POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Cara masuk ke Indonesia mulai 7 Januari

Gugus Tugas Covid-19 Baik WNI maupun WNA telah mengeluarkan aturan terbaru bagi wisatawan mancanegara yang akan berlaku mulai 7 Januari hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Surat edaran peraturan terbaru ini no. 20.12 Tahun 2022 terkait protokol kesehatan perjalanan ke luar negeri selama wabah COVID-19.

“Tujuan dari surat edaran ini adalah untuk memantau, mengendalikan, dan mengevaluasi penyebaran Pemerintah-19,” kata surat edaran itu.

Negara untuk sementara dilarang

Orang asing untuk sementara dilarang memasuki salah satu negara ini jika mereka telah, melewati, tinggal atau bepergian melalui:

  • Adanya pertukaran sosial varian omigran di Afrika Selatan, Botswana, Norwegia, dan Prancis dipastikan.
  • Negara atau wilayah yang secara geografis dekat dengan negara tempat sebaran sosial varian Omigran, seperti Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambik, Namibia, Ezwatini dan Lesotho.
  • Negara atau wilayah dengan lebih dari 10.000 kasus Omicron yang dikonfirmasi, seperti Inggris dan Denmark.

Larangan sementara ini tidak termasuk pelancong yang memenuhi ketentuan berikut:

  • Tidak ada riwayat perjalanan dan tidak tinggal di salah satu negara ini dalam 14 hari.
  • Menteri Dalam Negeri 20 Peraturan 4 Tahun 2021. Penerbitan visa dan izin keimigrasian sesuai dengan ketentuan 34 dalam menghadapi penyebaran Pemerintah-19 dan dalam pemulihan ekonomi nasional.
  • Memperoleh izin tertulis atau tinjauan khusus dari Kementerian atau Badan sesuai dengan perjanjian bilateral, seperti pengaturan rute perjalanan.
Persyaratan vaksinasi

Penumpang harus menunjukkan bukti paket lengkap vaksin COVIT-19, baik dengan kartu fisik atau digital atau sertifikat, dilengkapi dalam bahasa Inggris dan bahasa asal setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan.

Namun, ada pengecualian bagi orang asing yang masuk ke Indonesia dengan Skema Rutinitas Perjalanan dan Luar Negeri, yang memegang visa diplomatik dan visa dinas yang berkaitan dengan kunjungan resmi atau pemerintahan pejabat asing setingkat menteri ke atas.

READ  Cop26 Terbaru: Ribuan orang berbaris di Glasgow dan London hari ini

Jika WNA tidak menerima vaksin dari luar negeri, WNA tersebut akan divaksinasi di daerah terisolasi setibanya di Indonesia setelah dilakukan tes PCR kedua dengan hasil negatif. Ini termasuk orang asing berusia 12-17 tahun, pemegang Izin Tinggal Diplomatik dan Izin Tinggal Dinas, serta Pemegang Izin Emas Terbatas (Berikutnya), Atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Orang asing yang sudah berada di Indonesia dan perlu divaksinasi wajib melakukan perjalanan domestik dan internasional. Namun, orang asing yang belum divaksinasi dan ingin melakukan perjalanan di dalam negeri dan ingin melanjutkan perjalanan dengan maksud untuk membawa penerbangan internasional dari Indonesia tidak boleh menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi COVID-19 sampai mereka meninggalkan area bandara selama transit. .

Untuk menaiki penerbangan domestik dengan tujuan melanjutkan penerbangan internasional, Anda harus mendapatkan izin dari kantor kesehatan pelabuhan setempat. Untuk berangkat langsung dari kota keberangkatan ke bandara internasional di Indonesia, mereka juga harus menunjukkan tiket penerbangan berangkat dari Indonesia, termasuk negara tujuan akhir.

Pelancong internasional yang berusia di bawah 18 tahun dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau penyakit penyerta yang mencegah imunisasi harus melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah negara keberangkatan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak mengambil atau tidak terjangkit covid. -19 Vaksin.

Tes

Maksimal 72 jam sebelum keberangkatan penumpang harus menunjukkan hasil PCR negatif yang diambil di negara kelahiran, yang harus terkait dengan Indonesia Internasional. e-HAC.

Setelah tiba, PCR akan ditinjau, di mana penumpang akan diisolasi selama tujuh hari. Mereka harus menunjukkan bukti konfirmasi pembayaran untuk akomodasi terpencil.

Dalam isolasi, penumpang harus menjalani tes PCR lagi pada hari keenam dari tujuh hari isolasi atau pada hari kesembilan dari 10 hari isolasi. Jika hasilnya negatif, mereka akan diizinkan untuk melanjutkan perjalanan, jika tidak, mereka akan diisolasi dengan biaya sendiri.

READ  Putra Softbank muncul sebagai investor di ibu kota baru Indonesia, kata pejabat

Bagi diplomat asing selain kepala delegasi asing dan keluarga dari kepala delegasi asing, mereka harus diisolasi di daerah terpencil yang terpusat dengan bantuan keuangannya sendiri. Jika hasilnya positif, mereka dirawat di rumah sakit dengan individu mereka sendiri. Jika mereka tidak dapat melakukannya, sponsor, kementerian, dan perusahaan mungkin merasa bertanggung jawab untuk mengizinkan orang asing masuk.

Pengecualian

Larangan sementara bagi orang asing yang masuk ke Indonesia dan pembebasan dari kewajiban terpisah, sistem gelembung dan peraturan kebersihan yang ketat berlaku untuk orang asing dengan kriteria sebagai berikut:

  • Pemegang visa diplomatik dan dinas
  • Pejabat setingkat menteri ke atas beserta rombongannya pada saat kunjungan dinas atau kenegaraan
    Melalui pengaturan trotoar perjalanan
  • Perwakilan negara-negara anggota G20
  • Orang yang dihormati dan terkenal
Bepergian

Orang asing yang tidak memiliki riwayat perjalanan dalam 14 hari dari 15 negara terlarang dapat masuk ke Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Melalui titik masuk bandara di pulau Bali dan Rio
  • Selain kartu atau sertifikat vaksinasi dan hasil PCR negatif, harus melampirkan visa kunjungan singkat atau izin masuk lainnya, bukti hak asuransi kesehatan senilai minimal US$100.000, termasuk finansial dan bukti konfirmasi booking untuk penanganan COVID-19 dan akomodasi.

Sumber: Gugus Tugas Penanganan Covit-19

se-ka-satgas-nomor-1-tahun-2022-Abrid-Health-Protocol-Abroad-Travel-in-the-pandemic-corona-virus-disease-2019- (covid-19)

sk-ka-satgas-number-2-2022-intry-points- (entry-points) -tempat-karantina-dan-kewajiban-rt-pcr-for-citzens-of-Indonesia-traveler-overseas-country (1)