mencapai batas artikel gratis bulan ini.

Manfaat berlangganan termasuk

Halaman lebih cepat

Berpindah dengan lancar di antara artikel saat halaman kami dimuat secara instan.

Dasbor

Sebuah toko berhenti untuk melihat pembaruan terbaru dan mengelola pilihan Anda.

Pendeknya

Tiga kali sehari kami menjelaskan perkembangan terbaru dan terpenting.

Dukungan untuk penjurnalan berkualitas.

* Paket langganan digital kami saat ini tidak mencakup kertas elektronik, teka-teki silang, dan cetak.