POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Catatan Resolusi Forum Air Dunia untuk Pengambil Kebijakan: DPR

Catatan Resolusi Forum Air Dunia untuk Pengambil Kebijakan: DPR

Jakarta (Antara) – Resolusi yang diharapkan dapat dikembangkan pada Forum Air Dunia ke-10 ini akan menjadi acuan bagi pengambil kebijakan dalam membuat target regulasi, kata Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon.

“Pemikiran para ahli mengenai permasalahan air dunia akan dibahas bersama dengan para politisi. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan resolusi yang dapat memberikan wawasan kepada pengambil kebijakan untuk merumuskan peraturan yang efektif,” ujarnya dalam keterangan yang dirilis DPR, Selasa.

Ia mencatat, banyak perwakilan parlemen dunia yang akan menghadiri forum yang digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024.

Ia mengatakan, banyak permasalahan air mendesak yang akan dibahas dalam pertemuan ini.

Berdasarkan informasi yang saya dapat, (perwakilan) lebih dari 40 negara akan hadir. Kami berharap pertemuan ini dapat mencegah kelangkaan air, apalagi saat ini dunia sedang menghadapi perubahan iklim yang serius, tambahnya.

Ketua BKSAP juga akan berperan dalam forum tersebut dan target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) no. Berdasarkan Pasal 6, ia berharap dapat dibuat undang-undang untuk memantau kegiatan administratif dan anggaran terkait air bersih dan sanitasi.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Forum Air Dunia ke-10 dengan tema “Air untuk Kemakmuran Bersama” pada Sidang Umum Dewan Air Dunia di Senegal pada tahun 2022.

Forum ini merupakan pertemuan internasional para pemangku kepentingan di sektor air seperti pemerintah, parlemen, pemimpin politik, organisasi multilateral, akademisi, masyarakat sipil, dan organisasi bisnis.

Forum Air Dunia ke-10 akan fokus pada empat tema: ketahanan air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam.

Melalui 244 sesi, Forum ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan konkrit mengenai pengarusutamaan Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu (IWRM) di pulau-pulau kecil, pembentukan Pusat Unggulan Ketahanan Air dan Iklim serta penetapan Hari Danau Sedunia.

READ  40 sungai yang meluap membanjiri pemukiman dan lima ruas jalan di Jakarta

Berita terkait: Bali siap menjadi tuan rumah Forum Air Dunia ke-10
Berita terkait: Forum Air Dunia: Badan kontra-terorisme menilai keamanan bandara Nura Rai
Berita terkait: Forum Air Dunia untuk membuka peluang investasi: Pemerintah