POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Calon presiden Indonesia dan pasangannya mengajukan surat-surat mereka untuk pemilu 2024 — BenarNews

Calon presiden Indonesia dan pasangannya mengajukan surat-surat mereka untuk pemilu 2024 — BenarNews

Dua kandidat secara resmi mendaftar pada hari Kamis untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Indonesia awal tahun depan, sehingga membuka peluang persaingan ketat di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Anies Baswedan, mantan Gubernur Jakarta, dan wakilnya Muhaimin Iskandar, menjadi orang pertama yang tiba di kantor KPU Jakarta Pusat di tengah ribuan pendukung yang memenuhi jalan, saat masa pendaftaran calon pemilu resmi dibuka.

“Ide pokoknya adalah perubahan, mencapai kesetaraan, mencapai keadilan. Ini yang kita bawa,” kata Anis kepada wartawan. Menguraikan rencananya untuk pemilu 14 Februari. “Kami ingin membuat kebutuhan dasar terjangkau dan membuat petani dan nelayan hidup lebih sejahtera.”

Anis dan Muhaymin mengikuti mereka Jangar Pranowo, seorang anggota terkemuka dari partai yang berkuasa dan mantan gubernur negara bagian tersebut Jawa TengahDan wakilnya, Mohamed Mahfouz MD, adalah Menteri Keamanan saat ini.

Jangar mengatakan dia akan melanjutkan prestasi Presiden Joko “Jokowi” Widodo, yang secara konstitusional dilarang mencalonkan diri untuk masa jabatan lima tahun ketiga.

“Yang jelas saya ingin membangun Indonesia lebih cepat,” kata Ginger. “Hal-hal baik yang dilakukan pemerintah hari ini akan saya lanjutkan. Lebih sedikit itu baik, itu akan menjadi lebih baik. “Yang buruk akan kutinggalkan.”

Prabowo Subianto, calon terdepan yang memimpin Partai Girindra yang nasionalis dan menjabat sebagai menteri pertahanan, belum mengumumkan pilihannya sebagai wakil presiden. Jokowi Prabowo, mantan jenderal pasukan khusus angkatan darat, diangkat menjadi menteri pertahanan setelah mengalahkan saingannya dalam pemilihan presiden sebelumnya.

Calon presiden Anies Baswedan (kiri) dan pasangannya Mohimin Iskandar (kanan) melambai kepada para pendukungnya saat menuju KPU di Jakarta untuk menyerahkan surat pencalonannya, 19 Oktober 2023. [Eko Siswono Toyudho/BenarNews]

Pemilu 2024 diperkirakan akan menjadi pertarungan sengit antara tiga koalisi partai yang menawarkan visi berbeda untuk masa depan Indonesia, negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia yang baru sepenuhnya demokratis selama 25 tahun.

READ  Haruskah saya terus berinvestasi? Jakarta pertimbangkan respons terhadap inflasi

Anis dan Mohaimen didukung oleh koalisi tiga partai yang dipimpin oleh Partai Nasional Demokrat, sebuah partai sekuler yang didirikan oleh raja media Suriya Paloh.

Janjar dan Mahfud didukung oleh koalisi empat partai yang dipimpin oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) pimpinan Jokowi.

Beberapa laporan media memperkirakan bahwa Subianto, yang memimpin dalam jajak pendapat, akan memilih Gebran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi dan Wali Kota Solo di Jawa Tengah, atau Eric Thohir, seorang pengusaha yang menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Prabowo dan Jahe Ia menikmati peringkat popularitas tinggi dalam jajak pendapat baru-baru ini.

Kemungkinan memperoleh pasangan Prabowo-Gibran semakin besar Putusan Mahkamah Konstitusi Pekan ini sejumlah kandidat memberikan pengecualian usia minimal calon presiden dan wakil presiden.

Pengamat menilai, keputusan MK yang presidennya adalah menantu Jokowi ini bisa membuka jalan bagi Gebran (36 tahun) untuk maju sebagai calon wakil presiden, sementara sang ayah bersiap untuk pulang kerja pada akhir tahun depan. tahun.

Keputusan tersebut telah banyak dikritik karena bersifat pilih kasih, dan beberapa pakar hukum memperingatkan bahwa keputusan tersebut dapat merusak proses demokrasi.

Jokowi dirundung pertanyaan apakah ia berusaha mempertahankan pengaruhnya di dunia politik atau membangun dinasti politik dengan mempromosikan anggota keluarga dan loyalisnya kepada pemerintah.

Jokowi, yang sangat populer, belum secara resmi mengumumkan dukungannya terhadap salah satu pasangan kandidat, namun jaringan relawan raksasanya yang dikenal dengan nama “Projo”. Dia mendukung Prabowo untuk kursi kepresidenan.

ID-politik-jajak pendapat-3.JPG
Seorang pria berdiri membawa payung saat meninjau kawasan inti pembangunan pemerintah dari helipad di ibu kota masa depan Indonesia, yang dikenal sebagai Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), di Sibako, Kecamatan Penjam Pasar Utara, provinsi Kalimantan Timur, 8 Maret 2023. [Willy Kurniawan/Reuters]

Para analis mengatakan para kandidat akan berusaha menarik banyak pemilih, mulai dari kelompok konservatif religius hingga liberal sekuler, dari elit perkotaan hingga masyarakat pedesaan, dan dari generasi muda milenial hingga veteran.

READ  Presiden Indonesia tetap populer meski kebebasannya memudar dan kritik terhadap kinerja ekonomi - BeritaBenar

Pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu isu yang kemungkinan besar akan menentukan hasil pemilu.

Salah satu proyek paling ambisius dan kontroversial dari pemerintahan saat ini adalah pemindahan ibu kota dari Jakarta, sebuah kota metropolitan yang luas dan padat, ke lokasi baru di Kalimantan Timur di pulau Kalimantan.

Rencana yang diperkirakan menelan biaya US$33 miliar ini bertujuan untuk mengurangi beban Jakarta dan menciptakan kota yang lebih berkelanjutan dan layak huni. Namun, proyek ini juga mendapat kritik atas dampak lingkungan dan sosial serta kelayakannya.

Jokowi minggu ini Diminta Tiongkok menuntut percepatan dukungan untuk pembangunan ibu kota baru, yang telah mengalami beberapa kemunduran, termasuk penarikan investor besar Jepang, SoftBank.

Yoon Mashmudi, seorang analis politik dan profesor studi Timur Tengah dan Islam di Universitas Indonesia, mengatakan Anies akan mencoba membedakan dirinya dari pemerintah saat ini dan menyoroti kegagalannya dalam pembangunan dan perekonomian.

Pencalonan Anis Mohaiemen “mewakili penyimpangan dari kebijakan pemerintah saat ini,” kata Yoon kepada BenarNews.

“Mereka merasakan ketidakpuasan masyarakat dan menganggapnya sebagai penyebabnya. Anis itu orang luar, jadi dia menawarkan opsi berbeda yang bisa dipilih masyarakat.

Ia mengatakan, agama tidak menjadi faktor penentu dalam pemilihan presiden karena tim kandidat telah menyusun daftar berimbang yang memadukan kualifikasi Islam dan sekuler.

Hubungan Indonesia dengan Tiongkok, mitra dagang terbesar dan investor utama dalam proyek infrastruktur, kemungkinan juga akan menjadi bahan diskusi, kata Idil Akbar, dosen ilmu politik di Universitas Padjadjaran di Bandung.

Dia menunjuk kereta api berkecepatan tinggi yang baru saja selesai dibangun dari Jakarta ke Bandung, yang didanai oleh Tiongkok dan bagian dari Belt and Road Initiative, sebagai isu kontroversial.

READ  Indonesia mengatakan Tiongkok telah menjanjikan investasi baru sebesar $21 miliar untuk meningkatkan hubungan

“Kereta cepat adalah bukti warisan Jokowi dalam pembangunan infrastruktur, dan para kandidat akan mencoba menyorotinya [its benefits or drawbacks],” Dia berkata.

Jalur kereta api awalnya menelan biaya $6 miliar, namun diperlukan tambahan $1,2 miliar untuk menutupi peningkatan biaya konstruksi dan kompensasi lahan.